Hasil Test STIfin

Tipe Mesin Kecerdasan menurut STIFIn

Di postingan terdahulu, saya pernah membahas sedikit apa yang dimaksud dengan STIFIn, Nah dipostingan kali ini, saya akan membahas lebih dalam apa itu STIFIn. Seperti apa yang telah saya jelaskan sebelumnya, STIFIn ialah salah satu cara untuk mengetahui potensi kita dengan cara menscan sidik jari dengan alat khusus, nah hasilnya bisa kita ketahui langsung kurang dari sepuluh menit.

Dalam konsep STIFIn, terbagi dalam 5 Mesin kecerdasan, yaitu Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling dan Insting.

Sensing

Sistem operasi tipe sensing ini berada dibagian otak kiri bawah, terkenal kuat dengan memorinya. Dalam kesehariannya, ciri-ciri umum seseorang yang berkepribadian Sensing adalah berorientasi pada masa kini, lebih berminat pada aplikasi praktis, mengolah informasi berdasarkan inderanya, dan masih banyak lagi.

Untuk profesi yang sesuai dengan mesin kecerdasannya, tipe sensing ini sangat cocok menjadi dokter, bankir, administrasi, ataupun pekerjaan yang membutuhkan logika atau memori yang kuat. Namun tidak menutup kemungkinan, profesi yang lainpun cocok dengan tipe kepribadian ini, jika memang ia merasa nyaman dengan pekerjaannya.

Thinking

Sesuai dengan namanya, tipe kepribadian ini adalah seorang pemikir tulen, sehingga sering dalam kesehariannya apa-apa dipikirkan, bahkan sedang diampun suka memikirkan sesuatu. Dalam kesehariannya, ciri-ciri umum seseorang yang berkepribadian Thinking adalah lebih menggunakan pikiran, berpikir dan memecahkan masalah secara logis, memiliki ketegasan menuntut hak, dan masih banyak lagi. Sistem operasi tipe thinking ini mesin kecerdasannya terdapat dibagian otak kiri atas.

Untuk profesi yang sesuai dengan mesin kecerdasannya, tipe thinking ini sangat cocok menjadi insinyur, konsultan management, developer, programmer, ataupunpekerjaan yang membutuhkan kekuatan berpikir yang kuat dan mendalam. Namun tidak menutup kemungkinan, profesi yang lainpun cocok dengan tipe kepribadian ini, jika memang ia merasa nyaman dengan pekerjaannya.

Intuiting

Tipe kepribadian yang satu ini termasuk orang yang dominan otak kanan, sistem operasinya berada dibagian otak kanan atas. Dalam kesehariannya mempunyai ciri-ciri umum seperti suka berpikir imajinati abstrak, sangat kreatif, tidak teratur, mempunyai visi yang jelas, bisa melihat pola dan makna, orientasi pada masa depan, dan masih banyak lagi.

Jika akan memilih karir, disarankan tipe intuiting ini memilih pekerjaan yang menuntun mereka harus berpikir kreatif, karena disanalah potensi terbaik mereka akan berkembang. Adapun saran pekerjaan bagi seorang intuiting adalah menjadi Pebisnis, Desainer, marketing, ahli kreatif berbagai bidang, seniman. Namun tidak menutup kemungkinan, profesi yang lainpun cocok dengan tipe kepribadian ini, jika memang ia merasa nyaman dengan pekerjaannya.

hasil test STIFIn, intuiting
orang intuiting itu berkelas, senang membayangkan masa depan.

Feeling

Perasa, ya tipe kepribadian yang satu ini sangat perasa, sesuai namanya ia sering merasa apa yang tak perlu dirasa, misal dalam mengambil keputusankan, dia akan lebih menggunakan perasaannya dari pada pikirannya, beda dengan orang thinking yang dalam mengambil sebuah keputusan, lebih menggunakan pikiran atau logikanya. Sistem operasi mesin kecerdasan ini terdapat dibagian otak kanan bawah.

Dalam kesehariannya, tipe feeling ini mempunyai ciri-ciri umum seperti: lebih mengguanakan perasaan, ingin menyenangkan orang lain, ingin selalu memimpin, ramah dan hangat pada setiap orang, dan masih banyak yang lainnya. Jika akan memilih karir, disarankan orang tipe feeling ini memilih pekerjaan yang menuntun mereka sering berbicara dan berhubungan dengan orang lain, karena disanalah potensi terbaik mereka akan berkembang. Adapun saran pekerjaan bagi seorang feeling adalah politisi, trainer, motivator, psikolog dan masih banyak yg lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan, profesi yang lainpun cocok dengan tipe kepribadian ini, jika memang ia merasa nyaman dengan pekerjaannya.

hasil test STIFIn, feeling
tipe kepribadian feeling itu sangat perasa

Insting

Tipe kepribadian ini cukup unik, karena sistem operasinya tidak terdapat di otak kiri atapun otak kanan, namun terdapat di otak tengah. Tipe insting dikenal suka mendamaikan konflik, pemecah masalah yang dapat diandalkan, mudah beradaptasi, juga mempunyai jiwa sosial yang sangat tinggi.

Dalam kesehariannya, tipe insting ini mempunyai ciri-ciri umum diantaranya: Bereaksi secara spontan, mengingat hal-hal yang berkesan, orientasi pada mencari kebahagiaan, menyukai kesempatan untuk berperan serta, tidak suka konflik, dan masih banyak lagi. Jika akan memilih karir, disarankan tipe insting ini memilih pekerjaan yang melibatkan mereka untuk menjadi perantara jalan keluar, pemecah masalah, atau yang berbau sosial yang tinggi. Adapun saran pekerjaan bagi seorang insting adalah spiritualitas, pelayan masyarakat, mediator, aktifis LSM, dan masih banyak yang lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan, profesi yang lainpun cocok dengan tipe kepribadian ini, jika memang ia merasa nyaman dengan pekerjaannya.

Leave a Comment