Inilah Pengertian Dan Contoh Karya Seni Rupa Murni

Seni merupakan hasil imajinasi yang di ekspresikan oleh seorang manusia. Di dalamnya terkandung nilai estetika. Seni rupa sendiri adalah cabang dari macam-macam seni yang ada. Seni ini bisa dirasakan oleh rabaan dan bisa tertangkap oleh penglihatan. Karya seni rupa terbentuk dengan mengolah konsep bidang, bentuk, garis, tekstur, warna, serta volume. Lukisan Abstrak termasuk dalam salah satu bagian dari seni rupa juga.

Seni rupa terdiri dari berbagai jenis, tergantung dilihat dari sudut pandangnya. Jika dilihat dari fungsinya, seni rupa terbagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan terapan. Berdasarkan segi wujud dan bentuknya, terbagi menjadi dua juga yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Seni ini dibuat semata-mata untuk memberikan kepuasan batin kepada pembuatnya. Sehingga seni ini lebih mengedepankan nilai estetika dari pada nilai guna. Dalam menciptakan seni rupa, pembuat sering tidak mempertimbangkan fungsinya sehingga dia sering bebas memilih apa yang akan dibuat sesuka hatinya.

Pengertian Seni Rupa Murni

Definisi dari seni rupa murni adalah seni yang tidak terlalu mempertimbangkan nilai fungsinya tetapi hanya untuk dinikmati nilai estetikanya. Sehingga jika sudah selesai dibuat, biasanya dipakai untuk dijadikan pajangan atau hiasan.

Baca juga: Pengetian Seni Menurut Para Ahli

Contoh Seni Rupa Murni

Dibawah ini, ada beberapa cabang atau contoh seni rupa murni yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

1. Lukisan

contoh seni rupa dua dimensi
brainriau.com

Lukisan merupakan salah satu contoh seni rupa murni dua dimensi yang dibuat dalam media lukis (kertas, kanvas, dll) dengan menggunakan alat lukis seperti pensil, kuas, cat, dan lain sebagainya. Lukisan mempunyai nilai keindahan dan estetika yang tinggi, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Oleh karena itu, tidak sedikit kolektor lukisan yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak demi mendapatkan lukisan yang diinginkannya.

2. Patung

tempatwisatadisingapore2.blogspot.com

Salah satu contoh seni rupa murni tiga dimensi adalah patung. Dibuat dengan teknik tertentu berdasarkan alat serta media yang digunakan. Biasanya patung dicipatakan dengan cara membuat objek dari suatu bahan seperti tanah, batu alam, logam, dan masih banyak yang lainnya. Hasil karya seni rupa murni dua dimensi ini sudah ada sejak dulu dan bisa ditemukan diberbagai belahan bumi. Salah satu bukti bahwa patung sudah ada sejak dulu bisa dilihat dari banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah.

3. Grafis

wisnujadmika.wordpress.com
wisnujadmika.wordpress.com

Sama dengan lukisan, seni grafis merupakan seni rupa dua dimensi. Dalam pembuatannya kebanyakan menggunakan teknik cetak baik modern yang menggunakan teknologi canggih atau konvensional. Beberapa teknik itu adalah Collograph, Etsa, Monotype, Cukil kayu, Sablon dan masih banyak yang lainnya.

4. Mozaik

smartauladi.wordpress.com

Mozaik adalah seni merangkai potongan atau pecahan kecil menjadi suatu bentuk yang sangat indah. Dalam membuat mozaik umumnys menggunakan keramik, pecahan batu, dan masih banyak yang lainnya. Seni mozaik ini sendiri sudah ada sejak zaman Romawi kuno, hal ini dapat terlihat dari bangunan-bangunan peninggalan zaman dulu.

5. Ukiran

infobisnisproperti.com

Ukiran adalah seni memahat kayu ataupun batu menjadi suatu bentuk karya seni yang indah. Seni ukir umumya berbentuk tumbuhan dan hewan. Selain masuk dalam seni murni, ada juga bentuk-bentuk ukiran yang masuk dalam seni terapan.

