Kepribadian

Ini Cara Mudah Bersyukur yang Perlu kamu Ketahui

Cara Mudah bersyukur rassukudalu.wordpress.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa kita harus selalu sering bersyukur dalam hidup ini. Tapi tahukah kamu bahwa tidak hanya sesuatu yang wajib dilakukan oleh kita yang memiliki iman, tetapi bersyukur juga alat pembuka rezeki dan nikmat yang lebih banyak lagi, tak percaya? Coba lihat surat Ali-Imran ayat 44.

Lalu, bagaimanakah langkah konkret untuk bersyukur? Berikut sedikit penjelasan tantang bagaimana cara mudah untuk bersyukur.

1. Buat Jurnal Syukur Setiap Hari

Cara Bersyukur, Buatlah Jurnal Syukur

ayodejijeremiah..wordpress.com

Langkah pertama, cobalah membiasakan diri untuk mencatat segala hal baik yang kita alami pada hari itu, misal ketika mendapat kemudahan ketika belajar, mendapat makanan gratis, dan lain sebagainya. Usahakan ketika membuat jurnal syukur ditulis disebuah buku khusus, jadi buku itu khusus berisi catatan-catatan syukur kita

Dalam sehari, tulislah paling sedikit 50 hal yang bisa kamu syukuri pada hari itu, namun banyak yang menyarankan juga untuk menuliskan 100 hal yang bisa kita syukuri, Kenapa harus melakukan hal ini? Tak lain alasannya karena semua ini memaksa pikiran sadar dan bawah sadar kita untuk melihat dan merenungi bahwa memang hidup kita telah begitu banyak dikucuri nikmat oleh Allah SWT, sehingga tak ada alasan lagi untuk kita untuk tidak bersyukur.

Namun mungkin kita pernah mengalami suatu fase dimana kita berpikir bahwa tak ada satupun hal yang patut kita syukuri, namun apa benar begitu? Cobalah berpikir lebih dalam lagi, apakah bisa menggerakkan jari, menghidup udara segar, mempunyai tubuh yang lengkap, bukankah itu juga merupakan nikmar dariNya? Jadi mustahil bagimu untuk tidak menemukan hal-hal yang patut disyukuri setiap harinya.

2. Setiap Hati Resah, Baca kembali Jurnal Syukurmu.

Membaca Catatan Syukur, cara Bersyukur

ultimatesammy.wordpress.com

Ketika hati suntuk dan resah, juga mulai kehilangan kepercayaan dan semangat, cobalah baca ulang “Jurnaal Syukur”  sudah kamu buat, resapi dalam-dalam setiap nikmati yang telah Allah berikan, percayalah jiwamu akan segar kembali seperti sedia kala dan, karena bersyukur itu membahagiakan dan menyehatkan.

3. Ketika Merasa Kekurangan, Lihat Orang yang kondisinya Dibawahmu.

Memberi Bantuan, Cara Bersyukur

jatengekspres.com

Ketika kamu merasa kekurangan, coba cari beberapa yang kondisinya dibawahmu lalu bandingkanlah dengan kondisi dirimu. Cari, temu lalu amatilah kehidupan mereka. Bayangkan jika kamu berada dikondisi mereka, maka kamu akan bersyukur betapa lebih beruntungnya kamu dibandingkan mereka.

Sesekali cobalah melakukan sesuat yang bisa meringankan beban mereka, dengan melakukan itu, kamu akan dipaksa lagi-lagi betapa beruntungnya dirimu, dan kamu akan menyadari bahwa nikmat dari Allah takkan pernah habis walaupun kamu telah membagikannya, bahkan yang ada nikmatmu akan semakin bertambah.

4. Terapkan ajian “UNTUNG” ala Orang Jawa.

Maksudnya menerapkan ajian UNTUNG disini adalah ketika mereka tertimpa musibah, biasanya mereka selalu mencari hal baik apa yang bisa didapatkan dari musibah itu, lalu mereka mengatakan, “Untung ya ………….” (kemudian mengatakan sesuatu hal baik apa saja yang bisa didapatkan dari musibah itu). Contohnya, ketika satu keluarganya sakit semua, mereka akan mengatakan “Untung tidak sampai harus dirawat.” Atau “Untung masih punya uang untuk berobat.” Intinya mereka selalu melihat fokus pada hal positif yang bisa diambil dari sebuah kejadian. Tentunya, ketika berpikir positif, hatimua akan selalu bahagia karena diiringi rasa syukur terus menerus karena selalu melihat nikmatNya walau dalam kondisi apapun.

5. Menjawab Pertanyaan Dengan Penuh Rasa Semangat dan Bahagia.

Cara Bersyukur, selalu semangat

pinkskydesign.com

Cara yang lainnya agar mudah bersyukur adalah dengan selalu menjawab pertanyaan dengan penuh rasa semangat dan bahagia, entah itu kondisi keuangan, kesehatan atau kehidupanmu.

Jawablah setiap pertanyaan dengan kalimat awal “Alhamdulillah ……. ” (lalu sebutkan berita baiknya), apapun itu. Jangan jawab setiap pertanyaan dengan nada lesu dan lemas “Ya, beginilah nasibku kang” Atau “Da akumah apa atuh” atau jawaban lain yang sejenisnya.

Ketika kamu menjawab dengan penuh rasa semangat dan bahagia, maka otomatis kamu pun mensyukuri nikmat Allah apapun itu, karena kamu tak sekalipun mengecilkan pemberian nikmat Allah kepadamu.

Demikian sedikit penjelasan tentang cara mudah untuk bersyukur, dengan sering bersyukur semoga bisa membantu memusatkan diri dan perhatianmu pada hal-hal yang positif dalam hidupmu. Sehingga dengan begitu, kamu akan menarik hal-hal yang positif juga dalam hidupmu. Terakhir cobalah ingat firman Allah  berbunyi “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikmatKu kepadamu”. (QS. Ibrahim: 7)

 

.

 

 

 

 

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like