macam-macam ilmu psikologi

Inilah 10 Macam Ilmu Psikologi Yang Perlu Kamu Ketahui

Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari seputar perilaku manusia dan proses mental. Sedang psikologi sendiri diambil dari kata (Pysche yang berarti jiwa dan Logos yang berarti ilmu pengetahuan), kedua kata itu berasal dari bahasa Yunani.

Tak dipungkiri, ilmu ini juga penting untuk kita ketahui, karena menyangkut perilaku kita sebagai manusia. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas macam-macam ilmu psikologi yang tentu perlu kamu ketahui.¬†Selamat menyimak ūüôā

1. Psikologi Umum

Yang dimaksud dengan psikologi umum ialah ilmu tentang yang mempelajari tingkah laku manusia. Biasanya mempelajari tentang keadaan emosi, kepribadian, pembentukan karakter, memori, intelegensi, dan masih banyak yang lainnya. Ilmu psikologi umum ini hampir mencakup semua tentang psikologi, namun hanya secara umumnya saja tidak mendalam. Misal kamu ingin belajar tentang psikologi pendidikan, maka kamu harus mendalami ilmu psikologi pendidikan secara langsung. Jadi ilmu psikologi umum ini hanya membahas secara umumnya saja.

2. Psikologi Faal

Mungkin kamu masih asing dengan istilah Faal. Dalam ilmu psikologi, Psikologi Faal ialah ilmu psikologi yang mempelajari perilaku manusia yang berkaitan dengan fungsi dan kerja organ-organ dalam tubuh. Contohnya mempelajari bagaimana otot seseorang akan bekerja ketika sedang menangis, tertawa, marah, dan lain-lain. Karena itu ketika kamu akan mendalami ilmu psikologi faal ini, kedepannya ketika sedang menangani sebuah studi kasus, kamu akan lebih memerhatikan pengaruh kondisi biologis atau faal seseorang terhadap tindakan atau perilaku orang tersebut. Misal ketika orang tersebut sering marah atau kesal, apa yang akan terjadi pada kondisi psikisnya, begitupun ketika sedih atau bahagia, dan lain-lain.

3. Psikologi Perkembangan

macam macam ilmu psikologi
boxhillhs.vic.edu.au

Selanjutnya Psikologi Perkembangan, nah disini kita mempelajari ilmu tentang perkembangan manusia dari sejak dia dilahirkan sampai kelak lanjut usia. Contoh ketika dipostingan yang lalu saya membahas tentang tahap pertumbuhan bayi.

Contoh lainnnya tentang perkembangan karakter, didunia ini mustahil seseorang mempunyai karakter yang sama dengan orang lain, pasti akan mempunyai perbedaan, misal ada orang yang pemberani, pemalu, keras kepala, dan lain sebagainya. Didalam ilmu psikologi ini kelak kedepannya akan menjelaskan mengapa karakter-karakter itu bisa tertanam pada orang tersebut. Misal ketika seseorang mempunyai karakter pemalu dan pendiam, apakah waktu kecilnya ia jarang diperhatikan, jarang diajak komunikasi atau mungkin pernah mendapatkan kekerasan sehingga ia menjadi trauma? Nah, di ilmu ini penyebab-penyebab itu digali lebih dalam mengapa sampai bisa terjadi.

4. Psikologi Kepribadian

psikologi kepribadian
thebullbustercafe.com

Hampir sama dengan psikologi perkembangan, ilmu psikologi kepribadianpun membahas tentang karakter-karakter diri, sifat-sifat yang ada dalam diri, dan sesuatu yang berhubungan dengan yang ada dalam diri. Hanya saja yang membedakan ilmu psikologi kerpibadian ini dengan psikologi perkembangan ialah didalam ilmu ini, bagaimana sifat yang kita miliki itu bisa menyesuaikan dengan lingkungan kita tinggal. Misal bagaimana cara berinteraksi dengan orang yang setipe kepribadiannya dengan kita, terus dengan orang yang berlawanan tipe kepribadiannya dengan kita, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, ilmu ini sangat berkaitan dengan llmu psikologi perkembangan dan sosial.

5. Psikologi Klinis

Di ilmu psikologi ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara memahami, mencegah, dan memulihkan keadaan psikis orang lain yang sedang goyah. Misal seseorang yang sedang mengalami stress, di ilmu ini kamu akan mempelajari tindakan-tindakan apa yang perlu kamu lakukan agar keadaan psikisnya kembali normal. Oleh karena itu, itulah alasan kenapa ilmu ini disebut ilmu Psikologi Klinis.

6. Psikologi konseling

Ilmu Psikologi konseling masih berhubungan dengan ilmu psikologi klinis. Di ilmu psikologi ini kamu akan mempelajari hubungan antara terapis dengan klien. istilah mudahnya seperti konsultasi. Contohnya sikap apa yang perlu dilakukan ketika menghadapi sifat-sifat klien yang berbeda-beda, kemudian kamu pun akan mempelajari bagaimana cara menyampaikan informasi yang tepat kepada klien ketika sedang konseling.

7. Psikologi Abnormal

Psikologi Abnormal mempelajari tentang perilaku-perilaku individu yang menyimpang yang tak lazim dilakukan oleh orang normal. Contohnya: lesbi, Gay, clepto, psikopat, dan masih banyak yang lainnya. Misal ada seorang psikopat, di ilmu ini kamu akan mempelajari kenapa orang itu bisaberssikap seperti itu, lalu bagaimana cara menanganinya, dan lain sebagainya.

8. Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan, sesuai namanya saja pasti erat berhubungan dengan dunia pendidikan. Di ilmu ini kamu akan mempelajari masalah psikologis yang terjadi di dunia pendidikan. Psikologi ini berhubungan dengan bagaiamana cara seorang siswa belajar juga berkembang. Di ilmu psikologi inipun membahas peranan dan cara guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa. Namun tak hanya antara guru dan murid, namun mencakup juga pendidikan di keluarga, lingkungan, serta masyarakat.

9. Psikologi Diagnostik

Psikologi Diagnostik ini ialah kajian ilmiah tentang berbagai macam metode yang bisa digunakan untuk membuat diagnosis psikologis, dengan tujuan untuk bisa memperlakukan manusia dengan lebih bijaksana. Contohnya Psikodiagnostik, metode itu dilakukan untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan maksud gar bisa memberikan pertolongan secara lebih tepat dan akurat.

10. Psikologi Industri

Psikiologi Industri ialah ilmu yang mempelajari perilaku manusia ditempat ia bekerja. Ilmu ini membahas tentang motivasi kerja, produktifitas dan semangat kerja, suasana hati ketika bekerja, dan masih banyak berbagai masalah yang lainnya.

1 thought on “Inilah 10 Macam Ilmu Psikologi Yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di Disini

Leave a Comment