Inilah Daftar Tempat Wisata Di Sumedang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Daerah Sumedang merupakan sebuah daerah yang terkenal akan makanan khasnya yaitu tahu sumedang. Makanan ini sering disukai para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh sepulang berlibur di daerah Sumedang. Kabupaten dan Kota Sumedang dikelilingi oleh banyak kota serta kabupaten. Di utara dengan kota Indramayu, Di selatan dengan Garut, Di Timur dengan Majalengka, serta di barat dengan Bandung dan Subang.

Potensi wisata di sumedang cukup besar, mengingat daerah ini berbatasan dengan daerah yang juga sering dijadikan tempat wisata seperti Bandung. Banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Sumedang, baik wisata alam maupun wisata budaya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa objek wisata populer dan terkenal di Sumedang yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

1. Curug Sindulang

budaya-indonesia.org

Curug Sindulang merupakan sebuah curug kembar yang mempunyai ketinggian sekitar 30 meter, memiliki pemadangan yang asri serta hawa yang sejuk menjadikan curug ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sumedang. Curug Sindulang terletak di Desa Sindulang dan merupakan tempat wisata yang menjadi tempat perbatasan antara Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Bandung.

Meskipun curug ini terletak diantara dua kabupaten, tetapi secara administratif curug ini termasuk ke Kabupaten Sumedang. Untuk menuju curug ini, kamu bisa melewati Jalan Cijalengka (Bandung). Curug inipun mempunyai panorama alam yang masih terjaga keasriannya. Kedepannya, mungkin tempat wisata ini akan menjadi wisata andalan bagi warga Sumedang.

2. Kampung Toga

jabarprov.go.id
jabarprov.go.id

Kampung Toga berasal dari singkatan Kampung Tanaman Obat Keluarga. Nama kampung ini berawal dari kondisi kampung yang banyak ditumbuhi tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat. Mempunyai jarak sekitar 2 km dari pusat kota Sumedang.

3. Sumber Air Panas Sekarwangi

disparbud.jabarprov.go.id

Wisata Alam Sumber Air Panas Sekarwangi bisa ditempuh dengan berbagai kendaraan karena lokasinya yang cukup strategis. Berada di Kecamatan Buah Dua, tepatnya berada di kaki Gunung Tamporas Utara Kota Sumedang. Di tempat wisata ini terdapat sebuah mata sumber mata air panas alami yang dipercaya dapat menyehatkan sekaligus bisa meningkatkan daya tahan stamina tubuh. Selain itu, di objek wisata ini juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang yang membuat wisatawan semakin betah tentunya seperti penginapan, rumah makan dan lain-lain.

4. Pemandian Cipanas Cileungsi

baladheri.blogspot.com

Pemandian air panas cileungsi letaknya tak jauh dari Sumber Air Panas Sekarwangi. Yang membedakan Pemandian air panas ini dengan sumber air panas sekarwangi adalah di sini mempunyai kandungan belerang yang cukup tinggi, sehingga pemandian air panas ini sering digunakan juga sebagai media pengobatan alternatif.

5. Masjid Agung Sumedang

jabar.tribunnews.com

Masjid Agung Sumedang merupakan tempat ibadah terbesar umat Islam di kabupaten Sumedang. Masjid ini berlokasi dekat pusat pemerintahan serta alun-alun kabupaten Sumedang. Banyak warga yang mengunjungi masjid ini baik di hari biasa atau hari libur. Untuk desainnya sendiri, masjid ini masih tetap mempetahankan desain saat pertama kali dibangun.

6. Monumen Lingga

wikimapia.org

Monumen ini dibangun paa tanggal 25 april 1992 dan merupakan identitas kota ini. Monumen ini didirikan untuk mengenang tokoh yang sangat berpengaruh di Sumedang yaitu Pangeran Soeritajma.

7. Museum Prabu Geusan Ulun

disparbud.jabarprov.go.id

Museum ini merupakan sebuah musium keluarga yang dibangun pada tahun 1973. Terdapat di komplek bangunan pemerintahan di sebelah utara alun-alun Sumedang.

8. Makam Dayeuh Luhur

jakapasundan.wordpress.com

Berada di kecamatan Sumedang Utara dan jika dari pusat kota Sumedang berjarak sekitar 17 km. Daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini yaitu makam Prabu Geusan dan istrinya yang bernama Harisbaya dan juga makam Kyai Damang Cipaku.

9. Makam Cut Nyak Dien

ariechicarito.blogspot.com

Cut Nyak Dien merupakan salah satu pahlawan wanita ternama di Indonesia. Makam Cut Nyak Dien terletak di atas bukit kecil dekat kantor pemerintahan Sumedang yang berada di kecamatan Sumedang Selatan. Menurut sejarah, Cut Nyak Dien diasingkan oleh pemerintah kolonial Belanda waktu itu ke Sumedang sampai beliau meninggal dunia.

10. Makam Pasarean Gede

Kangjen Pangeran Santri atau sering disebut dengan Pangeran Koesoemahdinata 1 merupakan seorang tokoh pejuang agama Islam di Sumedang pada tahun 1530. Beliau berjuang menegakkan agama Islam bersama Ratu Dewi Inten Dewata. Pangeran Santri wafat pada tanggal 2 oktober 1957.

11. Wisata Alam Gunung Kunci

Tempat wisata ini berjarak sekitar 200 m dari alun-alun kabupaten Sumedang.

12. Wisata Alam Copanteunen

Merupakan sebuah kolam alam menarik yang mempunyai luas sekitar 1 Ha. Terdapat di kaki Gunung Tampomas. berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Sumedang.

13. Bumi Perkemahan Kiara Payung

Tempat ini terdapat di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sering digunakan dalam kegiatan Jambore pramuka tingkat nasional dan dikelola langsung oleh Pemda Jawa Barat.

Leave a Comment