Surat-surat

Kumpulan Contoh Surat Keterangan Kerja Disertai Cara Membuatnya

osolihin.net

Surat Keterangan Kerja atau yang biasa disebut dengan Surat Refeni Kerja adalah surat yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan kepada karyawannya. Surat keterangan kerja ini dapat menjadi bukti bahwa yang bersangkutan memang bekerja disuatu perusahaan atau instansi.

Jika dilihat secara fisik, surat keterangan kerja sangat berbeda dengan kartu identitas seperti yang biasanya sering dikalungkan atau sematkan. Selain itu, surat keterangan kerja ini adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Hanya orang-orang tertentu saja di perusahaan yang bisa membuatnya.

Perlu diketahui, surat keterangan kerja ini bisa menjelaskan mengenai status seseorang di dalam perusahaan. Apakah yang bersangkutan statusnya adalah karyawan tetap, karyawan kontrak, atau hanya sekedar magang.

Cara Membuat dan Format Surat Keterangan Kerja

ariefnd.wordpress.com

ariefnd.wordpress.com

Untuk cara pembuatan surat dan format surat keterangan kerja, sebenarnya sangatlah mudah. Karena susunannya tidak beda jauh dengan contoh surat lamaran kerja. Hanya saja memang ada bagaian-bagian yang harus dirubah, disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Namun jika kamu masih pusing dan belum ada bayangan sekali bagaimana cara membuat surat keterangan kerja, kamu bisa melihat dari contoh-contoh surat keterangan kerja berikut ini.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja dari Karyawan

SURAT KETERANGAN KERJA

Dengan hormat,

Yang bertanda tanda tangan di bawah ini
Nama : Sofyan Hadi
Jabatan : HRD PT. Shaffa Coorporation
Alamat : Jl. Cemerlang No. 7 Sukakarya, Warudoyong, kota Sukabumi

Dengan ini menerangkan bahwa

Nama : Rizal Maulana
Jabatan : Staf Produksi
Alamat : Jl. Bhayangkara No. 17 kota Sukabumi

Adalah benar pada tanggal 5 Februari 2011 hingga saat ini sedang bekerja di PT. Shaffa Coorporation. Demikian surat keterangan ini saya buat benar adanya, untuk dipergunakan sesuai dengan keperluan saudara Rizal Maulana. Atas kerjasama yang baik ini dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Sukabumi, 27 November 2014
Hormat kami
Sofyan Hadi

Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan

PT. Inspira Media, Tbk
Jl. Wastukencana, No 17 Bandung
________________________________
Hal : Surat Keterangan Kerja, Jakarta, 10 September 2013

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Personalia PT. Inspira Media, Tbk yaitu :
Nama : Qolbun Hadi
Jabatan : Personalia

Menerangkan bahwa :
Nama : Reza Aprilia
Jabatan : Produksi

adalah benar merupakan salah satu karyawan kami yang bekerja dari 01 Januari 2011 sampai saat ini, dan sudah menunjukkan kinerja, prestasi, dan memilki prilaku yang baik.

Demikian surat keterangan kerja yang dapat kami berikan, semoga bisa dipergunakan sebagaimana semestinya.

Hormat Kami,

 

Personalia

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Kop Surat

———————

Amuntai, 13 April 2012

To:
South Korea Embassy
The Plaza Office Tower Lt. 23
Jl. MH. Thamrin Kav 28-30
Jakarta
Indonesia

Certificate of Employment
Nomor: 700/……./Dinkes/2012

This is to certify that,
Name : Ms. Rizki Ananda
Employee ID: 26581545
is employed with pharmaceutical and medical devices, Health Office in North Hulu Sungai Regency, Soulth Kalimantan Province, as one of the staffs.

Has worked in our ofice, since February 2011 until now.
This certification is issued upon the request of Ms. Wiwin Fatimah for visa issuance.

Issued this April 2012 at Amuntai, South Kalimantan, Indonesia.

Sincerely yours,

Head of Health Office
North Hulu Sungai Regency

 

…………………………………………

NIP…………………………………..

Jika kamu ingin pergi ke Amerika, kamu bisa membaca tips supaya visa ke Amerika bisa di setujui.

Contoh Surat Keterangan Kerja dalam Bahasa Inggris

Kop Surat Kantor

————

Jakarta, November 19, 2015

Korea Embassy, Indonesia
Visa Section
Jl. Sudirman 17
Central Jakarta 10350
Indonesia

Re: ‘Visa Application Letter’

Dear Sir or Madam

Herewith I who undersigned this sponsorship letter:
Name : Mr. Sofyan Hadi
Position: Manager Personalia

Would like to inform you that our employee:
Name : Mr. Yuni Agustiani
Postion: Manager
No. Passport: 15467623
Issuance Date: 20-11-2015
Experion Date: 05-10-2019

Miss Yuni Agustiani is permanently employed by our company, PT Inspira Media, since august 07 2009, up to now and she has planned to take her vacation to Korea in august 09 2016 at her own cost.

The latter also assures if the visa applicant is only holding Indonesia citizenship, with no intention for permanent residency, employment or purposes other than said above in any places within Korea, and will immediately return to Indonesia upon completion her vacation.

I would be highly appreciated if you can grant her the appropriate Visa.

Thank you for your assistance and cooperation.