6. Relief

wikimedia.org

Relief adalah gambar lukisan yang berbentuk 3 dimensi (trimatra) yang dibuat diatas bidang berbentuk dua dimensi (dwimatra). Kita bisa temui relief di tempat-tempat bersejarah seperti candi, aspark dan lain sebagainya.

7. Kaligrafi

Kaligrafi merupakan contoh dari kaligrafi yang juga merupakan bagian dari dua dimensi
qolbunhadi.com

Kaligrafi adalah seni menulis dengan rangkaian kata atau kalimat indah yang ditulis pada media seperti kertas, batu, kayu dan yang lainnya. Kaligrafi pada umumnya sering menggunakan tulisan arab sebagau media tulisannya. Namun tak jarang juga ada orang yang menggunakan tulisan latin dalam media tulisannya. Salah satu contoh kaligrafi adalah kaligrafi kufi.

8. Seni Fotografi

trikfotografi.com

Seni Fotografi adalah karya seni foto yang didapat dari proses melukis dengan cahaya yang menggunakan alat yaitu kamera. Aset yang paling penting dalam seni Fotografi ini adalah Mata.

9. Seni Koreografi

zuhudrozaki.wordpress.com

Seni Film adalah seni yang mengubah atau menciptakan sebyag tariab atau gerakan lainnya yang utuh sehingga dapat dinikmati oleh yang melihatnya.

10. Seni Film

gmacfilm.com

Sebi film atau yamng sering disebut sinematografi adalah karya seni yang didapatkan dari orang atau benda (termasuk fantasi dan figur palsu) dengan dengan kamera atau olah animasi.

11. Seni Keramik

wikimedia.org

Seni keramik adalah cabang seni rupa murni yang berbentuk 3 dimensi. Selain itu, seni keramik juga masuk dalam contoh seni rupa terapan. Tetapi, ada beberapa karya yang jika dilihat itu termasuk dalam seni rupa murni.

Seni Rupa Terapan

Jika seni rupa murni tidak terlalu memperhatikan nilai fungsinya, nah kalau seni rupa terapan itu kebalikannya. Seni rupa terapan sangat memperhatikan nilai fungsinya dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Walupun tidak terlalu memperhatikan nilai estetikanya, namun seni rupa terapan juga tak kalah indahnya dengan seni rupa murni. Karena nilai fungsi lebih diutamakan dalam seni ni, biasanya mengakibatkan para seniman tidak bebas memgekspresikan imajinasinya dikarenakan seni ini lebih mengutamakan nilai guna. berikut ada penjelasan mengenai jenis seni rupa terapan diantaranya adalah seni arsitektur dan seni kriya.

1. Seni Arsitektur

Seni Arsitektur sangat mengutamakan nilai guna. Namun sering juga disebut sebagai seni bangunan atau desain arsitektur. Pada mulanya seni ini merupakan bagian dari seni rupa, namun karena kekhusuan yang dimilikinya seringkali seni ini dikelompokkan tersendiri dalam seni arsitektur. Dari Sabang sampai Merauke banyak sekali peninggalan seni arsitektur (bangunan) yang mengagumkan, banyak sekali bentuknya. Umumnya bangunan itu dibuat berdasarkan gagasan atau ide yang bersumber dari kebudayaan masing-masing.

2. Seni Kriya

Merupakan karya seni yang menitik-beratkan pada keterampilan tangan (Handmade) dan mengutamakan nilai guna, biasanya bahan yang digunakan adalah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan sekitar. Salah satu fungsi dari seni kriya adalah bisa dijadikan sebagai hiasan, benda terapan (siap pakai), serta benda mainan.

2 thoughts on “Inilah Pengertian Dan Contoh Karya Seni Rupa Murni

Leave a Comment