Ciri-ciri berbohong

Inilah 7 Ciri Orang yang Sedang Berbohong

Pernah rasanya dibohongi, rasanya tidak enak kan? Misalnya, kamu baru mengetahui bahwa temanmu berbohong kepadamu soal bisnis, hingga kamu mengalami kerugian besar. Pagaimana perasaanmu?

Atau kebohongan klasik yang sering terjadi di masa kampanye, banyak para pejabat yang tiba-tiba menjadi baik hati, mengagung-agungkan prestasi dan mulai mengumbar janji manis, misal dengan berjanji akan memperbaiki fasilitas, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan masih banyak janji manis yang lainnya. Namun ketika terpilih? Dia begitu saja melupakan janjinya itu, disinilah kebohongan dia bekerja.

Nah, agar kamu tak sering dibohongi, maka kamu harus tau ciri-ciri orang yang sedang berbohon. Dan di artikel ini, akan dijelaskan apa saja ciri-ciri orang yang sedang berbohong. Yuk mari kita simak.

1. Argumen

Ciri orang berbohong, argumen
leadershipfreak.wordpress.com

ketika berargumen, seseorang yang sedang berbohong biasanya akan sulit menceritakan hal-hal yang bersifat detail. Seperti mendeskripsikan orang, tempat, waktu dan sebagainya. Dia akan lebih menjelaskan sesuatu secara umum dengan menghiraukan hal-hal yang bersifat detail. Mengapa itu dilakukannya? Karena dia takut jika terlalu detail menjelaskan sesuatu, kebohongannya akan terungkap oleh lawan bicaranya. Sehingga ketika menjelaskan sesuatu, mereka akan menjelaskannya dengan hati-hati dan banyak berpikir, agar apa yang dia ucapkan itu tak mengalami kesalahan dan kecurigaan dari lawan bicaranya.

2. Ekspresi Wajah

Ekspresi Wajah Berbohong
dedenhendrayana.com

Hal yang bisa kamu perhatikan ketika seseorang berbohong adalah dengan melihat ekspresi wajahnya.Jelas sangat terlihat antara orang yang sedang berbohong dengan yang tidak, Menurut seorang ahli psikolog yang bernama Depaul, orang yang berbohong bisa dilihat dengan beberapa ciri, diantaranya pupil matanya akan melebar dan dia akan menekan bibirnya kedalam, tanda dia sedang menahan sesuatu.

3. Gerak Tubuh

Gerak Tubuh Pembohong
bodylanguagesuccess.com

Ciri-ciri lainnya yang dapat dikenali ketika seseorang berbohong adalah dengan melihat gerakan tubuhnya. Biasanya, seseorang yang sedang berbohong memiliki gerakan yang terlihat gelisah. Misal dia tidak nyaman dengan duduknya, sering berubah-rubah posisi duduk, menggerak-gerakan tangan dan jari-jarinya, menggoyang-goyangkan kaki, dan lain sebagainya. ketidaknyamanan itu merupakan tanda kecemasan, perasaannya diliputi rasa takut bila nantinya kebohongannya itu akan terungkap.

4. Respon atau Tanggapan

Respon Ketika Seseorang  Berbohong
vorneto.wordpress.com

Untuk bisa mengetahui ciri-ciri orang yang sedang berbohong, bisa juga dilihat dari spontanitas lawan bicara kamu dalam menanggapi pertanyaan atau argumen yang kamu berikan. Orang yang memang jujur biasanya akan merespon lebih spontan dalam menjawab pertanyaan dibandingkan dengan orang yang sedang berbohong. karena, orang jujur mempunyai dasar dan keterangan yang lebih jelas dibandingkan dengan orang yang sedang berbohong. Ketika orang berbohong, saat akan memberikan tanggapan dia akan memproses otaknya lebih keras (karena memperlukan waktu yang lebih lama untuk berpikir) untuk menciptakan sebuah tanggapan demi menyukseskan kebohongannya agar tidak diketahu lawan bicaranya.

5. Merasa Tegang

 

Ekspresi Tegang, ketika Berbohong
lampost.co

Tak dipungkiri walaupun seberapa keras ditutupi, pembohong pasti akan selalu diliputi perasaan berbohong. Cemas dan takut akan membuat si pembohong itu merasakan ketegangan. Ketika ketegangan meningkat jelas akan memberikan dampak, diantaranya intonasi dan frekuensi suara meningkat, bisa juga akibat ketegangan itu dia akan mengurangi kontak mata dengan lawan bicaranya.

6. Perhatikan Mata

Ciri seorang pembohong, coba lihatlah matanhya
ruangpsikologi.com

Ciri berikutnya yang bisa kamu ketahui bahawa orang itu sedang berbohong adalah dengan memperhatikan matanya ketika ia berbicara. Orang yang sedang berbohong takkan mampu menatap lawan bicaranya dengan lama, karena dia akan merasa tidak nyaman. Walaupun pada awalnya dia berusaha untuk melakukan kontak mata, tapi lama kelamaan dia akan memalingkan pandangannya itu ke arah lain, entah itu dengan menatap sesuatu, atau orang-orang yang lalu lalang, atau apa saja yang bisa dia lihat selain mata lawan bicaranya. Selain dengan mengalihkan pandangan, cara lain yang dia lakukan adalah dengan menggosok-gosokan matanya, hal itu dilakukan karena dia sedang berpikir untuk mencari alasan untuk menutupi kebohongannya.

7. Cara bicara Tak Natural

Bicara seorang pembohong
deviantart.net

Keadaan psikoligi orang yang sedang berbohong dengan yang tidak itu terlihat jelas, ketika seseorang sedang berbohong, kamu dapat mengetahui cirinya dengan memperhatikan nada suaranya. Saat sedang berbohong, akan terjadi perubahan nada suara menjadi lebih tinggi dan dia tak akan berbicara seperti biasanya. Kenapa seperti itu? Karena dia akan merasa tak nyaman ketika berbicara, sehinnga cara bicaranya pun menjadi tak natural karena saat berbicara dia sering berpikir untuk mencari alasan untuk menutupi kebohongannya.