Sincerely,
Pt. Inspira Media

 

Mr. Sofyan Hadi
Manager Personalia

Fungsi Surat Keterangan Kerja

muhammadnoer.com

muhammadnoer.com

Surat Keterangan Kerja biasanya dipakai sebagai salah satu persyaratan administrasi tertentu. Adapun beberapa fungsi surat keterangan kerja antara lain sebagai berikut.

a. Sebagai Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi atau Kampus Kelas Karyawan

Di beberapa perguruan tinggi/kampus biasanya dibuka jadwal perkuliahan kelas karyawan. Umumnya jadwal ini berjalan pada hari Sabtu dan Minggu di mana para karyawan sedang liburan. Hal ini untuk mengantisipasi bentroknya antara pekerjaan dengan jadwal perkuliahan.

Jika ingin menjadi mahasiswa kelas karyawan, maka beberapa perguruan tinggi/kampus akan meminta surat keterangan kerja. Hal ini dilakukan sebagai syarat administrasi bahwa dia memang benar merupakan seorang pekerja atau karyawan.

Untuk kejadian ini, dalam surat keterangan kerja biasanya hanya melampirkan nama dari karyawan yang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa. Selain itu, nama perusahaan di mana dia bekerja juga dicantumkan. Kemudian surat keterangan kerja tersebut dilampirkan dengan persyaratan administrasi yang lainnya, ketika calon mahasiswa hendak registrasi ulang masuk kampus atau perguruan tinggi yang dimaksud.

b. Sebagai Syarat Aplikasi Beasiswa

Beberapa kampus atau perguruan tinggi baik yang di dalam negeri ataupun luar negeri, biasanya akan mewajibkan para pendaftar beasiswa untuk melampirkan surat keterangan kerja. Hal ini dilakukan karena sebagai salah satu persyaratan administrasi untuk bisa memperoleh beasiswa.

Umumnya perusahaan atau perguruan tinggi yang mengeluarkan beasiswa tersebut malah mengharuskan para pendaftarnya untuk memberikatan keterangan bahwa pendaftar sudah bekerja minimal selama dua tahun. Akan tetapi, ada juga yang memberikan syarat bahwa pendaftar sudah bekerja minimal lima tahun. Supaya bisa memenuhi persyaratan tersebut, maka pendaftar diwajibkan untuk memberikan surat keterangan kerja di perusahaan yang bersangkutan.

Selain kampus/perguruan tinggi, ada juga perusahaan yang memberikan program beasiswa berprestasi kepada anak para karyawannya. Untuk bisa memperoleh beasiswa tersebut, biasanya para karyawan diwajibkan untuk melampikan surat keterangan bekerja dalam berkas pendaftarannya.

c. Syarat Pengajuan Kredit

Jika kamu ingin mengajukan kredit ke bank, koperasi, ataupun ke yang lainnya, maka pemohon wajib melampirkan surat keterangan kerja disertai contoh slip gaji yang diperolehnya.

Hal tersebut harus dipenuhi sebagai bukti dan jaminan bahwa pihak pemohon sanggup untuk mencicil, membayar, serta melunasi biaya kredit yang diajukan. Oleh karenanya, contoh surat keterangan kerja tersebut harus disertakan dengan persyaratan administrasi lainnya ketika akan mengajukan kredit kepada penyedia dana.

d. Pengganti Syarat Lain dalam Pengajuan Dokumen Negara

Untuk memperoleh KTP, kartu keluarga, serta kartu identitas yang lainnya. Kamu wajib untuk menyertakan surat keterangan kerja sebagai bukti bahwa kamu memang berhak memperoleh kartu identitas yang diinginkan.

Bila salah satu persyaratan tidak terpenuhi seperti surat pindah dari tempat asal, maka surat keterangan kerja ini dapat menjadi pengganti syarat tersebut. Sehingga kamu masih dapat memperoleh kartu identitas yang diinginkan.

e. Syarat Pengajuan Lamaran pekerjaan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam penerimaan pegawai baru perusahaan besar biasanya akan meminta surat keterangan kerja dari perusahaan calon pegawai baru. Surat keterangan ini diperlukan untuk menentukan kejelasan status calon pegawai, apakah yang besangkutan memang sudah tidak terikat pekerjaan lagi dengan perusahaan lamanya.

Selain itu, surat keterangan juga dijadikan sebagai salah satu syarat lamaran kerja. Karena ada juga calon pegawai yang mengharapkan untung-untungan. Contohnya, jika dia masih bekerja di perusahaan B, tetapi dia malah melamar ke perusahaan C dengan harapan memperoleh gaji yang lebih tinggi dari perusahaan sebelumya.

Karena alasan inilah, pihak perusahaan berusaha mencegah tindakan seperti ini dengan mewajibkan para pelamar untuk menyertakan surat keterangan kerja di perusahaan sebelumnya. Adapun untuk format surat keterangan kerja biasanya berisi nama pelamar, nama perusahaan tempat dia pernah bekerja, status jabatan, gaji terakhir yang diperoleh, dan juga lama waktu dia bekerja di perusahaan sebelumnya.

Jika calon pegawai baru  tersebut mempunyai prestasi, maka perusahaan yang bersangkutan akan menyertakan lampiran berupa laporan prestasi kerja yang sudah diraih oleh calon pegawai tersebut. Dengan kaya lain surat keterangan kerja juga dapat dijadikan rekomendasi atau dokumen penting supaya bisa diterima di perusahaan yang dituju.

Demikian penjelasan lengkap mengenai surat keterangan kerja. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>