Cita-citaku jadi Entrepreneur yang Hafal Al-Quran.

Ini Dia 11 Cara Cepat Menghafal Al-Quran yang Membuatmu Nyaman

Langkah efektif menghafal Al-Quran

Sebagai seorang muslim tentu merupakan suatu kebanggaan tersendiri jika bisa menghafal Al-Quran semuanya, namun itu semua hanya menjadi niatan saja jika kita tidak memulai untuk menghafalnya, terkadang kitapun bingung harus dari mana untuk memulainya. Nah di artikel kali ini akan memberitahukan langkah efektif menghafal Al-Quran, semoga bermanfaat.

1. Luruskan Niat Ikhlas Mengahafal Al-Quran karena Allah.

Sebelum kita memulai suatu kebaikan apapun, jika niat awalnya salah, maka kedepepannya pun akan salah, termasuk dalam menghafal Al-Quran. Usahakan sebelum kamu memulai menghafalnya, bersihkan hati dari niat yang menyimpang, misal karena ingin dipuji, karena ingin dikagumi, dan hal-hal yang mengotori niat tersebut sehingga kamu akhirnya tidak ikhlas dalam proses menghafalnya. Setelah kamu Luruskan Niat ikhlas karena Allah, semoga Allah membantumu menjauhkan dari rasa malas dan bosan.

Langkah Efeketim Menghafal Al-Quran, Niat
Niatanmu mempengaruhi Pencapaianmu.

2.Setelah benar-benar meluruskan niat, maka shalat taubatlah dan dilanjut shalat hajat.

Setelah kamu meluruskan niat, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah shalat taubat, maksudnya agar dosa-dosa yang selama ini kamu punya itu  Allah ampuni, sehingga dosa-dosa lampau itu tak mempersulit kamu ketika akan menghafal. Kemudian setelah shalat taubat, dilanjut dengan shalat hajat,  bermohonlah kepada Allah supaya kamu dipermudah dalam proses menghafal Al-Quran.

Langkah Efeketi Menghafal Al-Quran, Jauhi Maksiat
Pesan imam Syafii

3. Perbanyaklah Do’a menghafal Al-Quran.

Semakin anda banyak berdo’a semakin Allah suka, maka selama proses menghafal Al-Quran, perbanyaklah berdo’a memohon dimudahkan menghafal Al-Quran. Contohnya bisa berdo’a seperti ini: “Ya Allah berikanlah kepada saya taufik untuk bisa menghafal Al Qur’an, dan berilah saya kekuatan untuk terus membacanya siang dan malam sesuai dengan ridha dan tuntunan-Mu , wahai Yang Maha Pengasih”.

4. Menentukan metode menghafal Al-quran.

Saat akan memulai menghafal Al-quran, ada banyak metode-metode Al-quran yang bisa kamu pakai, pastikan pilihlah metode menghafal yang membuatmu nyaman.

5. Sambil menghafal, perbaiki terus bacaanmu.

kelak suatu saat jika kamu menjadi imam (bagi pria), tentu kamu ingin saat membaca ayat-ayat Al-quran ketika membacakannya terdengar dengan indah, oleh karena itu pastikan saat memulai menghafal, perbaiki dulu bacaanmu. Namun jika sudah terlanjur menghafal, maka tak ada salahnya juga sambil perbaiki bacaanmu . Ingat, bukan hanya sekedar menghafal, namun menghafal dengan bacaan yang baik dan benar sesuai kaidah yang ada.

6. Milikilah seorang mentor khusus untuk mengontrol hafalanmu.

Agar hafalanmu terkontrol dengan baik, milikilah seorang mentor atau guru ngaji yang siap membenarkanmu dikala salah dalam proses menghafal Al-Quran. Terkadang ketika menghafal sendiri kamu tak tau bacaan mana saja yang salah, sehingga jika tidak dibenarkan itu sangat fatal kesalahannya. Jika tak ada yang membenarkan, mungkin kesalahan itu kamu akan ulangi terus menerus sampai ada orang yang membenarkannya. Nah kenapa harus ada mentor sejak awal? Karena fungsi mentor disini adalah dia siap membenarkan bacaan yang salah, sehingga kalaupun ada yang salah, maka kesalahan itu tak akan terulang lagi.

7. Perbanyak mendengar audio.

Agar bacaan kita baik dan benar, faktor selanjutnya adalah dengan memperbanyak mendengar audio murottal yang sedang kamu hafalkan. ternyata langkah ini cukup efektif untuk bisa memperbagus hafalan, kamu tinggal memilih bacaan syeikh mana yang membuatmu merasa nyaman. Semakin sering kamu mendengar audio, maka besar kemungkinan juga hafalan kamu semakin bagus.

8. Ulangi hafalan sesering mungkin

Sering-seringlah mengulang ayat-ayat atau surat-surat yang sudah di hafal, jangan sampai ketika kamu sudah hafal kamu tidak mengulanginya lagi dalam waktu yang lama, akhirnya saat akan mengulanginya lagi kamu sudah tidak hafal.

