Inilah Pengertian Seni Menurut Para Ahli dan Macam-macam Seni Serta Penjelasannya

Dalam kehidupan sehari-hari, seni merupakan salah satu ilmu yang sangat penting bagi manusia. Jika tidak ada seni mungkin tak ada warna dalam hidup kita. Dalam ilmu seni, juga terdiri dari berbagai macam. Nah, untuk mengetahui jenis dan macam-macam seni sebelumya kita harus terlebih dahulu mengetahui pengertian seni. Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan pengertian seni yang diambil dari berbagai pendapat para ahli yang sudah lama berkecimpung dalam bidang seni. Nah, mau tau bagaimana penjelasannya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

rifani89.deviantart.com

1. Pengertian Seni Menurut Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara seni adalah hasil dari keindahan yang bisa menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan buat yang melihatnya. Oleh karena itu, perilaku manusia dapat mempengaruhi dalam memperbesar perasaan seni yang indah itu.

2. Pengertian Seni Menurut Padmapusphita

Seni adalah berasal dari bahasa Belandi yakni “genie“. Dalam bahasa latinnya adalah “genius” yang mempunyai arti kemampuan luar biasa yang dibawa atau dimiliki sejak lahir. Sedangkan menurut beberapa kajian ilmu di negara Eropa. Seni berasal dari kata “ART” yang berarti seni itu bermakna artivisual. Maksudnya adalah seni itu suatu media yang bisa melakukan suatu aktivitas tertentu.

3. Pengertian Seni Menurut Ensiklopedia Indonesia

Menurutnya seni merupakan ciptaan dari segala hal, karena keindahan seni orang gembira untuk mendengar ataupun melihatnya.

4. Pengertian Seni Menurut Irma Damayanti M.Sn

Pengertian seni menurut Ira Damayanti M.Sn adalah seni bisa di lihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Pengettian seni memang sangat sulit untuk dijelaskan, diungkapkan dan juga sulit untuk dinilai. Menurutnya setiap individu memiliki penilaian tersendiri tentang arti sebuah seni.

5. Pengertian Seni Menurut Ira Adriarti, M.Sn

Seni adalah sebuah proses dan produk dalam memilih media, suatu pemikiran peraturan untuk menggunakan media itu dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dituangkan melalui ekspresi lewat media itu, baik berupa gagasan, sensai, perasaan maupun kepercayaan dengan cara yang seefektif mungkin.

6. Pengertian Seni Menurut Sartono Kartoridjo

Seni adalah sebuah sistem yang konheren karena dapat menjalankan komunikasi secara efektif, yakni melalui bagiannya namun dapat menunjukkan secara universal.

7. Pengertian Seni Menurut Drs. Sudarmaji

Seni adalah segala bentuk manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan mempergunakan berbagai media seperti garis, bidang, tekstur, volume, warna dan sebagainya. Seni juga dapat berarti ungkapan perasaan sang pencipta yang dikirimkan kepada manusia supaya mereka dapat merasakan apa yang dirasakan oleh para pencipta seni.

8. Pengertian Seni Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni adalah segala kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk yang agung dan mempunyai daya pembangkit rasa takjub dan haru.

9. Pengertian Seni Menurut Harry Sulastianto

Menurutnya seni budaya adalah suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai pemikiran estetika dan ide, termasuk dalam menciptakan imajinasi pandangan dan kemampuan akan suatu suasana dan benda juga karya yang bisa menumbuhkan rasa indah sehingga dapat menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

10. Pengertian Seni Menurut Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl. Art

Seorang Harry Sulastianto seni pada awalnya amerupakan sebuah proses dari diri manusia, jadi bisa dibilang seni adalah sinonim dari ilmu. Sebuah seni bisa diliha melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas yang diciptakan manusia.

11. Pengertian Seni Menurut Ahdian Karta Miharja

Seni adalah segala bentuk aktifitas rohani yang menggambarkan kenyataan dalam sebuah karya, dimana isi dan bentuknya mempunyai daya untuk membangkitkan keindahan dan kenikmatan tertentu didalam jiwa yang merasakannya.

12. Pengertian Seni Menurut Drs. Popo Iskandar

Seni adalah hasil ungkapan emosi seseorang yang ingin ditujukan pada orang lain, dikerjakan dengan sengaja dan dalam keadaan sadar hidup di masyarakat.

13. Pengertian Seni Menurut Aristoteles

Seni adalah tiruan terhadap alam, tetapi sifatnya harus sempurna dan ideal.

