Daftar Pesantren-pesantren Terbaik di Indonesia

Inilah 10 Pesantren Terbaik Di Indonesia

Sudah diketahui banyak orang, pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam terbaik, terkenal dan sangat sudah populer di kalangan masyarakat Islam di Indonesia. Pondok pesantren ini sudah berdiri sejak lama di Indonesia bahkan sebelum lembaga pendidikin modern ada. Tak lain berdirinya pesantren sejak masuknya ajaran Islam ke tanah Indonesia yang dahulu dibawa oleh para da’i, mubaligh, wali dari luar negeri.

Menurut sejarah yang beredar, pesantren untuk pertama kali didirikan oleh salah satu walisongo.Seiring perkembangan zaman, banyak pesantren yang dulu terkenal membosankan karena dianggap ketinggalan zaman kini berubah menjadi sesuatu lembaga pendidikan islam yang modern. Banyak pesantren kini yang sudaah melakukan inovasi dan terobosan dalam sistem pembelajaran dan segi manajemennya juga yang turut bisa meninggalkan stigma bahwa pesantren itu kuno dan tempat yang menyeramkan.

Di bawah ini, daftar-daftar pesantren terbaik di Indonesia yang bisa di jadikan referensi jika kelak berminat belajar di pesantren. Namun begitu, masih banyak daftar pesantren yang baik mungkin karena keterbatasan info dan pengetahuanyang ada, penulis jadi belum memasukkannya.

1. Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Pesantren Sidogiti Pasuruan
sidogiri.net

Salah satu pesantren terbaik yang ada di Indonesia adalah pondok pesantren Sidogori di Pasuruan. Banyak hal yang mempengaruhi terpilihnya pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Indonesia yang menempati, salah satu perimbangannya adalah sebagai berikut.

  • Pesantren ini merupakan salah satu pesantren tertua di Indonesa yang masih eksis dan terus berkembang.
  • Di zaman modern ini, pesantren ini tetap berani mempertahankan sistem pendidikan salaf murni yang mengkaji ilmu agama, walaupun demikian hebatnya pesantren ini berhasil mempertahankan jumlah santri yang terbilang cukup banyak, yaitu sekitar puluhan ribu santri putra dan putri.
  • Terkenal sebagai pesantren yang berhasil mandiri secara finansial berkat berbagai bisnis yang dibangun oleh yayasan pesantren seperti waralaba minimarket (Mart) yang bernama Koperasi Sidogiri, lembaga keuangan yang bernama BMT (baitul Mal Wat Tamwil), serta masih banyak usaha lainnya.

Faktor-faktor penting lainnya yang menjadikan Ponpes Sidogori ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Indonesia adalah karena komitmen para pengurus ponpes Sidogiri yang tetap mempertahankan sistem pendidikan Madrasah Diniyah (MD) sampai tingkat Ma’had Ali (Universitas) yang bernama Tarbiyatul Mu’alimin. Selain itu pesantren ini sering mengirim guru tugas ke berbagai daerah di Indonesia serta luasnya jaringan alumni pesantren ini.

2. Pondok Pesantren Langitan Tuban

Pondok Pesantren Langitan Tuban salah satu pesantren terbaik
sufi.mywapblog.com

Pondok pesantren Langitan berdiri pada tahun 1852. Ponpes ini adalah pesantren yang sangat berpengaruh di daerah Surabaya ke arah barat menjangkau kabupaten Bojonegoro, Gresik, Cepu, Tuban serta Lamongan. Figur yang sangat mempunyai kharisma tinggi di pesantren ini adalah adalah KH Abdullah Faqih yang turut berkiprah di kancah politik Nasional. Hal inilah yang menambah dikenalnya pesantren Langitan ini.

3. Pondok Modern Gontor

Pondok Modern Gontor ponorogo yang terkenal
rianurf.wordpress.com

Pondok ini merupakan pelopor dan inovator pembuat pesantren modern yang terinspirasi oleh Sir Syed Ahmad Khan founder Aligarh Muslim University di India yang melakukan modernisasi pendidikan Islam. Dahulu ponpes ini bernama Ponpes Darussalam Gontor, dan setelah dirubah namanya menjadi Pondok Modern Gontor yang membuat pesantren ini menjadi institusi pendidikan Islam yang sering ditempati oleh masyarakat Islam perkotaan yang dulu enggan belajar di pondok pesantren karena terkesan tua.

