Contoh hasil seni kerajinan makrame

Inilah Pengertian Seni kerajinan Makrame Dan Cara Membuatnya

Pengertian Seni Kerajinan Makrame

Seni Kerjainan Makrame adalah seni kerajinan yang memanfaatkan tali dan benang untuk menciptakan aneka ragam aksesoris dan produk. Seni ini juga maerupakan salah satu contoh seni rupa terapan.

Awalnya kerajinan ini bermula dari teknik tali temali yang berhubungan dengan ikat dan simpul menyimpul yang kebanyakan dikerjakan oleh para pelaut diwaktu senggang. Mereka mencoba membuat berbagai akseseoris dan berbagai barang yang memanfaatkan tali di sekitar mereka. Selain itu mereka juga ada yang serius memanfaatkan makrame bukan hanya pekerjaan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang saja.

Secara umum bisa disimpulkan seni kerajinan Makrame adalah suatu bentuk seni kerajinan simpul-menyimpul yang pembuiatannya dengan cara digarap menggunakan rangkaian benang awal dan akhir sebuah hasil tenunan, dengan menciptakan banyak simpul pada rantai benang itu sehinga terbentuk berbagai jumbai dan rumbai.

Namun hal yang harus diperhatikan, hasil akhir dari rangkaian itu dapat berbeda-beda. Hasil dari teknik seni ini bermacam-macam, diantaranya gelang tangan, tali ikat pinggang, tas tangan unik, kalung, tali kaca mata, hiasan dinding dan masih banyak yang lainnya.

Simpul-simpul Dasar Dalam Pembuatan Seni Kerajinan Makrame

Jika kamu ingin menguasi teknik seni kerajinan ini, maka kamu harus memahami beberapa simpul dasar terlebih dahulu. Hal yang harus diperhatikan, sebelum kamu akan berlatih menyimpul, terlebih dahulu siapkan tali yang ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan. Usahakan tali yang dipakai bersifatlentur dan tidak kaku. Di bawah ini ada beberapa simpul dasar yang bisa kamu pelajari agar bisa memahami bentuk-bentuk seni kerajinan ini.

1. Simpul Kepala

Simpul kepala Seni Kerajinan Makrame
kerajinan-baru.blogspot.com

Untuk jenis simpul ini diperlukan tali yang bisa direntangkan sebagai tempat menyimpulkan simpul kepala. Kamu dapat membuat simpul-simpul ini berulang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

2. Simpul Rantai

Simpul Rantai dalam seni makrame
kerajinan-baru.blogspot.com

Untuk simpul ini tali-tali itu membentuk sebuah rantai.

3. Simpul Mati

Simpul Mati harus diketahui dalam pembuan atseni makrame
kerajinan-baru.blogspot.com

Cangreud Mulang adalah sebutan simpul mati dalam bahasa sunda, sedangkan Tali Sorong merupakan sebutan dari istilah simpul hidup. Disebut simpul mati karena ikatannya sangat kuat sehingga susah dibuka, sedangkan disebut simpul hidup karena ikatannya sama lumayan kuat, namun sangat mudah untuk dibuka.

4. Simpul Tunggal

Simpul Tangga terlihat seperti tangga
kerajinan-baru.blogspot.com

Hasil dari simpul ini akan terlihat seperti tangga. Desain bentuk dapat diputar ke kanan atau ke kiri. Lakukan percobaan terus menerus agar dapat menghasilkan sesuai keinginanmu.

5. Simpul Ganda

Cara membuat simpul ganda ini cukup mudah, yaitu cukup menyediakan dua utas tali yang warnanya berbeda, supaya jalinan kedua utas tali itu terlihat jelas.

Di bawah ini kamu bisa melihat variasi simpul ganda, sedangkan pada gambar yang paling bawah kamu bisa melihat gabungan antara dua macam simpul.

Simpul ganda tanpa gabungan
kerajinan-baru.blogspot.com
Gabungan dua simpul ganda yang disatukan
kerajinan-baru.blogspot.com

6. Simpul Gordin

simpul gordin merupakan deretan simpul yang menyerupai garis.
kerajinan-baru.blogspot.com
Berbagai macam bentuk simpul gordin
kerajinan-baru.blogspot.com

Simpul ini merupakan rangkaian simpul yang nyaris menyerupai garis bergandengan dan terputus-putus. Di buat untuk membuat variasi ikatan. Simpul ini dapat di bentuk dalam berbagai macam variasi, contohnya: diagonal, horizontal dan vertikal. Manfaat simpul diperuntukkan untuk bisa membentuk suatu variasi ikatan dalam membuat tirai, partisi ruang atau gordin.

