Inspirasi

Mengenal Lebih Jauh Sosok Dewa Eka Prayoga

Dewa Eka Prayoga Profile Dewa eka prayoga

Pertama kali mendengar nama Dewa Eka Prayoga itu sekitar tahun 2012, dikenal sebagai seorang motivator dan juga seorang pengusaha muda, waktu itu saya ditawari oleh teman saya untuk mengikuti seminarnya, namun karena waktu itu bentrok dengan acara yang lain, jadi saya tak bisa mengikutinya.

Masih ditahun yang sama, menjelang akhir dari tahun 2012, beredar kabar bahwa kang Dewa telah ditipu oleh rekan bisnisnya, saya sendiri kurang begitu tau bagaimana kronologisnya, tak tanggung-tanggung, rekan bisnisnya itu membawa kabur uang senilai 7,7 Milyar, kerugian yang tak sedikit menurut saya bagi seroang pengusaha muda yang baru berusia 21 tahun.

Tak kurang dari 2 tahun pasca kebangkrutannya, kang Dewa telah bangkit kembali dan kini ia sedang memimpin dan menjalankan beberapa bisnisnya, diantaranya: Delta Saputra (Penerbitan), Maxima Advertising, Billionaire Coach yang semuanya dibawah naungan Billionaire Coorporation.

 

Awal Mula Kebangkitan

Dalam keadaan harus menanggung rugi sebesar 7,7 milyar, pastilah secara manusaiawi ada rasa putus asa pada diri kang dewa, sampai akhirnya pada sebuah kesempatan dalam suatu Training, Allah mempertemukan kang Dewa dengan pengusaha ternama pak Heppy Trenggono. kang Dewa termotivasi kisah pak Heppy yang juga pernah bangkrut dalam berbisnis. Mendengar cerita pengusaha sawit dan alat berat itu, ada strong way yang membuat spirit hidup kang Dewa bangkit.

”Saya anak tunggal yang tak memiliki ayah. Saya juga telah memutuskan menikah muda. Ibu dan istri saya tidak bekerja. Kalau tak berjuang sendiri, lalu pada siapa saya bergantung?” ujarnya ketika diwawancari sebuah surat harian ternama.

Ketika spirit itu hadir kembali, kang Dewa seolah mendapatkan petunjuk dari Allah. Sejumlah teman sesama pengusaha muda lantas menyarankan kang Dewa agar menuliskan pengalaman kegagalan bisnis tersebut ke dalamsebuah buku. Hanya dalam kurun waktu dua bulan, naskah buku berjudul 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula itu rampung. Akhirnya, buku tersebut terbit pada Juni 2013.

Buku itu merupakan karya kedua kang Dewa. Buku pertamanya mengenai motivasi yang berjudul ‘How to Get the Future’. Ditulis setahun sebelumnya dan diterbitkan penerbit mayor. Namun, untuk buku kedua tersebut, kang Dewa menempuh jalur penerbitan dan distribusi indie.

Kang Dewa memasarkan bukunya secara pre-order lewat media sosial dan jaringan pertemanan sesama entrepreneur. Insting berjualan yang tumbuh sejak lama membuat dia berhasil mendatangkan pembeli melalui pre-order.

 

Buku 7 Kesalhan fatal Pengusaha Pemula

Buku 7 Kesalhan fatal Pengusaha Pemula

 

Semakin dikenal Luas

Semenjak terbitnya buku kedua, nama Dewa Eka Prayoga semakin terkenal di kalangan para pengusaha muda, beda dengan buku pertama yang membahas mengenai motivasi, buku kedua lebih membahas tentang teknis, pola-pola kesalahan pengusaha fatal pengusaha pemula yang belum terungkap oleh pengusaha dan penulis lain, oleh kang Dewa semua terbongkar. Banyak pengusaha sukses senior yang memberikan testimoni bagus tentang bukunya, diantaranya: Jaya Setiabudi, Rangga umara, Merry riana, dan masih banyak lagi.

buku kedua Dewa

Salah Satu Testimoni Buku 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

 

Prinsip Bisnis Dewa Eka Prayoga

Saat membuka twitter, saya tak sengaja membaca kultweet kang Dewa Eka Prayoga tentang prinsip-prinsip bisnisnya, antara lain sebagai berikut:

  • Business is Wasilah (Jalan), tujuannya Lillah (Allah). Kalau bisnisnya menjauhkan kita dari-Nya, lebih baik jangan Bisnis aja.
  • Kalau profesi Karyawan atau Self Employed bisa semakin mendekatkan kita pada-Nya, lebih baik jadi profesi itu saja.
  • Pengusaha, Karyawan, Self Employed, SAMA SAJA. Tidak ada yang Lebih Mulia kecuali ketaqwaannya kepada-Nya.
  • Bukan soal Kekayaan, bukan soal Kesuksesan, tapi soal Kedekatan kita pada-Nya. Perbanyak Ibadahnya, Kurangi maksiatnya. #PrinsipBisnis
  • Bukan masalah Kaya dan Miskin, tapi masalah Lapang dan Sempit. Mirip, tapi beda makna. Itulah bahasa Langit.
  • Kaya & Miskin itu di harta, Lapang & Sempit itu di hati. Berbagi dlm Bisnis, jangan hanya berpatokan pada Harta, gunakanlah Hati.
  • Rezeki itu dari-Nya, bukan dari Buyer, bukan dari Customer. Kalau hubungan kita dengan-Nya bermasalah, rezekinya ya begitu-begitu saja.
  • Mindsetnya lurus, Bisnisnya diurus, tapi kalau hubungan sama Penciptanya nggak bagus , Rezekinya nggak akan mulus.
  • Bangkrut dalam Bisnis? Nggak masalah.. Itulah cara terbaik Allah untuk mendewasakan kita & mengingatkan kita kembali pada-Nya
  • Skenario Allah selalu indah pada waktunya, walaupun kita tidak pernah mengetahuinya. Tenang saja.

Walaupun omset bisnisnya sudah mencapai milyaran perbulan, namun beliau tetap low profile, terlihat dari gaya bicaranya ketika berseminar, tak mengada-ada, berbicara sesuai pengalaman. serta pembawaan materi baik dalam buku ataupun trainingnya yang tak ketinggalan membahas agama, itulah yang membuat saya kagum darinya.

Mungkin sedikit cerita dari saya tentang sosok Dewa Eka Prayoga, semoga bvermanfaat.

 

 

 

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>