Pondok pesantren modern Gontor mempunyai ciri khas tersendiri yatu memiliki kedisiplinan yang tinggi, pembiasaan dalam mengucap bahasa Arab dan Inggris yang sering digunakan dalam bahasa sehari-hari serta kerapihan mengenakan pakaian yang selalu memakai dasi saat bersekolah, dan masih banyak yang lainnya. Di sini pun para santri belajar tentang kisah hijrah Nabi Muhammad, kerajaan Islam di Indonesia serta sejarah perkembangan agama Islam di Eropa.

Secara keseluruhan, sistem yang dipakai di Pondok Modern Gontor berjalan dengan baik dan sangat sukses. Karena kesuksesannya tersebut, sistem yang dipakai di Pondok Modern Gontor ini menciptakan tren baru dikalangan pesantren-pesantren di Indonesia.

4. Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

Pesantren Tebuireng jombang yang populer
wikimedia.org

Pendiri pesantren Tebuireng yaitu Kyai Hasyim Asy’ari dikenal sebagai sosok ulama kharismatik sekaligus pendiri organisasi Ulama (NU) pada tahun 1926. Hal inilah yang turut membuat pesantren ini terkenal di masyarakat. Selain itu cucu pendiri pesantren ini yaitu KH Abdurrahman alias Gusdur menjadi presiden RI ke empat dan yang pertama berasal dari kalangan santri.

5. Pondok Pesantren Al-Khairaat Palu

Pondok Pesantren Al-Khairaat yang sangat terkenal di Indonesia Timur
plus.google.com

Pesantren Al-Khairaat adalah pesantren paling berpengaruh dan terpopuler di luar Jawa khususnya di Sulawesi dan kawasan Indonesia Timur. Selain itu pesantren ini juga didirikan dan di asuh oleh seorang habib.

Pesantren ini memiliki banyak cabang yang tersebar di kawasan Indonesia Timur, Apabila ditotal jumlah santri pesantren ini mencapai angka puluhan ribu santri.

6. Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Madura

PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR MADURA yang banyak di kenal di Jawa Timur
madu-banyuanyar.sch.id

Pondok pesantren ini termasuk dari lima pesantren tertua di Indonesia. Didirikan oleh Kyai Itsbat pada tahun 1978. Dari dulu sampai sekarang pesantren ini terus berkembang dengan pesat dan tidak ketinggalan zaman.

Di kawasan Madura khususnya kabupaten Pamekasan, pesantren ini memiliki pengaruh yang besar. Adapun sistem pendidikan di pesantren Banyuanyar memakai sistem kombinasi modern dan salaf. Penguasaan kitab kuning tetap dipelihara namun pendidikan normal yang sesuai dengan kurikulum pemerintah juga dilakukan untuk memenuhi tantangan serta perkembangan zaman. Oleh karenanya, jangan heran banyak alumni pesantren ini yang menjadi tokoh berpengaruh di masyarakat.

7. Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo

Pondok Pesantren Nurul Jadid di Probolinggo
smpnuruljadid.sch.id

Bisa dikatakan ponpes ini merupakan salah satu pesantren yang lengkap sarana pendidikan formalnya tentu selain pendidikan agama tentunya. Pesantren ini mempunyai lembaga pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi dengan berbagai jurusan baik di bidang sains seperti kesehatan (STIKES) dan teknologi informasi (STT Nurul Jadid).

Selain itu, di pesantren ini juga tersedia ma’had aly, madrasah diniyah dan tahfidz Al-Quran, sehingga pesantren ini cocok bagi para orang tua yang ingin mengirimkan putra putrinya ke pesantren yang mempunyai berbagai jurusan.

