Pengembangan Diri

Silaturahmi dengan Mas Gugus

Mas Guguh foto bareng Mas guguh dengan santri sintesa

Sabtu, 14 februari 2015, pondok sintesa kedatangan tamu, namanya mas Gugus A. Sakti, beliau adalah seorang praktisi periklanan dan sudah banyak membantu perusahaan digital. Pada kesempatan itu mas guguh bercerita tentang pengalamannya seputar dunia Internet Marketing, beliau sendiri sudah mengenal dunia internet ketika masih SMP, sekitar tahun 2003.  Sedangkan, untuk pertama kali dia mendapatkan uang atau penghasilan dari internet, mas guguh mendapatkannya pada tahun 2007, tepatnya saat menjadi seorang Affiliate.

Dari sekian materi sharing yang disampaikan oleh mas guguh waktu itu, ada beberapa point yang saya tangkap diantaranya:

 

Cara Membuka Bisnis yang Tepat

Menurut mas Gugus, setidaknya ada 3 cara untuk membuka bisnis tepat, yaitu: dari yang menguntungkan, mudah dilakukan, dan sangat disenangi.

1. Menguntungkan

Pastinya ketika menjalankan sebuah bisnis, apapun bentuknya, tentunya kita ingin dapat untung, percuma bisnis itu mudah dilakukan dan sangat disenangi namun tidak menguntungkan sama sekali, karena alasan inilah, menurut mas gugus ini yang menjadi poin pertama ketika menjalankan sebuah bisnis.

2. Mudah dilakukan

Jika bisnis itu menguntungkan namun sangat sulit dilakukan, menurut saya itu hanya menyapek-nyapekan diri sendiri saja. Kita dapat untung dari bisnis tersebut, namun ketika bisnis itu sulit dilakukan, pastinya ketika ingin untung tentu memerlukan energi yang lebih untuk menjalankannya. Makanya, sangat baik ketika kita memilih bisnis yang menguntungkan dan mudah untuk dijalani.

3. Hobi

Ketika seseorang menjalankan bisnisnya sebagai hobi, sungguh beruntunglah orang itu, karena dia bagaikan tidak bekerja, menjalankan hobi dia sendiri namun menghasilkan atau menguntungkan, dan pastinya karena bisnisnya itu adalah hobi dia sendiri pastinya mudah dilakukan. “pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar” Ridwan Kamil.

ridwan kamil

Ridwan Kamil Quote

 

Seputar Internet Marketing

Sebenarnya pada waktu itu tak banyak apa yang kami bicarakan tentang teknis Internet Marketing, karena pada waktu itu sedang diadakan pemadaman listrik bergilir, jadi waktu itu kita hanya bicara secara garis besarnya saja, diantaranya:

Tips menulis konten yang efektif

Ada beberapa tips menurut mas gugus, untuk membuat konten yang efektif, diantaranya: konten itu sendiri harus lebih dari 500 kata, didalam konten itu sendiri minimal terdapat 2 gambar, mempunyai Internal Linking, dan mempunya format H3 dan H4 pada konten. Beliau juga menyarankan kepada kita ketika weekend tiba, ada baiknya melakukan riset keyword untuk satu minggu kedepan.

Cara efektik untuk riset keyword

Keyword artinya Kata Kunci, namun yang dimaksud di sini adalah kata kunci untuk pencarian di mesin pencari google. Ada beberapa tips dari mas guguh untuk meriset keywoard, diantaranya: Cari yang sedikit saingannya lalu usahakan dalam mesin pencarian google, keywoard itu minimal sudah 3000 pencarian dalam satu hari.

Model bisnis di dunia online

Banyak macam model bisnis di dunia oline, diantaranya: Affiliate, SEO (Search Engine Optimazion), Product Creator, Toko Online, Publisher, dan masih banyak yang lainnya.

 

Management Keuangan Perusahaan

Dalam dunia bisnis, pastinya kita tak akan asing dengan yang namanya uang, termasuk dalam hal urusan keuangan perusahaan. Berikut ini, tips dari mas gugus dalam management keuangan perusahaan, diantaranya:

Catat setiap aktifitas keuangan

Kebanyakan kesalahan management keuangan, adalah tak dicatatnya setiap aktifitas keuangan dalam perusahaan tersebut, akibatnya uang yang ada dalam perusahaan itu, tidak jelas kemana alurnya, sehingga ketika uang perusahaan menipis, owner bingung kenapa keuanganperusahaan bisa menipis, tak tau asal penyebab kenapa uang itu jadi menipis.

Pisahkan antara keuangan pribadi dan perusahaan

Hal selanjutnya yang menjadi kebiasaan para pengusaha pemula, yaitu mencampurkan uang perusahaan dan pribadi. Oleh sebab itu, sebaiknya dianjurkan owner memiliki beberapa rekening, tujuannya untuk memisahkan antara keuangan pribadi dan perusahaan.

 

Oh iya, ada satu pesan penutup dari mas gugus pada waktu itu , ketika kita down saat menjalani proses, cobalah untuk merusak pola itu, misal saat lesu, cobalah untuk keluar sejenak refreshing, jangan depan komputer mulu.

Mungkin segitu dulu sharing dari saya mengenai pengalaman saya bersilaturahmi dengan mas Gugus A. Sakti, semoga bermanfaat.

 

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like