Cara membuat anyaman dari kertas

Ini Dia Cara Membuat Anyaman Dari Kertas Dengan Berbagai Motif Yang Menarik

Sudah kita ketahui bersama, anyaman dari kertas merupakan salah satu kerajinan seni kriya tradisonal asli Indonesia. Teknik dalam pembuatan karya seni ini masih dilakukan dengan cara manual tanpa menggunakan mesin. Dengan menguasai teknik membuat anyaman kertas, tentunya kamu akan mendapatkan berbagai manfaat. Diantaranya kamu bisa membuat tas, hiasan, tempat makanan, eternit rumah bahakan saat zaman dahulu anyaman kertas ini dugunakan untuk dinding rumah.

Adapun jenis anyaman itu sendiri terdiri dari beragam bahan serta pola yang digunakan. Jika kita lihat dari bahan yang digunakan, anyaman ini bisa dibuat menggunakan daun, bambu, kertas dan plastik. Selain itu biasanya bahan pembuatan anyaman juga terbuat dari bahan alami yang mempunyai sifat kuat dan lentur seperti akar, eceng gondok, rotan, peapah daun pisang, serabut kelapa dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk jenis motif anyaman itu sendiri banyak sekali contohnhya. Sebut saja motif kepang, mata itik, mata walik, pasung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seni kerajinan anyaman ini termasuk kedalam seni rupa terapan dua atau tiga dimensi. Disebut dua dimensi karena memiliki bentuk benda yang padat dan dihasilkan dari anyaman bisa berupa lemabaran yang datar. Sedangkan disebut tiga dimensi karena wujud hasik seni kerajinan anyaman ini mempunyai tiga ukuran, antara lain panjang, lebar dan volume.

Cara Membuat Anyaman Dari Kertas

Cara membuat anyaman kertas
seni-galeri.blogspot.com

Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapat jika bisa membuat anyaman dari kertas. Salah satunya kamu bisa mengisi waktu luangmu serta dengan hal yang manfaat, waktumu akan jauh lebih berharga dari pada hanya berdiam diri tanpa melakukan aktifitas apapun. Bahkan mungkin jika hasil dari anyaman kertas yang kamu buat itu bagus, tentu ini bisa dijadikan penghasilan tambahan kamu.

Mungkin kamu sudah penasaran bagaimana cara membuat anyaman dari kertas yang indah dan menarik. Berikut cara membuat anyaman dari kertas yang bisa kamu praktekkan.

Alat dan Bahan yang Harus Disiapkan

  1. Dua lembar kertas asturo atau manila yang berbeda warna sesuai selera yang diinginkan. Maksud dari menggunakan kertas yang berbeda warna, karena agar pola yang dihasilkan pada anyaman itu dapat jelas terlihat.
  2. Gunting, berguna untuk memotong serta merapikan sisa-sia kertas yang ada pada anyaman.
  3. Lem kertas, berguna untuk menempelkan atau memasang anyaman pada figura agar dapat dijadikan hiasan dinding.
  4. Pensil, berguna untuk membuat pola-pola yang akan digunakan pada bentuk anyaman yang akan kita buat.
  5. Penggaris, bergurna agar bisa membuat pola garis agar bisa lius, selain itu penggaris juga bisa membantu saat proses pemotongan kertas anyaman agar dapat benar- benar lurus.
  6. arter atau silet, berguna untuk memotong lembaran kertas secara kecil dan rapi agar bisa digunakan untuk pembuatan anyaman.

Langkah-langkah membuat Anyaman dari Kertas

Jika alat dan bahan yang diperlukan sudah disiapkan semuanya, maka kini tiba waktunya untuk membuat anyaman dari kertas. Dibawah ini, langkah untuk membuat sebuah anyaman sederhana dari kertas.

  1. Buatlah pola pada kertas yang akan kamu gunakan. Caranya buatlah garis-garis pada kertas dengan menggunakan penggaris dan pensil. Jarak antar setiap garis adalah 1- 1,5cm. Sisakan jarak 2 cm untuk bagian tepi kertas.
  2. Jika telah selesai membuat garis sebagai pola, potonglah kertas menggunakan karter atau silet mengikuti garis yang telah dibuat.
  3.  Ambil kertas yang kedua, kemudian gunting secara memanjang dengan jarak selebar 1 cm. Perlu diingat, samakan jarak antara kertas yang pertama dengan kertas yang kedua.
  4. Setelah pola dipotong, langkah selanjutnya yaitu mulailah menganyam dengan motif anyaman sesuai yang diinginkan. Jika masih awalan, kamu bisa membuat motif anyaman kertas yang sederhana dan tidak terlalu sulit, setelah mulai mahir barulah kamu bisa membuat motif anyaman yang tingkat pembuatannya lebih sulit dari sebelumnya.
  5. Jika sudah selesai mengayam, rapikan ujung-ujung kertas agar enak dilihat
  6. Langkah terakhir, Berikan lem pada tepi kertas kemudian rekatkan. Hal ini dilakukan agar anyaman semakin kuat dan tidak mudah terlepas.

Baca juga Artikel lain: Pengertian Seni Kerajinan Makrame dan cara membuatnya.

Tips untuk Membuat Motif Anyaman

  1. Agar dapat memudahkan dalam membuat motif anyaman, kamu dapat menggambar pola serta nya terlebih dahulu yang akan dibut pada kertas lain.
  2. Saat membuat anyaman, untuk memudahkan pembuatan kamu dapat menggunakan penggaris.
  3. Banyak panduan yang bertebaran di Internet, kamu bisa memanfaatkannya untuk bisa lebih mempermudah proses pembuatannya, apalagi jika kamu masih pemula.

Motif Anyaman Kertas

Di bawah ini, kami kumpulkan beberapa motif anyaman yang bisa kamu tiru. Semoga ini bisa membantu kamu yang ingin mempelajari pembbuatan anyaman dari kertas. Semoga bermanfaat 🙂

Contoh Anyaman dari kertas
rhymasetyaanugrahhhiny.blogspot.com
febrydion.blogspot.com
trianakurniawati.blogspot.com
trianakurniawati.blogspot.com
lovillage.wordpress.com
nofiantivivia.blogspot.com

——–

Mau infi peluang usaha menarik? Silahkan klik di sini.

1 thought on “Ini Dia Cara Membuat Anyaman Dari Kertas Dengan Berbagai Motif Yang Menarik

Leave a Comment