Metode dan Cara Pembuatan Seni Kerajinan Makrame

Jika di atas kamu telah mengetahui simpul-simpul dasar untuk bisa memahami seni makrame, nah berikutnya kami akan membehu metode-metode apa saja untuk membuat seni kerajinan makrame. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Metode 1. Membuat Dasar Makrame

a. Carilah benda yang dapat digunakan sebagai penumpu.

Cari benda sebagai penumpu dasar makrame
id.wikihow.com

Benda ini biasanya berupa cincin atau barang horizontal. Walaupun makrame di desain permanen pada penumpunya, alangkah baiknya jika kamu memakai pensil untuk berlatih. Kamu tidak boleh menggunakan penumpu dan menguntai tali pada sebuah bidang datar, namun pastikan tali tetap teruntai dan selaras dengan bidang tersebut. Jika kamu ingin membuat gelang atau kalung, gunakan penarik atau penyambung sebagai tumpuan. Jika bisa terulur, berarti dapat digunakan.

b. Mulailah mengikat simpul jangkar.

Mengikat Simpul Jangkar dengan tali makrame
id.wikihow.com

Posisikan tali pada atas jangkar lalu tekuklah. Ini merupakan cara yang lazim untuk memulai dan membuat seni makrame. Kamu bisa mendapatkan tali untuk membuat makrame di toko perlengkapan kerajinan. Tali ini mempunyai bahan yang bagus, tetapi seni makrame terdapat pada pembentukan simpulnya. Jika tidak ada tali, kamu juga bisa menggunakan tambang sebagai alternatif pengganti tali.

c. Masukkan sisa panjang tali melewati lingkaran itu. Tarik sisa panjang tali dari satu sisi menuju sisi lainnya agar lebih mudah.

Masukkan sisa panjang tali ke dalam sebuah lingkaran tersebut
id.wikihow.com

d. Tarik ke arah bawah pelan-pelan untuk merapikan simpul dan akhirnya simpul jangkar pun selesai.

Tariklah sebuah simpulan tali tersebut perlahan-lahan
id.wikihow.com

Inilah teknik dasar yang bisa dipakai untuk memulai pembuatan apapun, dengan catatan beberapa variasi standar yaitu:

  • Setidaknya ada empat utas tali yang dibutuhkan untuk suatu pembuatan makrame. Akan tetapi jika dalam konisi ini, buat simpul jangkar di dalam simpul jangkar lainnya atau buat dua simpul jangkar bersebelahan.

  • Gunakan pola warna untuk dua simpul jangkar yang berseblahan. Contohnya biru-biru-merah-merah. Tali biru-merah di bagian tengah akan menjadi jangkar tali. Biru akan menjadi bagian kanan yang akan kamu kerjakan, sedangkn merah akan menjadi bagian kiri. Dengan begitu, warna-wara pada tali itu akan berbeda.

  • Pola warnanya merah-biru-biru-merah, digunakan untuk simpul jangkar yang berada di dalam simpul jangkar yang ukurannya jauh lebih besar. Tali merah akan menjadi simpulnya, sedangkan tali biru akan menjadi jangkar tali. Dengan begitu, warna yang dihasilkan akan sama.

Metode 2. Mengikat Simpul Mati

a.  Silangkan tali sebelah kanan ke sebelah kiri.

Menyilangkan tali simpulan dari kanan ke kiri
id.wikihow.com

Kamu juga bisa memulainya dengan menyilangkan tali sebelah kiri. Tali manapun yang akan kamu pilih, hasilnya akan tetap sama yaitu simpul mati. Ini merupakan simpul dasar yang sering ditemukan dalam pembuatan seni makrame. Jika kamu ingin membuat seni makrame, maka inilah simpul pertama yang harus kamu kuasai.

b. Masukkan tali yang sebelah kiri melalui lingkaran yang terbentuk oleh tali sebelah kanan. Sebenarnya hal ini sama dengan cara mengikat sepatu.

Tali simpul mati dimasukkan dalam sebuah lingkaran
id.wikihow.com

c. Rapikan simpul.