9. Saat shalat sunnah itu bisa jadi waktu yang tepat untuk pengulangan hafalan Al-Quran.

Shalat sunnah bisa jadi waktu yang sangat tepat untuk melakukan pengulangan hafalan, karena saat shalat seseorang biasanya sedang dalam konsentrasi tinggi, nah sayang sekali jika momen ini tidak kamu manfaatkan untuk proses mengulang hafalanmu. kebayang jika dalam sehari kamu mengerjakan shalat sunnah total sebanyak 18 rakaat, maka 18 kali pengulangan yang kamu lakukan pada hari itu, tentu ini sangat membantu agar hafalanmu semakin kuat.

10. Gunakan satu jenis mushaf Al-quran untuk kamu menghafal.

Jangan pernah sekali-kali pindah dari satu mushaf ke mushaf lainnya, karena mata kamupun ternyata ikut menghafal. Jika sering pindah-pindah mushaf dalam menghafal, tentu ini sangat menyulitkan mata kamu karena melihat satu ayat dalam berbagai posisi, sehingga hafalanmu pun menjadi buyar.

11. Menghafal itu mudah, menjaga hafalan itu yang belum mudah.

Panduan memelihara hafalan Al-Quran
qolbunhadi.com

Jangan sampai kamu dalam menghafal Al-Quran, pada awalnya begitu semangat, namun ketika ditengah jalan semangat kamu hilang. Banyak orang yang bisa menghafal Al-Quran dengan begitu cepat, namun sedikit dari mereka yang tetap menjaga hafalannya agar tetap terjaga. Disinilah akan terlihat mana yang istiqomah terus menghafal Al-Quran, dengan yang hanya semangat dan rajin pada awalnya saja. Semoga kita semua termasuk orang yang terus Istiqomah untuk selalu menghafal ayat suci Al-Quran.

Cara Cepat menghafal Al-Quran

Jika tadi kita telah membahas tentang langkah efektif menghafal Al-Quran. Nah, sekarang kita akan membahas tentangf cara cepat dan mudah menghafal Al-Quran. Contohnya, kita ingin menghafal salah satu surah dalam Al-Quran yang terdiri dari 25 ayat. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Pehatikan ayat pertama dengan seksama kemudian bacalah dengan detil dan tartil. Lalu ulangi bacaan ayat tersebut sebanyak 25 kali. Saat mengucapkan untuk pertama kalinya, mungkin kamu akan terbata-bata. Akan tetapi saat pengulangan yang ke 25 inshaa Allah kamu sudah lancar mengucapkannya bahkan tanpa harus melihat lagi ayatnya. Yang kamu lakukan cukup membaca ayat tersebut secara berulang, dan ingat tidak usah di hafal.

2. Untuk ayat kedua, bacalah untuk awalan dengan tartil. Lalu ulangi sebanyak 25 kali, percis sama menggunakan metode yang pertama. Bila sudah selesai, maka gabungkan ayat pertama dan kedua. Jadi intinya bacalah ayat pertama sebanyak 25 kali, kemudian dilanjutkan dengan ayat kedua dan mengulanginya sebanyak 25 kali juga. Kemudia kembali baca ayat pertama digabungdengan ayat kedua sebanyak 25 kali.

3. Kemudian bacalah ayat ke tiga menggunakan metode yang sama sebanyak 25 kali. Jika telah selesai, maka gabungkanlah bacaan ayat pertama, kedua, dan ketiga lalu ulangi bacaannya sebanyak 25 kali.

4. Pada ayat ke empat, kamu tinggal mengulangi cara yang sama pada point ke tiga.

5. Begitupun pada ayat ke lima, lakukan hal yang sama seperti yang sudah dilakukan pada empat ayat sebelumnya. Hal yang perlu kamu perhatikan pada ayat ke lima, kamu simpan dulu hafalanmu dan jangan terlebih dahulu menambahnya lagi sebelum membaca 25 kali. Inshaa Allah dengan cara seperti ini hafalanmu akan semakin kuat. Nah ketika sudah kuat, barulah kamu melanjutkan hafalan ke ayat 6 sampai 25. Perlu diingat, setiap kelipatan ayat ke lima maka berhenti dulu sejanak, lakukan pengulangan bacaaan sampai hafalanmu itu kuat. Sebenarnya, tidak ada patokan ketika keliapatan lima ayat harus berhenti dulu, namun dari pengalaman kami, kelipatan lima cukup efisien dan mudah untuk dilakukan.

Demikian artikel tentang cara cepat serta langkah efektif untuk menghafal Al-Quran. Banyak sekali manfaat menghafal Al-Quran, salah satunya bisa membuat hati yang gelisah menjadi tenang.

Semoga dengan kita semakin banyak menghafal Al-Quran, semakin dipermudah pula urusan kita olehNya. Dan tak lupa inipun sebagai bentuk salah satu cara bersyukur kita padaNya akan nikmat yang telah DIA berikan. Jika bermanfaat artikel ini, silahkan di share yaa. Terimakasih 🙂

 

 

 

2 thoughts on “Ini Dia 11 Cara Cepat Menghafal Al-Quran yang Membuatmu Nyaman

  1. Alhamdulillah…Jaza Kumullohu Khoiron.
    Inshaa Allah bermanfaat untuk semua muslim.
    keep spirit and istqomah !

Leave a Comment