8. Pondok Pesantren Musthofawiyah Sumut

Pondok Pesantren Musthofawiyah yang sangat berpengaruh di daerah sumatera utara
smaboy.com

Pesantren ini merupakan pesantren tertua berdiri tahun 1912 yang berada di Sumatera Utara, selain itu pesantren ini juga merupakan pesantren terbaik dan terpopuler di Sumatera Utara. Tidak sedikit para lulusan santri yang melanjutkan studi ke luar negeri, selain itu banyak juga alumni lulusan ini yang menjadi tokoh berpengaruh di lokal maupun nasional. Nama lain dari pesantren ini adalah pesantren Purba Baru.

9. Pesantren Buntet Cirebon

Pesantren Buntet Cirebon sangat berpengaruh di provinsi Jawa Barat
pondokpesantren.net

Pesantren ini menjadi salah satu berdiri pesantren tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1785. Selain itu pesantren ini sangat terkenal di Jawa Barat dan menjadi pelopor pesantren lain di provinsi Jawa barat, DKI Jakarta dan Banten. Tidak sedikit dari pengasuh pesantren di ketiga provinsi tersebut yang merupakan alumni dari Pesantren Butet. Oleh sebab itu, pesantren ini bisa jugadi sebut sebagai salah satu pesantren terbaik dan paling berpengaruh di Indonesia.

10. Pondok Pesantren Al-Khoitor Malang

Pondok Pesantren Al-Khoirot, walaupun baru tapi bisa bersaing dengan pesantren lama
alkhoirot.net

Ponpes ini terbilang mempunyai usia yang masih muda Jika di bandingkan dengan pesantren lain yang berada dalam 10 pesantren terbaik, yakni berdiri tahun 1963. Yang menjadi pembeda dari pesantren ini dengan pesantren yang lain adalahi semua sant kemampuannya membuat satu paket pendidikan yang holistik untuk para santri.

Adapun sistem pendidikan yang dipakai oleh pesantren Al-Khoirot merupakan kombinasi dari empat jenis pola yaitu pendidikan madrasah diniyah, pendidikan formal, pendidikan bahasa Arab moderserta kajian kitab kuning atau gundul tingkat menengah. Keempat kegiatan pendidikan ini merupakan aktit utama yang harus dilakukan oleh para santri, sehingga ketika lulus nanti selaoin mendapatkan ijazah juga memiliki kemampuan bahasa arab yang lancar dan menguasai kitab kuning. Selain itu di sini juga diadakan program tambahan contohnya Tahfidzul Quran.

Demikian daftar pesantren-pesantren terbaik di Indonesia. Penulis di sini menialainya secara subjektif. Namun begitu, tentu setiap lembaga pendidikan mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Masih banyak daftar pesantren yang baik mungkin karena keterbatasan info dan pengetahuan yang ada, penulis jadi belum memasukkannya. Mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar di pesantren favoritmu.

——

Mau tau info peluang usaha menarik? SIlahkan klik di sini.

18 thoughts on “Inilah 10 Pesantren Terbaik Di Indonesia

  1. Alhamdulillah, PP. Banyuanyar Pamekasan Madura dan PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo juga masuk. Jadi kangen suasan disana waktu dulu ngaji…. moga tetap istiqamah. amin. begitupun seluruh pesantren di Nusantara dan di dunia

  2. الحمد لله
    Semoga semua di atas tetap Jaya. Amiin…al faatihah…
    Pesantren adalah peninggalan Wali Songo.
    Para pendiri merupakan Pnerus Nabi & Rasulullah Saw.
    Barokallah…

  3. Sangat berterim kssih dengan yang namanya pesantren. Terutam pesantren qu NURUL JADID paiton probolinggo…. meskipun di daerah pesisir namun memiliki kualiatas dn kuantitas yg tingi.. shinga membentuk santri yg beraklaqul karmah dn berilmu…. I LOVE YOU PESANTREN QU…..

  4. Alhmdllh pesantren smkin jya, mdah2 pngethuan serta pengamln kita pd agma smkin kuat . .
    Trimksih jga buat guru2 sy yg mngjr d musthofawiyah kberkhn ilmu klian lh yg mnghntarkn kmi pda dunia ksuksesan . .

Leave a Comment