Keluarga

Inilah 10 Tahap Perkembangan Bayi yang Wajib diketahui Para Orang Tua

10 tahap pertumbuhan bayi mamashealth.com

Sebagai seorang calon ibu dan ayah dari buah hati anda, ada baiknya anda mempunyai pengetahuan yang luas tentang mereka, jadi ketika mereka hadir, anda sudah siap meberikan full 100% kasih sayang anda dengan pengetahuan dan ilmu yang mumpuni. Nah disini, ada ulasan tentang tahapan pertumbuhan bayi yang wajib para calon ayah dan bunda untuk diketahui, berikut 10 tahapan pertumbuhan bayi:

1. Tengkurap (Usia 3-4 bulan)

10 Tahap Pertumbuhan Bayi

google.com

Yang perlu diperhatikan pada buah hati anda jika usianya sudah menginjak 3-4 bulan. Biasanya sikecil mulai melakukan tengkurap, tengkurap terjadi ketika si kecil mampu bertumpu pada perutnya dan bertahan pada posisi tersebut walaupun hanya beberapa saat. Jika anak mulai mampu memeringkin badannya ke kanan dan ke kiri dilanjtkan dengan mulai belajar berguling diusia 1,5-2 bulan, biasanya itu tanda-tanda si kecil akan mulai terngkurap. Kemudian saat si kecil mulai berusia 3-4 bulan, ketika otot lehernya semakin kuat ia sanggup berbaring telentang dengan melihat lurus ke depan. Tangan dan Kakinya pun lebih leluasa bergerak seiring dengan keterampilannya menggerak-gerakan kepalanya. Si kecil pun mulai berlatih berguling dan mengangkat kepalanya dalam posisi tengkurap.

2. Mengangkat Kepala (Usia 4 Bulan)

10 Tahap Pertumbuhan Bayi, mengangkat kepala

baturadio.com

Di usia yang menginjak 2 Bulan, si kecil sudah mulai bisa mengontrol gerakan leher dan kepalanya. Saat berusia 3 bulan ia mulai mengangkat kepala dengan membentuk sudut 45 derajat dengan cara bertumpu pada kedua tangannya. Sedang ketika diusia 4 bulan, sikecil bisa mengangkat kepalanya membentuk suduh 90 derajat dalam posisi tengkurap. Dengan mengangkat kedua kepalanya sebenarnya ia sedang melatih ketajamannya dalam melihat.

3. Tertawa Gembira (Usia 4-5 Bulan)

10 Tahap Pertumbuhan Bayi, memekik gembira

hiren.info

Pernah mendengar suarasi kecil dengan nada tinggi penuh dengan kegembiraan? Atau si kecil yang selalu aktif bersuara riang ketika keinginannya bisa terpenuhi? Sebenarnya, ia mengeluarkan suara itu sebagai respon emosi terhadap tubuhnya. Tak perlu khawatir jika ia sering melakukan hal ini, sebab ini juga cara ia untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekelilingnya. Sesekali ajak bercanda si kecil, bukan tak mungkin ia akan membalasnya dengan suara-suara imut yang menyejukkan hati.

4. Memegang Benda di Kedua Tangannya (Usia 7 – 8 Bulan)

Tahap Pertumbuhan Bayi, memegang benda dengan kedua tangannya

duniaku.net

Saat memasuki usia 4-5 bulan, tangan mungilnya itu sudah mulai terampil untuk memegang sebuah benda, cobalah anda memberinya sebuah mainan maka ia akan menggerakakan tangannya untuk berusaha menggapainya. Gerakan ini melatih si kecil untuk menggerakkan tangan untuk menggenggam mainan itu lalu memindahkan dari tangan yang satu ke yang lain. Di usia 7-8 bulan, ia semakin terampil menggunakan kedua tangannya untuk menggenggam sebuah benda. Sejenak cobalah berikan mainan baru lagi ketika si kecil sedang menggengam satu mainin yang lama dengan satu tangannya, maka ia akan mulai menggapai mainan yang baru itu dengan satu tangannya yang lain tanpa melepaskan mainan yang lama yang berada digenggaman tangannya.

