Inspirasi

Manfaat Menakjubkan Air Kelapa untuk Ibu Hamil

drinkbai.com

Selain segar dan dapat menghilangkan rasa haus, ternyata air kelapa juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Itulah mengapa banyak ahli yang menyarankan konsumsi rutin air kelapa bagi ibu yang sedang hamil.

Sekarang ini banyak ditemukan minuman kemasan yang menumpang nama ‘air kelapa’ dan mengklaim dirinya sebagai minuman hidrasi yang baik. Sebaiknya hati-hati sebelum membeli, jangan sampai Anda keliru membeli minuman dengan rasa air kelapa. Ingat, yang harus Anda beli adalah air kelapa asli.

Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Kenapa Air Kelapa Bermanfaat untuk Ibu Hamil?

Selama masa kehamilan, Ibu membutuhkan banyak nutrisi yang tepat guna membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Air kelapa memiliki sejumlah manfaat yang dibutuhkan ibu dan janin, apa sajakah manfaat itu?

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu zat yang terkandung dalam air kelapa adalah asam laurat. Asam laurat adalah antijamur, antiviral dan antibakter yang baik. Asam Laurat dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan berbagai virus yang datang seperti flu dan herpes.

Asam laurat juga sangat berguna ketika menyusui kelak. Kandungan Asam laurat dapat membantu jabang bayi terhindar dari berbagai penyakit dan infeksi.

Membantu Mengurangi Kelelahan

Ibu hamil biasanya lebih sering merasa lelah dan mengalami dehidrasi. Karena itu air kelapa yang mengandung elektrolit merupakan pilihan tepat. Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa dapat menggantikan cairan pada tubuh yang hilang, sehingga ibu dapat terhindar lagi dehidrasi.

Selain itu air kelapa juga mengandung beberapa jenis garam alami seperti klorida, potasium dan sodium yang bermanfaat bagi tubuh.

drinkbai.com

Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Tubuh ibu hamil mengalami beberapa perubahan hormon dan juga perkembangan rahim yang berakibat pada tertekannya kantung kemih. Hal ini membuat ibu hamil sulit kencing. Karena air kelapa merupakan diuretik alami, ia dapat membuat kencing lebih mudah sekaligus mencegah terjaidnya infeksi pada saluran kencing pada ibu hamil. Selain itu, beberapa wanita juga merasakan manfaat dari meminum air kelapa yang membantunya mengatasi masalah infeksi saluran kemih.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Rasa pegal dan nyeri yang dirasakan oleh ibu hamil karena membawa beban besar di perutnya dapat diatasi oleh air kelapa. Rasa pegal dan nyeri biasanya disebabkan oleh tidak optimalnya sirkulasi dalam darah.

Jika ini terus terjadi maka janin beresiko kekurangan oksigen. Disinilah pentingnya peran air kelapa yang mengandung potasium dan magnesium yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Potasium juga berfungsi untuk membuat syaraf bekerja, ginjal menyaring darah dan otot untuk bergerak.

Rekomendasi artikel: Solusi atasi kemandulan dengan Madu Penyubur Kandungan

Mengatasi Konstipasi

Selain dapat melancarkan buang air kecil, air kelapa juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Bagi ibu hamil yang mengalami konstipasi atau sulit buang air besar dapat mencoba mengkonsumsi air kelapa secara rutin.

Hal yang Harus Anda Ingat Sebelum Mengkonsumsi Air Kelapa

Air kelapa memang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai mengkonsumsinya:

Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi air kelapa. Walaupun banyak manfaatnya, air kelapa tetap tidak bisa menggantikan porsi air putih dalam kehidupan.

Pastikan jika air kelapa yang akan Anda konsumsi berasal langsung dari kelapa muda yang masih segar. Disarankan untuk memastikan sendiri proses pemotongan kelapa agar tidak terjadi kekeliruan.

Sebaiknya mengkonsumsi air kelapa muda segera setelah selesai di potong. Agar nutrisi dan kandungan di dalamnya masih terjaga.

Jangan langsung meminum air kelapa dalam jumlah besar. Coba dulu minum sedikit, jika tidak suka atau terasa tidak nyaman, langsung hentikan.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan oleh air kelapa, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai beralih mengkonsumsi air kelapa dibanding kopi dan minuman lainnya.

Demikian ulasan mengenai manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

 

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>