backlink

Pengertian Backlink

Apa itu Backlink? Pertanyaan inilah yang biasanya terngiang-ngiang dibenak para pemula Internet Marketing khususnya untuk pemain SEO, Adsense, atau Blogger. lalu apakah backlink itu sendiri sangat penting untuk sebuah website atau blog? Jawabannya adalah sangat penting.

Apalagi saking pentingnya banyak orang yang bersedia mengeluarkan uang hanya agar bisa mendapatkannya. Di lain sisi malah banyak para pemilik web atau blogger yang tidak menghiraukan manfaat dari backlin itu sendiri. Mereka hanya tertuju bagaimana cara untuk bisa memperbanyak artikel dan mempromosikan web mereka di social media.

Memang tidak ada salahnya berbuat seperti itu. namun web itu sendiri tetap memerlukan yang namanya backlink. Jika diumpamakan sebuah bangunan, maka backlink itu sendiri yaitu sebagai pondasi bangunan, kenapa bisa disebut begitu? Karena backlink lah yang membuat posisi web kita berdiri tegak di mesin pencari.

 

Pengertian Backlink

Backlink terdiri dari dua kata kerja, yaitu Back dan Link, Back artinya Kembali sedangkan Link artinya alamat sebuah situs. jadi Backlink ialah suatu hubungan anatara satu situs dengan situs yang lainnya yang saling bertautan. Contohnya: link situs web si “fulan” terdapat di web situs web si “fulanah” dan begitu juga sebaliknya.

Jenis-Jenis Backlink

1. One Way Backlink

One Way backlink ialah backlink satu arah. Maksudnya ialah backlink yang hanya mempunyai satu arah, lebih jelasnya jika membuat backlink di  website orang lain, tak terjadi umpan balik dari website yang kita tanami backlink tersebut. Contoh sederhana kita mempunyai sebuah website yang bernama fira.com lalu membuat backlink di website qolbunhadi.com, nah jika jenis backlinknya adalah One Way backlink, maka tak terjadi timbal balik dari website qolbunhadi.com

2. Two Way Backlink

Two Way Backlink ialah kebalikan dari One Way Backlinkk, maksudnya jenis backlink ini mempunyai dua arah, lebih jelasnya jika membuat backlink di  website orang lain, maka akan terjadi umpan balik dari website yang kita tanami backlink tersebut. Contoh sederhana kita mempunyai sebuah website yang bernama fira.com lalu membuat backlink di website qolbunhadi.com, nah jika jenis backlinknya adalah Two Way backlink, maka akan terjadi timbal balik otomatis membuat backlink atdari website qolbunhadi.com

 

Cara Membuat Backlink

Cara membuat Backlink sebenarnya sangat mudah, tak serumit yang dibayangkan, sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat Backlink, namun disini saya hanya akan memberitahukan cara membuat Backlink dikolom komentar, karena cara ini menurut saya adalah yang paling praktis dan mudah namun tetap berkualitas.

1. Coba Cari Situs Berbasis WordPress

Ada sekitar 60 Juta situs berbasis wordpress di dunia ini, cobalah gunakan teknik footprint untuk mencari target situs tersebut.

Kita bisa arahkan google untuk memperlihatkan kata kunci dari situs berbasis wordpress.com , contoh jual jilbab syar’i site:wordpress.com

Pengertian Backlink dan cara membuatnya
Contoh Mencari Backlink dengan taget situs berbasis  wordpress.

2. Saring Konten Terbaru

Sesudah muncul situs-situs berbasis wordpress yang tadi kita sudah masukkan kata kunci, cobalah memfilter atau saring lagi agar yang muncul adalah konten-konten terbaru. Klik Search Tools, selanjutnya pilih  bagian Any Time. kalau saya biasanya memilih satu minggu terakhiur.

3.Gunakan Email yang Belum terdaftar

Jika berkomentar, jangan gunakan email yang telah terdaftaf di WordPress.com, karena bila menggunakan email yang telah terdaftar , anda akan diperkenankan untuk login terlebih dahulu di wordpress anda, tentu ini sangat membuat kinerja anda kurang efektif dan banyak waktu anda yang terbuang.

4. Gunakan Keyword Diversity di Anchor Text

Keyword Diversity adalah jenis backlink yang urlnya sama, tapi anchor textnya berbeda. Di wordpress, form name secara otomatis akan menjadi Anchor Text, anda bisa memanfaatkannya secara bijaksana.

Pengertian backlink dan cara membuatnya
Contoh Anchor text dikolom komentar.

5. Gunakan kalimat tanya

Saat memberi komentar, usahakan gunakan kalimat tanya, karena kemungkinan untuk diaprrove menjadi sangat besar.

 

 

 

 

 

Leave a Comment