Tips Mudik Yang Aman Dan Nyaman Selama Lebaran

Lebaran tinggal menghitung hari, dan mudik merupakan salah satu tradisi saat lebaran di Indonesia yang masih terjaga kelestariannya. Bagi orang yang mudik hanya memerlukan waktu beberapa jam saja, mungkin ini bukan merupakan beban yang berat. Tetapi bagi orang yang memerlukan waktu belasan jam bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa keadaan pribadi, tentu hal ini harus dipersiapkan secara matang-matang, baik itu kondisi fisik, rohani ataupun kendaraan yang akan dipakai selama perjalanan. Dengan mempersiapkan segala sesuatunya dari awal, maka akan menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Ada beberapa tips yang bermanfaat untuk anda selama mudik, yang jika diperhatikan dan dilakukan dengan baik bisa menciptakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman.

1. List Barang yang Diperlukan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan mudik adalalah mendata seluruh barang bawaan yang diperlukan ketika perjalanan. Disarankan kamu membawa barang bawaan seperlunya saja. Mengapa hal ini harus dilakukan? Karena untuk menghindari kelebihan muatan yang bisa menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan, pada akhirnya kamu sendiri yang akan kerepotan.

2. Mengecek Kondisi Kendaraan

Mengecek kondisi kendaraan adalah wajib hukumnya. Jangan pernah sekali-kali kamu berpikiran kalau kondisi kendaraanmu baik-baik saja sebelum di cek. Bawalah kendaraanmu ke bengkel untuk memastikan kondisinya baik-baik saja dan siap dipakai untuk perjalanan mudik. Jangan lupa siapkan pula peralatan yang diperlukan selama peerjalanan serta suku cadang kendaraan. Misal dongkrak, ban cadangan, sekring, tali rem dan yang lainnya.

3. Pamitan dengan RT dan Tetangga

Sebelum mudik jangan lupa pamitan dengan RT dan tetangga disekitar tempat tinggalmu. Hal ini diperlukan agar mereka bisa membantu menjaga rumah kamu selama pulang ke kampung halaman. Apabila masih merasa khawatir, kamu bisa menyewa satpam untuk menjaga rumah kamu apalagi saat malam hari.

4. Pelajari Rute Perjalanan

Jangan sampai mau mudik tetapi tidak tau rute perjalanannya sama sekali, sungguh ini mengenaskan. Kamu harus sebisa mungkin tau dengan detail rute mana saja yang akan kamu lalui, sehingga saat perjalanan kamu tidak kebingungan. Untuk memudahkan perjalanan, kamupun harus selalu terhubung dengan media informasi, tujuannya agar selalu bisa mendapatkan info terbaru mengenai arus mudik ini.

5. Istirahat di Tempat yang Telah Disediakan

Biasanya ketika musim mudik lebaran, akan ada banyak posko mudik yang didirikan baik itu oleh pemerintah ataupun kelompok-kelompok yang ada di masyarakat. Tujuan posko didirakan adalah sebagai tempat istirahat para pemudik jika mengalami kelelahan. Di posko tersebut selain digunakan untuk tempat istirahat, biasanya juga disediakan cek kesehatan yang dilakukan oleh para relawan yang sudah ada. Usahakan setiap menempuh perjalanan 2-3 jam, maka segera istirahatkanlah tubuhmu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa terhindar dari kecelakaan akibat kelelahan dalam perjalanan.

6. Membawa P3K

Sediakan pula P3K selama mudik, hal ini bermanfaat jika sewaktu-waktu kamu merasa sakit di tengah perjalanan. salah satunya dengan membawa obat sakit kepala, masuk angin, obat flu dan batuk, minyak angin dan betadin.

7. Membawa Peta

Peta juga salah satu hal yang perlu diperlukan ketika kamu akan mudik.  Salah satu manfaat yang bisa digunakan ketika membawa peta adalah kamu bisa membaca arah perjalanan serta bisa mendapat info yang dibutuhkan. Misalnya letak masjid, pom bensin, rumah makan, bengkel dan masih banyak yang lainnya.

8. Mempersiapkan Kondisi Tubuh

Persiapkan kondisi tubuhmu agar sehat dan bugar dengan cara mencukupi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Pastikan selama menyetir kamu tidak mengantuk sama sekali, Jika dirasa mengantuk maka segeralah isttirahat sejenak untuk mengembalikan kondisi tubuhmu yang sedang kelelahan.

9. Membawa Bekal

Jika saat diperjalanan merasa lapar sedangkan rumah makan masih jauh hingga membuat kamu lemas. Mungkin membawa makanan adalah salah satu pilihan yang tepat agar ini tidak terjadi. Namun jangan sampai terlalu banyak juga makannya, karena itu bisa mengakibatkan rasa kantuk yang berlebihan.

10. Membawa Alat Komunikasi

Alat komunikasi sangat berguna sekali untuk membantu memudahkan perjalanan mudikmu. Pastikan ketika akan berangkat kamu sudah menyiapkan charger atau baterai cadangan dan pulsa yang mencukupi.

Demikian beberapa tips mudik yang aman dan nyaman, ingat keselamatan kamu sangatlah berharga. Jangan sampai keluarga yang sudah menunggu di rumah mendapat kabar duka karena kamu kecelakaan saat perjalanan, semoga di jauhkan. Ingat, semua tips yang sudah diberikan itu hanya bentuk ikhtiar kita kepadaNya. Maka bungkuslah semua ikhtiar itu dengan do’a kepadaNya, sehingga dijauhkan dari bencanadan hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalan mudik.

Leave a Comment