5. Duduk (Usia 7-8 Bulan)

Tahap Pertumbuhan Bayi, duduk

wallpapergang.comikan hal-hal baru

Adalah kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua saat melihat si kecil mulai bisa duduk. Saat otot-otot punggung dan lehernya sudah cukup kuat untuk menyokong berat tubuhnya, ia mulai belajar duduk. Saat usia 6 bulan, si kecil mencoba duduk sendiri dengan menggunakan satu atau kedua tangannya untuk membantunya duduk. Nah saat diusia 7-8 bulan, ia menguasai keterampilan baru yaitu bisa duduk sendiri dari tengkurap selanjutnya bangun sendiri dengan menggunakan tangannya.

6. Merangkak (Usia 7-8 Bulan)

Tahap Pertumbuhan Bayi, merangkak

littlekenzie.wordpress.com

Siapa sih orang tua yang tidak senang ketika si kecil mulai bisa merangkak mengeksplorasi ruangan disekitarnya, mempelajari hal-hal baru yang ia dapatkan. Ketika merangkak si kecil sedang berusaha menyeimbangkan antara otot-otot yang berada di tangan serta lutut dengan cara menopangnya, ataupun saat belajar maju mundur mendorong tubuhnya dengan menggunakan lututnya. Uumnya mereka bisa mulai merangkak diatas usia 7-8 bulan, sedang saat usia 9-10 bulan si kecil sudah bisa mendapat keterampilan baru yaitu merangkak mundur untuk mengambil ancang-angcang duduk.

7. Makan Sendiri (Usia 6-9 Bulan)

Tahap Pertumbuhan Bayi, Makan Sendiri

imgkid.com

Diusia 6-9 bulan saat otot tangan dan jari-jarinya mulai kuat untuk menggenggamdan menggunakannya dengan baik. Si kecil bisa meraih benda-benda yang berada didekatnya, termasuk meraih sebuah sendok yang berisi makanan untuk dimasukan kedalam mulutnya walaupun masih belum sempurna. karena memang diusia 6 bulan ia sudah bisa mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI (MP ASI). Sedang diusia 8-9 bulan ia semakin terampil menggunakan kedua tangannya untuk menggenggam barang yang di inginkannya. Saat tangannya semakin aktif, biarkanlah ia bereksperimen sesuai dengan kehendaknya, namunj jangan sampai lupa mengawasinya juga.

8. Mengenal Anggota keluarga (usia 9-12 Bulan)

Tahap Pertumbuhan Bayi, mengenal keluarga

ohsu.edu

Saat usia si kecil mulai menginjak 6 bulan, ia mulai bisa membedakan wajah-wajah orang terdekatnya. Pada masa ini, ia bisa mulai mengingat-ingat orang terdekatnya karena seringnya melihat dan mendengar wajah dan suara mereka setiap harinya. Disinipun ia mulai akrab dengan mereka, mulai bercanda dengannya. Tak heran ketika diusianya menginjak usia 9 bulan, ia sangat mengenali anggota keluarganya.

9. Berjalan (Usia 12-13 bulan)

Tahap Pertumbuhan Bayi, berjalan

imgkid.com

Biasanya diusia 8-9 bulan si kecil sudah bisa berjalan, diawali dengan menumpukkan kedua tangannya untuk menopang berat tubuhnya, biasanya ia akan memegang meja, atau perabotan yang ada dirumah. Saat tubuhnya mulai bisa tertopang, maka ia akan mulai berdiri menginjakkan langkah pertamanya. Menginjak usia 12-13 bulan, ia akan semakin aktif untuk mencoba berjalan, semakin ia sering jatuh biasanya ia akan semakin semangat untuk mencobanya lagi, nah tugas para orang tua adalah mengawasinya dan menuntunnya ketika ia sedang belajar berjalan.

10. Bicara (Usia 18-24 Bulan)

Tahap Pertumbuhan Bayi, Bicara

kimberlyemilia.com

Umumnya anak-anak mulai bisa bicara dengan lancar di usia 24 bulan. Sebelum ucapan pertama yang keluar dari mulutnya, biasanya ia akan memperhatikan dari orang-orang disekitarnya yang sedang berbicara, jadi baiknya anda sebagai orang tua harus mencontohkan ucapan-ucapan yang baik, agar si kecilpun saat pertama kali bisa bicara, selalu mengucapkan ucapan yang baik juga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like