Bukan Zamannya Tebak-tebak Jumlah Tagihan, Ini 5 Cara Praktis Cek Tagihan Listrik

Perkara tagihan listrik bisa jadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Ya, mereka yang memiliki rumah dengan daya listrik tinggi dan barang elektronik di setiap sudut ruangan bisa jadi agak sungkan jika harus cek tagihan listrik. Penggunaan listrik yang boros bisa berimbas pada membengkaknya jumlah tagihan listrik yang harus dibayar.

Selain itu, lalai dalam memantau jumlah tagihan juga bisa membuat kita jadi kurang teliti dalam membuat alokasi dana untuk kebutuhan rumah tangga. Jika perkiraan alokasi dana meleset akibat tagihan listrik yang membengkak, Anda kemungkinan harus mencari sumber dana lain untuk menambal “kebocoran” keuangan rumah tangga.

Padahal, mengecek tagihan secara berkala sangat membantu untuk mengatur pos-pos keuangan rumah tangga selama satu bulan. Apalagi saat ini kita dapat semakin mudah untuk cek tagihan listrik. Anda tidak perlu lagi dibuat was-was untuk menebak berapa jumlah tagihan listrik bulan ini.

Ada beberapa cara mudah untuk mengecek tagihan listrik yang bisa membantu Anda merencanakan keuangan dengan lebih bijak, seperti:

  1. Cek tagihan langsung di kantor cabang PLN

Cara satu ini bisa jadi yang pertama terlintas dalam pikiran jika Anda belum piawai menggunakan gawai atau internet. Jika Anda punya waktu luang dan ingin meminimalisasi penggunaan barang elektronik, Anda bisa datang langsung ke kantor cabang PLN terdekat untuk mengecek tagihan listrik sekaligus melakukan pembayaran.

  1. Berlangganan email dari PLN

Ternyata, Anda juga bisa, lo, mendaftarkan alamat email di website PLN untuk mendapatkan pemberitahuan jumlah tagihan listrik setiap bulannya. Agar dapat menikmati fasilitas satu ini, Anda perlu mendaftarkan diri pada program e-billing PLN yang dapat diakses langsung di website resminya. Atau, jika ingin informasi lebih lanjut terkait fasilitas e-billing dan prosedur lengkap pendaftarannya, Anda bisa tanyakan langsung pada CSR online PLN melalui email atau laman media sosial resminya.

  1. Cek tagihan melalui aplikasi ponsel

Anda pun kini dapat mengecek serta membayar tagihan listrik hanya dari smartphone. PLN kini telah meluncurkan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui ponsel berbasis Android maupun iOs secara gratis. Cara cek tagihannya pun mudah, Anda hanya perlu memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran  , lalu klik cari, status tagihan serta jumlah nominalnya pun akan terpampang langsung. Mudah, bukan?

  1. Cek tagihan juga dapat dilakukan langsung di website Traveloka

Bagi yang tidak ingin mengunduh aplikasi smartphone, Anda dapat mencoba layanan cek tagihan listrik di Traveloka atau langsung klik link ini https://www.traveloka.com/bill-payment/electricity/cek-tagihan-listrik. Caranya, Anda bisa langsung menuju laman cek tagihan listrik, lalu masukkan nomor meter atau ID pelanggan. Setelah memasukkan data yang diperlukan, Anda dapat klik opsi ‘Beli Sekarang’ untuk mendapatkan informasi nominal tagihan listrik. Selain mengecek tagihan, Anda pun bisa membeli token listrik prabayar melalui layanan ini.

  1. Layanan SMS terpadu dapat Anda manfaatkan untuk mengecek tagihan listrik

PLN menggandeng sejumlah provider telekomunikasi tanah air untuk membantu Anda mengecek tagihan listrik serta informasi menarik lainnya melalui layanan pesan singkat (SMS). Cara mengeceknya pun tidak terlalu sulit. Anda dapat mengirimkan pesan dengan format: REK (spasi) Nomor ID Pelanggan/Nomor Meter lalu kirim ke 8123.

Anda juga dapat memperolah informasi tagihan secara otomatis setiap bulannya. Untuk mengaktifkan layanan tersebut, kirim pesan singkat ke 8123 dengan format: PLN (spasi) ON (spasi) Nomor ID Pelanggan. Jangan khawatir, Anda dapat menonaktifkan layanan tersebut jika dirasa terlalu banyak mengirimkan pesan singkat.

Menonaktifkan layanan cek tagihan otomatis dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan: PLN (spasi) OFF (spasi) Nomor ID Pelanggan lalu kirim ke 8123. Mudah, bukan? Sebagai informasi, layanan cek tagihan via SMS tersebut dikenakan biaya sebesar Rp500 dan berlaku untuk semua operator.

Layanan PLN Lainnya yang Dapat Dilakukan Secara Online

Selain cek tagihan listrik, Anda pun dapat menikmati layanan PLN lainnya secara online, lo. Berikut adalah beberapa layanan online dari PLN:

  • Permohonan penyambungan listrik baru. Anda tidak perlu lagi mendatangi kantor cabang PLN untuk meminta penyambungan baru. Anda dapat meminta permohonan penyambungan baru dengan mengakses website resmi PLN. Di situ, Anda bisa membaca syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum meminta permohonan penyambungan.
  • Permohonan perubahan daya. Perubahan daya listrik untuk rumah pun dapat Anda daftarkan secara online melalui website resmi PLN. Setelah membaca syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, Anda dapat langsung mengisi data yang terdiri dari identitas pelanggan, nomor ID/Meter pelanggan, produk dan layanan yang diinginkan, serta perkiraan biaya yang dibutuhkan.
  • Penyambungan sementara. Layanan permintaan penyambungan sementara pun tak lupa disediakan oleh PLN. Hanya dengan mengisi data pribadi, perhitungan biaya, serta hasil pemakaian biaya, Anda sudah dapat menikmati layanan penyambungan sementara. Anda pun dapat memonitor segala proses tersebut dengan layanan customer service baik melalui telepon maupun email.

Itulah beberapa informasi seputar cek tagihan listrik serta layanan PLN berbasis online lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.