Mesin Cutting Sticker: Solusi Untuk Bisnis Percetakan Anda

Saat ini anda sedang membaca artikel yang membahas tentang mesin cutting sticker. Dalam artikel ini, saya akan membahas semua pengertian, fungsi, tipe dan masih banyak yang lainnya. Pokoknya semua akan dikupas tuntas mengenai mesin cutting sticker.

Di artikel ini pula saya akan coba memberi tahu kepada anda dalam memilih mesin cutting sticker yang tepat sesuai kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Apa sih yang di Maksud Mesin Cutting Sticker?

Mungkin sebagian anda ada yang baru mendengar tentang mesin cutting sticker itu apa. Nah, mesin cutting sticker sendiri adalah mesin yang mempunyai fungsi untuk memotong kertas sticker atau juga jenis kertas lainnya yang mempunyai bentuk sama. Selain itu mesin cutting sticker juga dikenal dengan nama lain seperti vinyl cutter, cutting plotter, alat potong sticker dan masih banyak yang lainnya. Di Indonesia sendiri biasanya mesin ini dipakai untuk membuat cutting sticker mobil cutting sticker motor, garskin dan yang lainnya. Mesin ini juga umumnya dipakai dalam bisnis percetakan kecil maupun besar, bisnis cutting motor atau mobil, garmen dan masih banyak yang lainnya.

Apa Saja Jenis Bahan yang Bisa Dipotong Oleh Mesin Cutting Sticker?

Mesin Cutting Sticker dapat memotong banyak jenis bahan. Salah satu bahan yang dapat dipotong oleh mesin ini antara lain cutting sticker, polyfex, polyflock, vinyl, sticker biasa stensil dan yang lainnya. Contohnya, usaha anda yang sedang dijalani adalah sablon kaos, nah selain kablon kaos anda pun dapat membuka usaha cutting sticker mobil karena masih menggunakan mesin yang sama untuk dua jenis usaha berbeda.

Mesin Cutting Sticke Pabrikan Jepang

Mesin Cutting Sticker Roland

lapakrazi.com
lapakrazi.com

Bisa dibilang Roland merupakan mesin cutting Jepang pertama yang hadir di Indonesia. Para pengusaha di bidang percetakan yang sudah mencoba memakai mesin ini biasanya setia dan enggan ganti dengan merk lain. Harga mesin cutting sticker Rolan merupakan jenis mesin cuting sticker pabrikan Jepang yang paling tinggi harganya. Namun begitu, pastinya harga akan sebanding dengan kualitas bukan?

Bisa diibaratkan, membeli Roland sama saja berinvestasi untuk jangka panjang. Adapun beberapa kelebihan mesin cutting roland antara lain sebagai berikut:

  1. Dapat countur-cut.
  2. Dapat langsung memotong dari software Corel Draw.
  3. Didukung servo motor.
  4. Mata pisau yang mudah didapat.
  5. Mempunyai sensor sehingga bisa langsung memotong hasil print.
  6. Hasil cutting yang berkualitas dan presisi

Adapun kekurangan Roland dibandingkan jenis mesin cutting sticker yang lainyya adalah dari sisi harga. Memang harga mesin Roland ini lebih mahal dibandingkan kompetitornya.

Roland mempunyai dua tipe yakni Roland Camm-1 Pro Gx-500 dan Roland Camm-1 Gx-24. Mesin cutting sticker Roland Camm-1 Pro Gx-500 memiliki area potong 137.2 cm dengan harga Rp 46.000.000,-. Sedangkan mesin cutting sticker Roland Camm-1 Gx-24 mempunyai area potong 58.4 cm dengan harga Rp. 21.000.000,-.

Mesin Cutting Sticker Graphtec

lapakrazi.com
lapakrazi.com

Graphtec bisa dibilang salah satu mesin cutting berkualitas. Tadinya graphtec merupakan mesin cutting pabrikan Amerika namun kini sudah dibeli oleh perusahaan Jepang. Banyak sekali para pengusaha di Indonesia yang memakai Grapchtec dalam menjalankan bisnisnya. Bicara kualitas tidak perlu dipertanyakan lagi, bahkan ada yang bilang bahwa Graphtec lebih bagus kualitasnya dari pada Roland dan Mimaki.

Adapun kelebihan mesin cutting sticker Graphtec antara lain sebagai berikut

  1. Harga yang relatif murah di antara mesin Jepang lainnya.
  2. Automatic Panelling, yakni kemampuan untuk memisahkan gambar yang besar menjadi beberapa bagian.
  3. Bisa memotong font hingga berukuran 3 mm.
  4. Mempunyai fitur print and cut.
  5. Langsung bisa digunakan dari adobe ilustrator dan corel draw.
  6. Mempunyai sensor AMRS 5.0 yang lebih canggih dari sebelumnya dan berbagai kelebihan lainnya

Adapun untuk kekurangan mesin cutting sticker Graphtec sulit untuk dijelaskan. Mungkin kekurangannya memliki harga yang mahal jika dibandingkan dengan mesin buatan cina.

Graphtec mempunyai dua tipe, yakni Graphtec ce6000-120 dan Graphtec ce6000-60. Graphtec ce6000-120 mempunyai area potong yang lebih lebar yaitu 120cm dengan harga printer DTG Rp. 42.000.000,-. Sedangkan Graphtec ce6000-60 mempunyai area potong 60cm dengan harga Rp. 18.000.000,-.

Mesin Cutting Sticker Mimaki

lapakrazi.com
lapakrazi.com

Mesin Cutting Sticker pabrikan Jepang yang mempunyai kualitas sangat baik adalah Mimaki. Mesin ini bisa dibilang setara dengan Roland. Bahkan ada yang bilang bahwa kualitas Mimaki lebih bagus dibandingkan Roland. Selain itu, harga mesin ini lebih murah dibandingkan dengan mesin cutting sticker Roland. Jika ditinjau dari segi penampilan, Mimaki mempunyai desain yang kokoh serta elegan. Biasanya mesin cutting sticker Mimakai dipakai oleh percetakan yang lumayan besar.

Adapaun kelebihan mesin cutting sticker Mimaki antara lain sebagai berikut:

  1. Dapat memotong dengan kecepatan tinggi.
  2. Bisa countur-cut.
  3. Dapat langsung memotong dari software Corel Draw.
  4. Didukung servo motor.
  5. Bisa Print and Cut atau memotong bahan sesuai hasil print.
  6. Mempunyai kedalaman mata pisau atau force yang mencapai 500 gf, cocok untuk memotong jenis bahan yang agak tebal.
  7. Harga yang relatif lebih murah

Kekurangan dari mesin cutting sticker Mimaki adalah spare part yang luamayan mahal dibandingkan brand lainnya.

Mimaki mempunyai dua tipe, yakni Mimaki Cg-130sriii dan Mimaki Cg-60sriii. Mesin cutting sticker Mimaki Cg-130sriii memiliki area potong 137 cm sedangkan Mesin cutting sticker Mimaki Cg-60sriii mempunyai area potong 60,6 cm.

Lalu, Jika Minat Bisa Beli dimana?

Nah, jika anda berminat untuk mendapatkan mesin cutting sticker yang sudah dijelaskan di atas. lapakrazi.com menjual mesin cutting sticker yang berkualitas pabrikan Jepang. Inshaa Allah sepengetahuan saya, di sana cukup responsif dan pelayanannya sangat memuaskan dalam melayani pembeli.

Penutup

Demikian sedikit pembahasan tentang Mesin Cutting Sticker. Semoga bisa bermanfaat ya informasinya. Salam ^_^

Leave a Comment