Islami

Panduan Lengkap Tentang Niat, Syarat dan Tata Cara Tayamum yang Benar Sesuai Ajaran Islam

youtube.com

Dalam salah satu ayat dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman yang artinya “Dan Dia (Allah) tidaklah sekali-sekali menjadikan untuk kalian suatu kesempitan dalam agama (QS. Al-Hajj: 78). Maksud dari ayat ini adalah bawah islam itu merupakan agama yang mudah. Di dalam Islam tidak ada yang dipersulit sama sekali dalam pengerjaan Ibadah seorang hamba kepada Tuhan-Nya. Semua aturan kehiduoan oleh agama sudah ditentukan dan dipermudah, hanya saja apakah kita mau mengerjakannya atau tidak.

Selain itu, Rasulullah pun pernah bersabda “Sesungguhnya aama ini (Islam) merupakan agama yang mudah, tidaklah seseorang mempersulit agama ini kecuali terkalahkan.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Seperti telah dijelaskan di atas, Islam itu agama yang mudah dan tidak mempersulit orang yang memluknya. Salah satu bentuk kemudahan itu dalam beribadah misalnya diperbolehkan ketika dia tidak mendapatkan air wudhu, dia bisa menggantinya dengan bertayammum menggunakan tanah suci.

Apa Pengertian Tayammum?

Pengertian Tayammum menurut bahasa artinya menyengaja. Sedangkan menurut istilah syar’i ialah mengambil tanah yang suci untuk mengusap muka dan tangan dengan niat menghilangkan hadats (kotoran) karena berhalangan menggunakan air atau mendapatkan air

Bagaimana cara bertayamum?

Lantas bagaimana cara bertayammum yang sesuai diajarkan oleh Rasulullah? Berikut ini cara lengkapnya.

1. Niat dalam hati.

Sebelum kita akan melakukan tayammum, maka harus melakukan niat terlebih dahulu. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yaitu: “Sesungguhnya semua amal itu tergantung niatnya, dan seseorang mendapat balasan sesuai dengan yang diniatkannya.” (HR. Bukhori dan Muslim)

2. Membaca Bismillah

Mengapa harus membaca bismillah terlebih dahulu? Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yaitu: “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak berwudhu, dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Imam Ahmad)

3. Menepukkan kedua tangan ke tanah yang suci, cukup dengan sekali tepukan.

Selanjutnya mengusap telapak tangan ke muka. Kesudah itu dilanjut dengan mengusap telapak tangan yang satu dengan yang lainnya secara bergiliran, diawali dari ujung-ujung jari sampai pergelangan tangan.

Ammar ra pernah berkata: “Rasulullah pernag mengutusku untuk suatu keperluan. Ketika itu saya sedang dalam keadaan junub dan tidak bisa mendapatkan air. maka saya berguling-guling di tanah sebagaimana berguling-gulingnya seekor binatang. Kemudian saya mendatangi Rasuullah SAW. Saya ceritakan kejadian itu kepada beliau. Lalu beliau berkata, “Sebenarnya cukup bagimu untuk menepukkan telapak tangan demikian.” Kemudian beliau menepukkan kedua telapak tangannya ke tanah sekali tepukan, selanjutnya beliau tiup. sesudah itu beliau usapkan ke muka dan kedua tangan beliau.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Ada sebagian kalangan yang beranggapan bahwa tayammum itu hanya berlaku untuk sekali sholat saja. Contohnya, jika seseorang yang melakukan tayammum untuk shalat magrib kemudian masuk waktu sholat Isya sedangkan dia masih suci, maka mereka mengatakan seseorang itu harus bertayammum lagi.

Sebenarnya makna dari tayammum sendiri adalah pengganti wudhu. Maksudnya gini, jika ada seseorang yang sudah berwudhu yang diniatkan untuk melakukan shalat ashar lantas waktu shalat magrib tiba, maka orang itu tidak harus melakukan wudhu lagi jika masih dalam keadaan suci. Nah, seperti juga tayammum. Memang ada berbagai pendapat yang harus melakukan tayammum lagi dalam keadaan suci, yang penting pendapatnya itu di dukung dalil yang kuat.

Cara Tayamum di Pesawat

Tayamum dalam pesawat biasanya dilakukan oleh para jemaah umroh atau haji yang sedang berada dalam pesawat. Sekedar informasi saja, perjalanan dari Jakarta menuju Mekkah kurang lebih sekitar 8 sampai 10 jam perjalanan. Sudah dipastikan para jermaah umroh atau haji akan melewatkan beberapa waktu shalat.

Di bawah ini tata cara tayamum ketika berada di pesawat.

1. Hal pertama yang perlu kamu loakukan adalah menepukkan kedua telapak tangan ke dinding atau kursi pesawat.

2. Selanjutnya, usapkan kedua telapak tangan dengan sempurna mulai dari ujung rambut hingga ke dagu. Dilanjut dari daun telinga sebelah kanan sampai daun telinga sebelah kiri secara sempurna.

3. Kemudian tepukkan kembali kedua telapak tangan ke dinding atau kursi pesawat, sebaiknya dilakukan ditempat yang berbeda dari sebelumnya.

4. Usap tangan kanan dengan menggunakan telapak tangan kiri dimulai dari ujung jari sampai dengan siku secara semopurna. Begitupun dengan tangan kiri yang diusap dengan telapak tangan kanan dari ujung jari hingga siku secara sempurna.

5. Begitulah tata cara tayamum dalam pesawat, semoga bermanfaat.

Semoga penjelasan singkat mengenai tayamum ini bermanfaat buat kita semua. Terima kasih.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>