Inspirasi

8 Manfaat dan Khasiat Semut Jepang untuk Kesehatan

jadisehat.net

Manfaat Semut Jepang – Semut adalah sejenis serangga yang bisa dengan mudah kamu jumpai di berbagai tempat. Misalnya di pintu, meja, atau yang paling sering di berbagai makanan yang mengandung gula.

Nah, diantara berbagai jenis semut yang ada, ternyata semut Jepang adalah jenis semut yang paling populer sampai saat ini. Mengapa seperti itu? Karena semut Jepang dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit.

Di Indonesia sendiri, banyak orang yang mengatakan bahwa semut bisa dimakan karena mempunyai manfaat tersendiri. Memang teori ini belum banyak yang bisa menjelaskan secara detail. Namun berbeda dengan teori semut Jepang yang bisa di makan.

Semut Jepang

gudangkesehatan.com

gudangkesehatan.com

Semut Jepang mempunyai julukan ‘Ari’. Masyarakat Jepang sendiri mempercayai bahwa semut ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tak heran mereka sering kali menjualnya kepada para wisatawan yang mampir ke negeri Sakura yang akan dijadikannya sebagai oleh-oleh.

Bentuk semut Jepang sendiri berbeda dengan semut yang ada di Indonesia. Kalau dilihat dari segi fisik, semut Jepang mempunyai bentuk yang lebih besar dan berisi. Sama seperti semut pada umumya, semut Jepang hidup secara berkelompok.

Spesies Semut Jepang

Sebenarnya semut Jepang mempunyai lebih dari 150 jenis. Adapun jenis-jenis dari semut Jepang diantaranya Losius Talpa’, ‘Stenamma Owatoni’, ‘Polyergus Samurai’, Pachyondyla Pilosior’, dan masih banyak yang lainnya.

Namun dari sekian banyak jenis semut Jepang tersebut, mereka mempunyai ciri yang sangat mirip. Jadi, susah sekali untuk membedakan antara jenis yang satu dengan jenis yang lainnya.

Manfaat Semut Jepang

Masyarakat Jepang sudah sangat hafal betul akan manfaat semut Jepang yang memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, mereka sering kali menjadikannya sebagai oleh-oleh negeri sakura yang dijual kepada para wisatawan.

Bicara tentang manfaatnya, dalam semut Jepang terkandung beberapa zat enzim yang bisa membantu mengobati atau menyembuhkan beberapa penyakit. Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Mengatur Kadar Kolesterol

sehatfresh.com

sehatfresh.com

Tubuh kita memang membutuhkan kolestrol. Namun kita juga jangan sampai terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung kolestrol. Contohnya seperti mengonsumsi makanan laut atau makanan bersantan. Nah, manfaat semut Jepang salah satunya adalah bisa membantu mengatur kadar kolestrol dalam tubuh,

2. Meringankan Penyakit Jantung

obatkelenjartiroid.com

obatkelenjartiroid.com

Perlu kamu ketahui, ternyata semut Jepang juga diyakini bisa meringankan penyakit jantung. Penyakit yang menyeramkan ini bisa menghilangkan nyawa seseorang secara tiba-tiba. Oleh karena itu, kamu harus menjaga betul kesehatanmu ya.

3. Meringankan Diabetes

aaj.tv

aaj.tv

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa “Di mana ada gula, di situ ada semut“. Yap, memang semut ini sering diidentikan dengan yang namanya gula. Namun tahukan kamu, ternyata semut Jepang dipercaya bisa mengatur jumlah gula dalam tubuh. Apalagi untuk mereka yang terserang diabetes, bisa menghilangkan gula dalam darah yang berlebihan.

4. Mengatur Tekanan Darah

satujam.com

satujam.com

Manfaat lain dari semut Jepang adalah bisa mengatur tekanan darah dalam tubuh. Dalam semut Jepang terkandung enzim yang bisa mengatur tekanan darah agar tetap normal. Karena jika tidak terkontrol, bisa mengakibatkan tekanan darah tnggi yang bisa mengundang penyakit-penyakit lainnya.

5. Memberi Tambahan Energi

solusisupersukses.com

solusisupersukses.com

Untuk kamu yang mempunyai aktivitas cukup padat, pastinya kamu memerlukan energi ekstra supaya kondisi badan kamu tetap terjaga. Nah, salah satu manfaat semut Jepang adalah bisa menjadi vitamin dalam tubuh yang menambah energi baik untuk pria atau wanita. Sehingga kekuatan dan stamina dalam tubuh juga akan bertambah.