14. Pengertian Seni Menurut Chartin Muler

Menurutnya seni adalah sesuatu yang dihasilkan dari unsur rasa yang berhubungan dengan karya cipta seseorang.

15. Pengertian Seni Menurut Immanuel Kant

Seni adalah bentuk yang tampilan dan pengungkapannya tidak pernah melenceng dari kenyataan. Bisa dikatakan juga seni itu adalah meniru alam.

16. Pengertian Seni Menurut Alexander Baum Garton

Seni adalah segala bentuk keindahan yang mempunyai tujuan positif untuk membuat penikmat seni menjadi bahagia.

17. Pengertian Seni Menurut Leo Tolstoy

Menurut seorang Leo Tolstoy, seni adalah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengupayakannya menjadi nyata.

18. Pengertian Seni Menurut Erik Ariyanto

Seni adalah aktivitas rohani yang digambarkan ke dalam sebuah karya yang bisa membangkitkan perasaan bahagia dan sengn orang lain yang mendengar maupun melihatnya.

19. Pengertian Seni Menurut Plato dan Rousseau

Seni adalah hasi dari peniruan alam dari berbagai sisinya.

20. Pengertian Seni Menurut Schopenhauer

Seni adalah segala bentuk usaha dalam membuat bentuk-bentuk yang membahagiakan dan menyenangkan.

21. Pengertian Seni Menurut Everyman Encyklopedia

Seni adalah suatu hal yang bisa dikerjakan seseorang dan terjadi bukan disebabkan dorongan kebutuhan utamanya, melainkan karena dorongan kebutuhan spiritual maupun kenikmatannya.

Jenis dan Macam-macam Seni

blogs.uoregon.edu
blogs.uoregon.edu

Secara umum, seni adalah segala sesuatu yang menampilkan keindahan dan berhasil membua orang yang melihatnya terkesan. Ada banyak cara menangkap kesan serta menghasilkan kesan. Sehingga terdapat beberapa macam seni, yakni antara lain sebagai berikut.

1. Seni Rupa

Pengertian dari seni rupa adalah hasil sebuah ekspresi, ciptaan kualitas dari alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta pembagian objek-subjek terhadap pembagian tertentu yang dibuatkan menjadi suatu struktur sehingga bisa dinikmati menggunakan indra peraba dan mata. Intinya seni rupa adalah sebuah karya seni rupa yang menciptakan bentuk sehingga bisa dinikmati secara visual. Seni rupa juga terbagi dalam beberapa bagian, diantaranya adalah seni rupa terapan dan seni rupa murni.

2. Seni Musik

Seni musik adalah hasil buatan manusia yang menghasilkan harmoni dan bunyi ritme yang indah bagi yang mendengarkannya. Banyak jenis hasil bunyi yang dihasilkan oleh seni musik. Contohnya akapela yang dihasilkan dari alat musik ataupun menyanyi yang dihasilkan oleh suara manusia.

3. Seni Tari

Seni tari merupakan hasil dari buatan manusia yang mensinergikan gerakan tubuh dalam menghasilkan keindahan bagi siapa saja yang melihatnya. Melalui seni tari, manusia menggunakan bagian-bagian tubuh mereka seperti mata, bada, tangan, kaki dan yang lainnya untuk mengkomunikasikan bentuk keindahan serta ekspresi rasa mereka. Pada umumnya seni tari sering digabungkan dengan seni rupa dan seni musik untuk melengkapi pengekspresian rasa yang ada.

4. Seni Teater

Seni teater merupakan hasil buatan manusia dalam mengekspresikan imajinasi yang ada dalam pikirannya yang erat berhubungan dengan sikap manusia baik sebagai asyarakat, kelompok ataupun individu. Seni teater, layaknya seni tari sering diisi oleh seni musik dan seni rupa bahkan juga seni tari sering dimasukkan didalamnya. Sehingga ekspresi perasaan yang ingin ditujukkan tersampaikan dengan sangat memuaskan.

5. Seni Sastra

Seni sastra merupakan segala bentuk hasil daya kreasi dan imajinasi manusia yang dinikmati dari segi visual serta dai makna seni itu sendiri. Hal ini disebabkan seni sastra menggambarkan sebuah keindahan disajikan dalam bentuk kata-kata, baik disuarakan ataupun dituliskan. Contohnya, kaligrafi kufi, puisi dan sebagainya.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian seni, jenis dan macam-macam seni. Semoga bermanfaat ya dan bisa menjadikan kita lebih bisa menghargai sebuah seni.

Leave a Comment