Tariklah dengan erat tali simpul mati
id.wikihow.com

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah menarik dengan sama kedua bagian tali agar simpul berada di tengah. Jiki kamu berhenti sampai di sini, kamu akan mendapatkan setengah simpul belitan. Dan jika kamu mengulanginya terus menerus, maka hasil yang di dapat adalah rangkaian spiral.

d. Silangkan tali dari sebelah kiri ke sebelah kanan. Maksudnya, jika kamu memulainya dari simpul sebelah kanan, maka pola yang di dapat adalah kanan, kiri, kanan, kiri dan seterusnya.

id.wikihow.com

e. Masukkan tali sebelah kanan melalui lingkaran yang terbentuk oleh tali yang sebelah kiri. Perlu diingatkan, simpul sederhana ini dimulai dari sisi yang lainnya.

id.wikihow.com

f. Rapikan lagi simpulnya.

Rapikan simpul mati tali putih
id.wikihow.com

g. Ulangi pola ini semau kamu. Rangkaian simpul ini disebut dengan “sennit”. Lalu berapa panjang sennit yang kamu inginkan?

id.wikihow.com

Simpul pipih ganda merupakan variasi dari simpul mati. Diperulkan empat buah tali untuk membuat simpul ini. Dalam pembuatannya, mulailah dengan tali terluar dan buat simpul mati seperti biasa. Kemudian, ambil jangkar tali dan buatlah simpul mati disekitar simpul luar. Sisakan sedikit ruang diantara kedua simpul agar nampak pola selang seling yang menarik. Semakin banyak tali yang digunakan, maka semakin menarik pula bentuknya.

Metode 3. Mengikat Simpul tak Beraturan.

a. Lingkarkan tali dua menuju tali satu.

Melingkarkan tali simpul tak beraturan berlawanan arah jarum jam
id.wikihow.com

Untuk simpul ini kamu hanya membutuhkan dua tali. Tali satu dibagian kanan berguna sebagai “Tali Pemegang”. Dan tali dua harus diputar berlawanan arah jarum jam. Setelah itu genggam tali kedua, dan lingkarkan ke bawah tali pemegang. Lalu lingkarkan kepada tali itu sendiri. Hal ini akan membetuk ikatan pertama.

b. Lingkarkan tali pemegang terhadap tali dua.

id.wikihow.com

Untuk melakukan hal ini, kamu harus bergerak melawan arah jarum jam. Lingkarkan ke bawah, atas, dan ke bawahnya lagi dengan posisi akhir tali berada di kali.

c. Ulangi sampai panjang yang kamu inginkan.

id.wikihow.com

Hal ini adalah dasar dari simpul yang tak beraturan. Memang hal ini nampak sederhana, namun dengan mengetahui hal ini kamu bisa membuat lebih banyak simpul.

Metode 4. Mengikat Simpul Josephine

a. Buat lingkaran dengan tali terluar sebelah kiri kamu.

id.wikihow.com

Cukup lingkarkan ke tali itu sendiri, jangan ke yang lain. Ujung atas tali harus berada di atas ujung bawah tali, tidak lebih. Dan lingkaran tali itu sendiri harus berada di sisi sebelah kanan.

b. Ambil tali dari sebelah kanan lalu silangkan di atas lingkaran tali tersebut. kemudian, ambil ujungnya dan masukkan lewat bagian bawah lingkaran tali itu.

id.wikihow.com

c. Taruh tali 2 pada bagian atas lingkaran tali.

id.wikihow.com

Perlu diperhatikan, jangan menaruh pada lingkaran tali, namun hanya pada bagian atasnya saja yang tidak terlingkar. Kemudian, taruh di bawah bagian atas lingkaran tali, baik terhadap tali itu sendiri ataupun pada bagian bawah lingkaran tali.

d. Setelah itu, langkah terakhir yaitu kencangkan kedua sisinya. Buatlah dengan empat tali agar terlihat lebih menarik.

Metode 5. Menggunakan Manik-manik, dan lain-lain.

a. Bentuk kaitan.

id.wikihow.com

Jika kamu membuat gelang atau kalung, kamu membutuhkan sesuatu yang dapat dipakai untuk mengaitkannya. Hal yang paling sederhana adalah membuat kancing. Dalam membuat kancing, ada dua hal yang perlu dipikirkan, yaitu pada bagian awal dan bagian akhir.

