Pendidikan

Ilmu Psikologi Warna yang Perlu kamu Ketahui

Arti Psikologi Warna rosyyassadiyahmandaku.wordpress.com

Ada banyak warna yang bisa kita lihat, seperti merah, kuning, hijau, ungu, dan masih banyak yang lainnya. Sebenarnya warna berfungsi untuk vibrasi tertentu dalam suatu desain. Begitu hebatnya kekuatan dari sebuah warna, sehingga bisa memberikan suatu efek psikologis kepada orang yang melihatnya.

Para ahli fisiologi dan psikologi menjelaskan, bahwa ada empat warna primer yaitu biru, merah, hijau dan kuning. Walaupun tidak diketahui secara pasti penyebab orang-orang menyukai warna dan kombinasi warna tertentu, namun yang jelas setiap warna memiliki karakter atau sifat tersendiri. Bahkan sejak dahulu ternyata warna mempunyai pengaruh tertentu pada manusia. Dan baru belakangan ini, pengguanaan warna telah dimanfaatkan secara meluas dalam dunia bisnis, busana, otomotif, permainan dan masih banyak yang lainnya. Itulah kenapa pentingnya kita harus memahami ilmu psikologi.

Lantas apa saja arti dari setiap warna yang sering kita lihat? Mairi kita simak penjelasan dibawah ini.

Hijau

Psikoilogi Warna Hijau

learnsimply.wordpress.com

Warna hijau itu warna yang tenang, biasanya dikaitkan dengan alam dan lingkungan. Di dalam desain, kita bisa memberikan sentuhan warna hijau untuk memberi kesan fresh dan segar.  Kita pun bisa dengan mudah memberikan kesan nuansa alami serta membumi dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap.

Merah

Psikologi Warna Merah

ledr.com

Merah adalah warna yang menggambarkan karakter yang kuat sekaligus hangat. Biasanya warna ini digunakan untuk memberi kesan psikologis berani, passion, energi, marah, serta panas. Beberapa penelitian menyatakan bahwa warna merah ternyata bisa menstimulasi nafsu makan, oleh karena itu tak heran mengapa banyak restoran-restoran atau produk kuliner ternama mengenakan warna merah sebagai bagian dari logo. Selain itu warna merah pun diyakini memiliki sidat yang dinamis.

Merah Muda (Pink)

Psikologi Warna Pink

fanpop.com

Warna merah muda atau banyak dikenal sebagai waran pink ini merupakan warna yang menggoda dan menyenangkan. Selain itu warna ini pun memiliki kesan feminim, sehingga banyak wanita menyukainya. Dan karena itu pula warna ini sering digunakan oleh produk-produk yang memiliki target pasar wanita.

Biru

Psikologi Warna Biru

mancai.deviantart.com

Dalam waran biru menyiratkan kesan yang serius, integritas, profesionalisme namun juga menyiratkan ketenangan dan ketulusan. Selain itu ada juga yang mengkonotasikan warna biru sebagai kekuasaan dan otoritas. Oleh karena itu, warna biru sangat populer digunakan dikalangan institusi dan perusahaan, baik swasta atau pemerintahan.

Kuning

Psikologi Warna Kuning

olahraga.kompasiana.com

Kuning memiliki arti sebagai warna yang cerah, bersahabat, hangat dan makmur. Sama halnya dengan warna merah, warna kuning juga bisa menstimulusi nafsu makan. Selain itu warna kuning juga tak jarang dikonotasikan secara negatif, yaitu sebagai warna yang menandakan rasa pengecut.

Coklat

Psikologi Warna Coklat

photobucket.com

Wakaupun menampilkan kesan tua, namun coklat juga merupakan warna yang hangat, maskulin dan sederhana. Wana coklat pun sering kali dimanfaatkan pada produ-produk yang berkaitan dengan alam terbuka.

Abu-abu (Grey)

Psikologi Warna Abu-abu

gfonecoatings.com

Bagi kebanyakan orang, warna ini biasa digunakan untuk mengungkapkan ‘ketidakjelasan’ atau ‘ketidakpastian’. Dan untuk sebagian orang lagi, abu-abu merupakan warna yang berkaitan dengan kenyamanan dan prestasi, sehingga orang yang menyukai warna abu-abu seringkali dipercaya sebagai seseorang yang senang membantu orang lain.

Hitam

Psikologi Warna Hitam

wallpoper.com

Warna ini sangat erat berkaitan dengan warna yang penuh misteri karena sangat susah didefenisikan secara pasti, karena memiliki dua makna yang tak sejalan, saling bertentangan. Di satu sisi, warna hitam identik dengan kejahatan serta kematian, sehingga menimbulkan kesan sunyi. Namun disisi lain, memiliki kesan kuat, solid serta tegas.

Putih

Psikologi Warna Putih

tokobungakelapagading.wordpress.com

Warna putih secara umum melambangkan kesucian, kebersihan, kedamaian, dan kesederhanaan. Warna ini juga diidentikan sebagai warna yang netral, sehingga sering digunakan ketika perang sebagai lambang “menyerah”. Namun jika akan dijadikan logo, warna ini akan kurang menarik jika berdiri sendiri, oleh karena itu sebaiknya warna ini dikombinasikan dengan warna yang lain.

Oranye (Orange)

Psikologi Warna Orange

imgkid.com

Warna ini merupakan warna yang ramah dan mengidentikkan kekreatifan, selain itu warna ini pun menggambarkan karakter pribadi yang bahagia, riang dan menyenangkan.

Silver (Perak)

Psikologi Warna Silver

sportku.com

Silver merupakan sebutan warna lain dari perak. Warna silver ini merupakan warna yang mempunyai kesan sesuai karakter perak, antara lain glamour, mahal, dan kemilau. Itulah sebabnya kenapa produk yang mempunyai warna ini biasanya lebih mahal dibandingkan produk yang mempunyai warna lain. Contohnya seperti sebuah mobil trendy.

Gold (Emas)

Psikologi Warna Emas

trend-kid.com

Warna emas ini sekilas sama seperti warna kuning, sehingga sedikit memiliki kesamaan makna yaitu kemakmuran. Selain itu warna emas ini pun memiliki kesan yang aktif juga dinamis.

Ungu

Psikologi Warna Ungu

aciilasvii.blogspot.com

Ungu merupakan warna yang mempunyai kesan mewah, oleh karena itu ungu menjadi identik warna dari harta dan kekayaan. Akan tetapi ada juga sebagian orang yang mengientikan warna ungu ini dengan gereja, karena melambangkan kebijaksanaan dan martabat disana.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>