Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Kamu

Banyak orang yang mengira bahwa menangis itu merupakan pekerjaan yang tak ada gunanya, hanya membuang waktu saja. Tapi tahukah kamu? Ternyata dibalik butiran air mata akibat tangisan itu terdapat berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat-manfaat yang bisa kita dapat ketika menangis? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Membantu Penglihatan Mata

Siapa yang tak menyangka, air mata yang keluar dari mata akibat menangis itu bisa membantu penglihatan mata kita. Mungkin kamu bertanya mengapa itu bisa terjadi? Ternyata di dalam air mata terdapat sebuah cairan yang biasa disebut dengan lisozom, cairan ini terbukti menjadi anti bakteri alami bagi mata kita. Selain itu, kelembaban mata pun bisa terangkat sehingga bisa mengurangi resiko pandangan yang mudah pudar. Intinya, menangis dapat membantu kekuatan visual kita.

2. Membunuh Bakteri

Kamu tidak perlu repot-repot mencari obat tetes air mata untuk menjaga kesehatan matamu, cukup dengan sering menangis bakteri-bakteri yang ada di mata akan terbunuh dengan sendirinya. Ini disebabkan karena di dalam air mata terkandung suatu cairan yang bernama lisozom, cairan ini bisa membunuh bakteri sekitar 90%-95%.

3. Meningkatkan Mood

Ketika seseorang menangis, maka level depresi pikirannya akan turun dan mood nya akan meningkat. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena air mata yang keluar akibat menangis emosional itu mengandung sekitar 23% zat protein albumin yang bermanfaat untuk meregulasi sistem metabolisme dalam tubuh.

4. Mengeluarkan Racun

Wiliiam Frey adalah seorang ahli biokimia, telah melakukan beberapa studi kasus tentang air mata. Dia menemukan ternyata air mata yang keluar karena menangis itu mengansung zat emosional yang mengandung racun. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena air mata yang beracun ini menandakan bahwa racun di dalam tubuh itu telah keluar bersama air mata.

5. Mengurangi Stress

Endorphin Leucine Enkaphlin dan Proctalin merupakan hormon stress yang terdapat dalam tubuh. Ketika seseorang menangis, ternyata air mata mengeluarkan hormon itu. Selain bisa mengurangi level stress, air mata ternyata bisa membantu mengobati penyakit-penyakit akibat stress. Diantaranya seperti tekanan darah tinggi.

6. Melegakan Perasaan

Walaupun sedang dilanda berbagai permasalahan yang berat sehingga membuat kamu menangis, namun coba rasakan perasaan setelahnya, malah lebih lega bukan? Ini dikarenakan seseorang yang sudah menangis, akan membuat jantung, otak serta sistim limbik berjalan lebih lancar, sehingga membuat perasaan menjadi lebih lega. Selain itu, dengan menangis pun merupakan salah satu cara untuk menenangkan hati.

7. Menyehatkan Hidung

Tahukah kamu menangis itu mempunyai manfaat untuk kesehatan? Sinuitis atau disebut juga radang sinus adalah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Peradangan ini dapat menyebabkan proses transisi udara pada hidung akan terganggu disebabkan oleh proses pengaturan kelembaban hidung yang tidak berjalan normal.

Rasa sesak pada bagian kepala, rasa nyeri diseluruh wajah hingga menyebabkan bengkak, serta perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan, itu semua merupakan gejala yang akan dialami oleh penderita radang sinus. Dan ternyata cara alternatif untuk mengobati penyakit ini cukup mudah, salah satunya dengan cara menangis.

Leave a Comment