Wisata Dalam Negeri

Ini Dia Makanan Serta Oleh-oleh Khas Sukabumi Yang Wajib Kamu Coba

Mochi Lampion Sukabumi meanminnie.wordpress.com

Sukabumi adalah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Ketika kamu berkunjung ke sini, kamu akan mendapati suasana yang sejuk dan bikin kamu betah tentunya. Orang-orang asli Sukabumi pun terkenal akan keramahannya.

Selain itu, daerah ini juga sering dijadikan tujuan wisata oleh warga luar Sukabumi. Banyak sekali ketika weekend tiba wisatawan dari luar berkunjung ke sini. Mereka sering mengunjungi tempat wisata di Sukabumi baik yang ada di daerah kota ataupun kabupatennya.

Berkunjung atau berlibur ke suatu tempat, rasanya tidak afdol ketika hendak pulang tidak membawa oleh-oleh atau makanan khas dari daerah yang dikunjungi.

Jika kamu akan berkunjung ke Sukabumi namun belum tau makanan khas atau oleh-oleh khas apa saja yang terkenal di Sukabumi. Berikut ini daftar makann serta oleh-oleh khas Sukabumi yang wajib kamu coba.

1. Bandros Mang ATA

Kuliner Khas Sukabumi, Bandros ATA

twidharyoko.wordpress.com

Mungkin setiap kali kita berkunjung atau berlibur ke kota-kota yang ada di Jawa Barat, Bandros adalah bukan suatu hal yang asing lagi ketika mendengarnya. Makanan yang satu ini memang enak sekali untuk dinikmati.

Nah, di Sukabumi sendiri terdapat suatu Bandros yang sangat terkenal dan sudah meleganda, hampir setiap pecinta kuliner di Sukabumi tau akan hal ini. Namanya adalah “Bandros ATA”.

Bandros ATA mulai berjualan sekitar pukul 8 malam sampai jam 6 pagi. Letaknya berada di Jl. Gudang No. 04 kota Sukabumi. Walaupun Bandros ATA ini masih buka walaupun sudah larut malam, namun tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Biasanya para pengunjung yang datang ke Bandros Mang ATA ini menghabiskan waktunya di sini sambil mengobrol bersama teman-temannya, dan memang tempatnya pun enak dipakai untuk nongkrong.

Selain itu, yang membuat terkenal Bandros ATA ini adalah karena memiliki ciri khas tersendiri yang tidak bisa kita dapatkan di Bandros yang lain. Teksur bagian atas bandros yang lembut serta bagian bawahnya yang garing dan kering membuatnya semakin diminati.

Harga Bandros ATA sendiri te,bilang cukup murah, bisa dinikmati mulai harga Rp. 5.000,-. Sebagai pendamping bandros, di sini pun disajikan sebuah teh hangat. Tidak seperti teh hangat pada umumnya, teh yang dijual di sini menggunakan daun teh asli, memiliki warna yang tidak terlalu kental serta agak kehijauan, serta dibuat tidak terlalu manis. Tentunya, teh dan bandros merupakan gabungan yang sangat maknyus.

2. Mochi Sukabumi

Mochi Lampion Sukabumi

meanminnie.wordpress.com

Banyak mochi yang beredar, namun harus kita akui, bahwa mochi dari Sukabumi lah yang paling terkenal diantara mochi-mochi lainnya. Di Sukabumi sendiri banyak penjual mochi bertebaran di mana-mana. Namun dari sekian banyak penjual mochi yang ada, mochi merek Lampion lah yang paling terkenal.

Selain karena merek ini adalah pioner pembuat mochi, harus diakui juga mochi ini memang paling enak rasanya dan memiliki tekstur halus dan kenyal. Walaupun harganya terbilang lebih malah dari pesaingnya, namun itu tidak mengurungkan niat para pecinta kuliner untuk membeli mochi di mochi lampion ini.

Mochi lampion sendiri terletak di Jl. Bhayangkata Gg. Kaswari II No. 19 kota Sukabumi. Uniknya mochi lampion ini tidak membuka cabang dan hanya bisa diperoleh dengan mendatangi langsung tempatnya. Saking terkenalnya mochi lampion ini, banyak artis dan media nasional yang sudah datang dan berkunjung ke tempat ini.

3. Tutug Oncom

Nasi tutug oncom khas angkringan kota paris

siliwangitrans.com

Tutug oncom terdapat di angkringan kota Paris. Walaupun baru dibuka sekitar setahun yang lalu, namun tempat ini ramai dikunjungi setiap malamnya oleh para pengunjung.

Banyak yang bilang angkringan di tempat ini makanannya enak-enak, banyak variasinya dan murah-murah. Dan salah satu makanan yang paling favorit di angkringan ini adalah tutug oncom.

Angkringan ini mulai buka dari jam 7 malam dan tutup pada jam 12 malam. Namun jika ingin berkunjung ke sini dan mendapati menu makanan yang masih lengkap, ada baiknya kamu datang sebelum pukul sembilan malam, karena jika lebih dari jam itu biasanya makanan di angkringan ini sudah mulai habis.

Selain menjual tutug oncom, di sini juga menjual makanan malam seperti bandrek, sekoteng, pisang pandan, susu murni dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Tempat makan palieng enak dan wisata kuliner di Sukabumi

4. Geco (Toge Tauco)

Toge Tauco khas sambal kacang sukabumi

bangbangsaleh.wordpress.com

Geco adalah singkatan dari Toge Tauco. Makanan ini bisa kamu temukan di Jl. Jendral Sudirman yang berhadapan langsung dengan RS. Assyifa. Makanan ini adalah salah satu tempat makanan favorit untuk dijadikan sarapan pagi. Setiap paginya sering terlihat penjual geco sibuk melayani para pembelinya, mulai dari yang memesan satu bungkus sampai yang belasan bungkus.

Walaupun tempat yang menjual geco ini berada di pinggir jalan, namun tidak mengurungkan niat para pembeli untuk menikmati kelezatannya. Harga geco ini juga terbilang murah, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 7.000,- untuk menikmati makanan yang satu ini.

5. Coklat #UnaiChoco

qolbunhadi.com

qolbunhadi.com

Kamu pecinta coklat? Di Sukabumi juga ada loh coklat yang sangat digandrungi, hampir semua orang suka dengan coklat yang satu ini. Nama coklatnya adalah #UnaiChoco.

Walaupun terbilang usaha coklat ini masih muda baru berumur 5 bulan, namun ternyata banyak orang yang suka akan coklat ini. Saking banyak yang suka sampai dapur #UnaiChoco pun dibuat kewalahan membuat orderan.

qolbunhadi.com

qolbunhadi.com

unaichoco_3205Coklat #UnaiChoco ini terbuat dari 100% coklat asli dan tentunya pasti akan bikin kamu ketagihan. Tersedia berbagai pilihan rasa, namun yang paling diminati adalah rasa: coklat keju, coklat mete, coklat permen, coklat stewberry dan colat blueberry.

qolbunhadi.com

qolbunhadi.com

20160325043855

qolbunhadi.com

qolbunhadi.com

Untuk menikmati satu toples coklat ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 35.000,-. Selain dijual eceran, coklat #UnaiChoco juga bisa menerima orderan sesuai request pemesan. Selain itu coklat #UnaiChoco pun bisa dijadikan souvenir pernikahan dengan tentunya model coklat yang sangat menarik.

20160325044412

Untuk pemesanan sendiri, bisa menghubungi:

SMS / WA : 0881 5406 323

BBM           : D2E5EDDC

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    wah, enak semua, siap untuk disantap dan dijadikan oleh-oleh kalau ke sukabami 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>