6. Meringankan Penyakit Hati

dietdoctor.com

dietdoctor.com

Selain bisa memberi tambahan energi, manfaat semut Jepang yang lainnya adalah bisa meringankan penyakit hati seperti liver. Banyak yang meyakini, semut Jepang bisa meringankan penyakit hati ini atau setidaknya tidak membuatnya terlalu terasa sakit.

7. Mengatasi Penyakit Asam Urat

penyebabasamurat.com

penyebabasamurat.com

Seiring bertambahnya usia, banyak sekali orang dewasa yang mengalami penyakit asam urat. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh berbagai faktor, adapun yang paling sering adalah karena pola hidup yang kurang sehat.

Adapun manfaat semut Jepang dalam hal ini adalah bisa membuat penderita asam urat tidak terlalu mengalami rasa sakit di bagian sendi yang terkena asam urat.

8. Membantu Mengobati Stroke

medimoon.com

medimoon.com

Siapa sangka, semut Jepang juga mempunyai manfaat untuk membantu mengobati penyakit Stroke loh. Namun manfaat ini tergantung tingkat keseriusan penyakit Stroke itu sendiri. Jika Stroke sudah masuk ke dalam tingkatan tinggi, mungkin semut Jepang tidak bisa mengobatinya, melainkan hanya meringankan saja.

Dari berbagai manfaat yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya kamu terlebih dahulu melakukan pemeriksaan ke dokter mengenai penyakit yang diderita. Karena perlu kamu ketahui, semut Jepang ini digunakan sebagai pengobatan alternatif saja yang bisa kamu coba karena mempunyai zat enzim yang alami.

Efek Samping Semut Jepang

Hingga saat ini belum ada pihak manapun yang menjelaskan secara pasti mengenai efek samping yang ditimbulkan akibat mengonsumsi semut Jepang. Namun hal yang paling penting adalah kamu bisa mengetahui kondisi tubuhmu sendiri.

Lantas, bagaimana cara memperoleh semut Jepang? Kamu bisa memperolehnya dengan membeli secara langsung di para peternak semut Jepang atau membelinya dengan secara online di semutjepang.id .

Para penjual tersebut ada yang menjualnya secara langsung berupa semut Jepangnya namun ada juga yang menjualnya sudah berupa kapsul. Biasanya setiap kapsul berisi satu semut Jepang.

Bagaimana Cara Konsumsi Semut Jepang?

Jika kamu meminumnya dengan bentuk kapsul, maka ada beberapa takaran yang harus kamu tahu sesuai dengan tujuan pengkonsumsian semut Jepang itu sendiri.

Semut Jepang Untuk Stroke

Contohnya untuk mengobati penyakit Stroke, penderita bisa meminum kapsul sebanyak tiga kali yang setiap kapsulnya berisi 2 hingga 3 ekor semut Jepang.

Semut Jepang Untuk Diabetes

Untuk para penderita Diabetes, bisa mengonsumsi kapsul sebanyak dua kali sehari yang setiap kapsulnya berisi 2 hingga 3 ekor semut Jepang.

Semut Jepang untuk Menambah Energi

Sedangkan untuk tambahan energi, kamu cukup mengonsumsi dua kapsul di waktu pagi dan malam hari yang setiap kapsulnya berisi 1 hingga 2 ekor semut Jepang.

Cara Mengonsumi Semut Jepang

Cara mengonsumsi semut Jepang yang lainnya adalah dengan menggunakan bantuan buah-buahan. Contohnya seperti pepaya atau pisang.

Cara Pertama

Pertama-tama masukan semut Jepang ke dalam buah. Selanjutnya kunyah bersama buah supaya semut tidak terlalu terasa. Nah, cara konsumsi seperti ini bisa dipakai jika kamu tidak ingin mengonsumsi kapsul yang terbuat dari rumput laut. Kelebihannya adalah semut bisa lebih cepat hancur karena sebelumnya sudah dikunyah terlebih dahulu.

Cara Kedua

Jika kamu kurang menyukai cara mengonsumsi semut Jepang dengan kapsul atau buah, mungkin cara yang satu ini bisa kamu coba. Adapun caranya adalah dengan menyeduh semut Jepang dengan air hangat.

Masukan semut Jepang ke dalam gelas, kemudian seduh dengan air panas dan tunggu beberapa menit hingga air menjadi agak dingin. Namun jika kamu memakai cara ini, semut Jepang akan sangat terasa ketika sedang ditelan masuk ke dalam perut.

Memang semut Jepang dipercaya bisa dijadikan pengobatan alternatif untuk beberapa penyakit. Namun sedikit saran untuk kamu yang ingin mengonsumsi semut Jepang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ahli apakah tubuh kamu cocok atau tidak untuk mengonsumsi semut Jepang.

Baca Juga Artikel lainnya >> Huruf Hiragana

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>