Untuk bagian awal, kamu jangan dulu mengikatkan tali pada simpul jangkar. Agar bisa menggeser kancing atau manik-manik kamu harus menyisakan ruang terlebih dahulu. Sedang untuk bagian akhir, kamu cukup menambahkan benda pada seluruh bagian tali, kemudian ikat dengan sampul dan tambah sedikit lem agar lebih aman. Setelah itu, potong bagian yang tersisa lalu geserkanlah pada ruang yang kamu sisakan tadi.

b. Tambahkan hiasan.

id.wikihow.com

Meskipun makrame sudah terlihat indah, namun jika kamu menambahkan perhiasan pasti akan membuatnya semakin menarik dan indah. Contohnya kamu bisa menambahkan manik-manik sebagai pelengkapnya. Berikut cara menambahkan perhiasan pada makrame.

  • Gunakan simpul mati, lalu yang kamu butuhkan adalah empat tali yang akan ditambahkan manik-manik. Kemudian geserkan manik-manik ke dalam dua tali di tengah lalu ikatkan dengan simpul mati.

  • Gunakan manik-manik sebagai tumpuan. Lalu buat simpul dengan dua arah yang berbeda. Dengan dua set tali, buat simpul semau kamu dan ketika sudah selesai maka ikatkanlah keduanya secara bersama-sama.

c. Membuat kaitan yang bisa digeser.

id.wikihow.com

Membuat sebuah gelang yang dapat kamu pakai dan lepas dengan sangat mudah sepertinya terlihat susah, namun sebenarnya hal itu sangatlah muda. Cara membuanya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, kamu harus membuat simpul dengan panjang tertentu dari tali kemudian tumpangkan pada lingkaran. Lalu ambil sisa pangjang tali kira-kira sepanjang 10 cm dan buatlah simpul mati pada masing-masing ujung tali.

  • Setelah membuat simpul mati, masukkkan ujung tali melalui belakang penutupnya. Dengan bantuan jarum kamu bisa menyelesaikannya dengan lebih mudah. Panjang dari simpul mati membuat ujungnya akan tetap bersama dan dapat digeserkan ke atas dan ke bawah.

Metode 6. Menjaga Uraian

a. Kumpulkan ujung-ujung tali terlebih dahulu.

id.wikihow.com

Agar tidak kusut dan rusak saat dikumpulkan, kamu bisa mengikatkan ujung-ujung tali terlebih dahulu. Di mulai dari ujung bawah tali, kamu dapat melingkarkan tali pada ujung ibu jari kamu. Kemudian silangkan di atas telapak tangan dengan melingkarkan tali itu pada kelingking.

b. Ulangi cara tersebut sampai kamu mendapatkan ujung tali. Teruslah membuat angka 8 sampai ujung tali.

id.wikihow.com

c. Ikatkan tali yang sudah dikumpulkan tadi. Gunakan tali tambahan agar lebih mudah dalam pengerjaannya.

id.wikihow.com

Tips

Akhirnya kita telah mengetahui pengertian dan metode serta cara pembuatan makrame. Nah, kali ini kami akan memberikan tips seputar pembuatan makrame.

  1. Cara yang paling baik untuk membuat gantungan kunci adalah membuat simpul kepala.
  2. Pilihlah pola yang sederhana jika kamu baru pertama kali membuatnya. Mungkin membuat gelang atau gantungan kunci adalah hal yang pas bagi seorang pemula. Bagi tingkat menengah mungkin membuat hiasan burung hantu atau tanaman adalah hal yang pas untuk dilakukan. Sedangkan bagi yang sudah mahir, adalah membuat hiasan tempat tidur, kursi atau dompet.
    designby.vitarlenology.net
    kiraraonline.com

    diansispayani.blogspot.com
  3. Untuk pembuatan pertama, ada baiknya kamu membeli tali khusus makrame. Sedangkan jika sudah mahir dalam membuat simpul kamu bisa menggunakan jenis tali yang lainnya.

—–

Mau tau info peluang usaha menarik? Silahkan klik di sini.

7 thoughts on “Inilah Pengertian Seni kerajinan Makrame Dan Cara Membuatnya

  1. Mohon ijinnya ya saya copy. Lagi nyari info apa itu makrame, soale ada di materi prakarya smu/k kelas x dan xi. Saya jd tau lebih detil lagi. Saya bisanya rajut. yang ini juga pengin belajar suatu saat . thanks ya Mas.

  2. Terima kasih bayak ya pak atas infonya bagi kita semua.Bagi saya bermanfaat sekali bagi perkembangan tangan saya

  3. Terima kasih pk ,ilmu cara ternik makrame ini,saya juga mau mencoba untuk Keterampilan Tangan yg indah dan bermanfaat ini

Leave a Comment