Pengertian Tanaman Hortikultura

Yuk, Mari Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Tanaman Hortikultura

Tanaman Hortikultura merupakan salah satu jenis tanaman yang di budidayakan oleh banyak orang. Tanaman ini biasa di budidayakan di kebun atau pekarangan sekitar rumah, namun pada umumnya tanaman ini sering di budidayakan di sekitar kebun.

Pengertian Tanaman Hortikultura

Untuk istilahnya sendiri Hortikultura berasal dari bahasa latin yaitu horts yang berarti tanaman dan cultura yang berarti budidaya, sehingga dapat di definiskan sebagai budidaya tanaman kebun. Adapun istilah Hortikultura dipakai pada jenis tanaman yang di budidayakan. Sedangkan bidang kerja hortikultura meliputi pembibitan, pembenihan, produksi tanaman, kultur jaringan, pembasmian hama dan penyakit, melakukan panen serta pengemasan dan distribusi.

Hortikultura sendiri adalah cabang dari ilmu agronomi. Berbeda dengan agronomi, hortikultura menitik beratkan pada budidaya tanaman bunga (florikultura), tanaman buah (Frutikultur/Pornologi), tanaman herbal (Biofarmaka), tanaman sayuran (Olerikultura) serta taman (lansdcape). Produk Hortikultura memiliki ciri khas yaitu mudah rusak karena segar atau yang sering disebut dengan perisebel.

Hortikultura merupakan perpaduan antara ilmu ekonomi, seni dan teknologi. Kini banyak praktek pertanian holtikultura modern tumbuh berdasarkan kemajuan ilmu yang menghasilkan teknologi untuk dapat memproduksi dan menangani berbagai komoditas hortikultura yang bertujuan untuk bisa mendapatkan kesenangan pribadi ataupun keuntungan ekonomi.

Berdasarkan jenis tanaman yang sering dibudidayakan, ilmu pertanian atau tanaman hortikultura dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang spesifik, antara lain sebagai berikut.

  1. Apiary (apikultur) adalah bagian dari hortikultura yang mempelajari pemanfaatan tanaman hortikultura dalam penataan lingkungan.
  2. Floricurture merupakan bagian dari hortikultura yang mempelajari budidaya tanaman hias.
  3. Lansdcape Horticulture merupakan bagian hortikultura yang mempelajari budidaya tanaman hias.
  4. Olericulture merupakan bagian holrtikultura yang mempelajari budidaya tanaman sayur.
  5. Pomology, merupakan bagian hortikultura yang mempelajari budidaya buah-buahan.

Ciri-ciri Produk Hortikultura

Biasanya komoditas Hortikultura dimanfaatkan dalam keadaan masih hidup. Adapaun ciri-ciri dari komuditas Hortikultura adalah sebagai berikut.

  1. Komoditas hortikultura yang mudah rusak. Maksudnya komoditas ini tidak bisa disimpan lama, harus segera untuk dipasarkan dan dikonsumsi.
  2. Komoditas hortikultura yang bisa dipasarkan dalam keadaan hidup. Artinya ia akan rusak atau mati dan tidak ada nilainya.
  3. Komoditas hortikultura yang diperjual belikan dengan kandungan air tinggi serta meruah. Maksudnya penggudangan dan pengangkutn membutuhkan ruang yang luas. Jenis ini memerlukan transportasi lewat udara yang membutuhkan biaya tinggi akibat kandungan air.
  4. Kunci pada komoditas hortikultura aalah kualitas. Jika produk hordikultura memiliki kualitas yang bagus, maka harganya pun sangat tinggi. Begitupun sebaliknya jika tidak berkualitas maka harganya rendah.
  5. Komoditias ini bukan sumber karbohidrat dan tidak dikonsumsi, namun sebagai sumber mineral, vitamin dan kesenangan. Adapun jika dianggap sebagai sumber kesenangan, maka kualitas adalah hal yang utama dan faktor yang sangat penting.
  6. Komoditas ini membutuhkan penanganan pasca panen yang sangat baik. Hal ini merupakan konsekuensi dari sebuah desakan terhadap kualitas. Selain itu, penyebabnya adalah komoditas ini sangat mudah rusak.
  7. Komoditas ini di Indonesia sering dikategorikan dalam skala usaha kecil, namun memberikan dampak ekomomi yang tinggi. Akan tetapi, modal yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman hortikultura sendiri lumayan besar sehingga tidak banyak orang yang melakukan usaha ini.

Pengelomokan tanaman hortikultura

1. Klasifikasi Buah

Contoh tanaman Hortikultura klasifikasi buah-buahan
cwacwa.com
Tanaman holtikultura jenis buah-buahan
cendikianews.com

2. Klasifikasi Bunga

klasifika tanaman hortikultura jenis bunga
panduanhidupsehat.com
Tanaman hortikulturi berklasifikasi bunga
liriklaguanak.com

3. Klasifikasi Sayuran

klasifikasi tanaman hortikultura jenis sayuran yaitu bayam
wisnuvegetarianorganic.wordpress.com
Selada termasuk jenis tanaman hortikultura sayuran
yogya.litbang.pertanian.go.id

Klasifikasi tanaman sayuran

Sebenarnya banyak tipe klasifikasi yang tersedia pada tanaman sayuran, namun ada beberapa tipe klasifikasi yang paling mudah dimengerti dan banyak dipakai yaitu klasifikasi sitematika botani dan klasifikasi berdasarkan bagian yang dikonsumsi.

Klasifikasi Botani

klasifikasi tipe ini halnya seperti tanaman lain pada umumnya. Gambaran umum dari klasifikasi tipe ini yaitu sebagai berikut:

1. Tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
2. Paku-pakuan (Pterydophtya)
3. Lumut dan kerangkap (Bryophyta)
4. Alga dan jamur (Thallophyta)

Klasifikasi bagian yang dikonsumsi

1. Sayuran akar

  • Pembesaran akar tunggang, contohnya lobak, bit gula dan wortel.
  •  Pembesaran akar latral, contohya singkong dan ubi jalar.

2. Sayuran batang

  • Batang bawah tanah dan berpati, contohnya yautia, talas dan kentang.
  • Batang atas tanah dan tiddak , contohnya kohlrabi dan asparagus.

3. Sayuran daun

  •  Kelompok bawang yang dimakan yaitu bagian bawah daun. Contohnya bawang putih, bawang merah dan bawang bombay.
  • Kelompok berdaun lebar. Terbagi menjadi dua, yaitu yang bisa di makan sebagai lalapan, contohnya kubis, selada dan seledri basar. Dan sau lagi yaitu yang bisa dimakan setelah dimasak, contohnya bayam.

4. Sayuran buah

  • Buah dewasa, contohnya family cucrbitceae (Gambas, timun, labu silam) dan Family Solanaceae (Cabai, tomat).
  • Buah muda. contohnya kacang kapri, terong dan timun.

5. Sayuran bunga, contohnya brokoli dan kubisa bunga.

6. Jamur, contohnya jamur merang, jamur kayu dan jamur kuping.

Leave a Comment