10 Dosa Besar

Rezeki Seret, Doa tak kunjung dikabulkan? Cek Mungkin Kamu Pernah Melakukan 10 Dosa Besar Ini

Sudah sering berdo’a tiap malam namun do’a masih tetap juga belum terkabul? Atau sering melakukan amal shaleh namun kehidupan tak kunjung membaik? Mungkin masih ada dosa yang tanpa disadari kamu pernah melakukannya, sehingga itu yang menjadikan rezeki seret atau do’a-do’amu belum kunjung pula terkabul. Ibarat genting rumahmu yang bocor disaat hujan, pastinya lantai rumahmu akan basah karena ditetesi oleh air hujan, ketika kita hanya fokus mengepel lantai yang basah tanpa menutup atau mengganti genting yang bocor, maka sampai kapanpun lantai dirumahmu itu akan tetap basah. Jadi solusinya ialah tammbal atau ganti dulu genting yang bocor,  maka kamu tak perlu repot lagi untuk mengepelnya.

Begitupun dengan berdo’a kepada Allah, agar do’a kita bisa dikabulkan, terlebih dahulu tengoklah dalam diri kita, apakah ada dosa yang pernah kita kerjakan? Apalagi jika kita pernah mengerjakan Dosa-Dosa Besar. Jika ada, maka segeralah bertaubat.

Menurut Ust. Yusuf Mansur, Dosa besar terbagi kedalam 10 macam, yaitu sebagai berikut:

1. Menyekutukan Allah (Syirik)

Walau zaman sudah modern, namun banyak dari kita yang masih menggunakan hal-hal berbau mistic dalam kehidupan sehari-hari, misal saat berdagang memakai jimat penglaris, atau ketika lagi sakit memohon bantuan orang pintar agar bisa disembukan, dan orang pintar itu menyuruh kituntuk meminum suatu yang sebelumnya  sudah dikasih bacaan tak jelas. Percayalah, itupun termasuk syirik, karena menggantungkan segala pengharapan kita selain kepada Allah.

 

10 Dosa Besar, Syirik
Menyekutukan Allah (Syirik), dosa yang paling besar dan sulit

 

2. Meninggalkan Shalat

Ironis memang, ketika seorang muslim mengaku bahwa dirinya beragama islam, namun sering meninggalkan shalat. Banyak disekitar yang seperti itu, mungkin mereka yang meninggalkan shalat belum menyadari, bahwa apa yang mereka lakukan itu termasuk Dosa Besar yang menjadi penyebab segala persoalan hidup mereka.

3. Durhaka kepada Orang tua

Selama bertengkar dengan orang tua sendiri atau membuat orang tua kecewa karena sifatmu, percayalah hidupmu tak akan tenag, keran rezeki yang Allah buatkan untukmu akan macet, karena kamu tau sendiri kan, Ridha Allah ada pada ridha orang tua, murka Allah juga ada pada murka orang tua. Berbakti mengundang rezeki, durhaka mengundang petaka.

10 Dosa Besar, Durhaka
Durhaka pada orang tua termasuk dosa besar.

 

4. Berzina

Ibarat rezeki itu pintu, sang lelaki adalah kuncinya dan sang perempuan adalah lubang kuncinya, jika kunci itu dipaksakan pada yang bukan tempatnya, maka yang ada kunci itu akan patah. begitupun dengan seorang laki-laki dan perempuan yang sudah berzina, maka kunci rezekinya akan patah.

5. Rezeki yang Haram

Ibarat sebuah pohon, jika benihnya tidak baik maka buahnya pun tidak akan baik.  Mungkin sekilas ketika kamu memakan rezeki haram itu tak akan terjadi apa-apa, memang kadang efeknya tak langsung terasa. Namun biasanya, efeknya akan terasa dalam jangka waktu yang lama, misal dengan kehilangan harta sekejap, atau mendapa musibah yang tak diinginkan. Segeralah bertaubat, sebelum hal mengerikan itu terjadi.

6. Meminum Minuman Keras

Termasuk dosa yang besar juga adalah meminum minuman keras, kenapa dikatakan dosa besar? Karena efeknya yang membahayakan bagi rohani juga jasmani orang yang meminumnya. Asal tau saja, banyak maksiat yang terjadi berawal dari perbuatan dosa yang satu ini. Misal tak banyak orang yang melakukan tindak kriminal seperti pencurian, pemerkosaan, atau bahkan pembunuhan berawal karena sebelumnya pelaku mabuk terlebih dahulu.

7. Memutuskan silaturahim

Memutuskan Silaturahmi juga termasuk dosa yang besar, karena sesama muslim, appaun alasannya walapun sudah bertengkar harus bersaling sapa selepasnya, kalaup disatu pihak masih ada yang marah, maka diamnya itu tidak boleh lebih dari tiga hari.

8. Bersaksi Palsu (Menuduh orang zina)

Bersaksi palsu juga termasuk dosa yang besar, sampai-sampai di Al-quran pun dijelaskan tentang hal ini, “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (Al Isra’ ayat 36)it

9. Kikir atau Pelit

Ada salah satu firman Allah swt yang berbunyi: “(yaitu) Orang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia yang telah diberikan Allah kepada mereka. Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir azab yang menginakan. Dan (juga) orang-orang yang menginfaqkan hartanya karena riya kepada orang lain (ingin dilihat dan dipuji), dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. Barang siapa menjadikan setan sebagai temannya, maka (ketahuilah) dia (setan itu) adalah teman yang sangat jahat”. Orang yang kikir, serakah, sering makan harta anak yatim piatu mereka disetrika dengan besi panas hingga punggung mereka hancur luluh sekejap kemudian punggung mereka pulih lagi lalu disetrika lagi, dan lain sebagainya. “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)”. (An Nisaa: 10).

Dari penjelasan ayat itu, dengan jelas menerangan bahwa kikir atau pelit termasuk perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt. Makanya perbuatan ini pun termasuk Dosa 10 besar.

10. Ghibah

Ghibah atau yang sering dikenal dengan istilah ngrumpi atau menceritakan kejelekan orang lain,sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah disekitar kita. Baik laki-laki atau perempuan mungkin pernah melakukannya, namun kebanyakan dosa besar yang satu ini dilakukan oleh perempuan. Misal ketika para wanita sedang berkumpul, biasanya pasti ada yang membicarakan aib orang lain, apakah itu tetangganya, sahabatnya, adiknya, atau bahkan suami dan orang tuanya sendiri tidak luput dari pembicaran. Allah SWT berfirman : ”Dan janganlah sebagian kalian mengghibah sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging saudaranya yang telah mati? Maka tentunya kalian tidak menyukainya (merasa jijik). Dan bertakwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al Hujurat : 12)

 

Leave a Comment