7 Tempat Wisata di Sukabumi

Pesona 7 Tempat Wisata di Sukabumi Paling Mengagumkan

Keindahan tempat-tempat wisata di Sukabumi kebanyakan terletak pada wisata alamnya yang mengagumkan. Topografi wilayah sukabumi yang dikelilingi pegunungan membuat udara didaerah ini begitu segar dengan kondisi cuaca yang sangat sejuk. Kota Sukabumi sendiri terletik di Kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Jika kamu ingin datang ke ke tempat wisata yang ada disukabumi, perjalanan yang akan ditempuh adalah 120 km jika dari Jakarta dan 80 km jika dari Bandung. Cukup jauh memang, namun kamu jangan terlalu khawatir jika tenagamu banyak terkuras, karena banyak tempat makan yang enak dan terkenal di sukabumi yang bisa kamu nikmati tentunya.

Lantas apa saja tempat-tempat wisata yang mengagumkan di Sukabumi? Yuk, mari kita simak artikel berikut.

 1. Kampung Ciptagelar

Kmpung Ciptagelar merupakan kampung adat yang masih terjaga kelestariannya
ryanhdayat.wordpress.com

Kampung Ciptagelar adal sebuah kampung adat yang berumur lebih 650 tahun. Kampung ini terletak di desa Sirnaresmi kecamatan Cisolok kabupaten Sukabumi. Jika dari pusat kota Sukabumi, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 103 km.

Ketika kamu berkunjung kesana kamu akan menjumpai bentuk rumah yang sangat khas yang tak akan bisa dijumpai di tempat lain. Di kampung ini pula kamu akan menemukan sekelompok masyarakat yang masih memegang tinggi tradisi leluhur. Kelompok masyarakat yang tinggal di kampung ini disebut masyarakat kasepuhan.Tempat wisata yang satu ini pun merupakan sebuah cagar budaya yang sangat terpelihara dan dijaga kelestariannya.

2. Situ Gunung

Situ gunung adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi
fotoblur.com

Situ Gunung merupakan danau yang terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya terletak di kecamatan Kadudampit kabupaten Sukabumi dan berjarak sekitar 16 km dari pusat kota.

Daya tarik paling utama di tempat wisata ini adalah keindahan alam yang mengagumkan. Disini kamu bisa menjelajahi danau dengan menyewa perahu, memancing, makan santai dengan keluarga sambil menghirup udara yang sejuk, atau mungkin ingin berkemah menikmati malam yang indah. Tempat wisata ini pun ternyata merupakan salah satu tempat favorit untuk para fotografer mengambil foto bertemakan alam.

3. Goa Buniayu

Tempat Wisata Terkenal di Sukabumi Goa Buniayu
kotawisataindonesia.com

Goa Buniayu tereltak di desa Kerta Angsana, kec. Nyalindung, kabupaten Sukabumi. Umumnya para wisatawan yang datang kesini adalah para pecinta alam yang suka melakukan kegiatan caving.

Bentuk Goa ini menyerupai sebuah botol karena jalan masuk yang sempit namun ketika didalam akan terasa begitu luas. Sepanjang perjalanan menyusuri Goa ini kamu akan menemukan sungai dan air terjun yang berada dibawah tanah, rangkaian indah stalaktit dan stalakmit, serta ornamen alam lainnya.

4. Situ Sukarame

Situ Sukarame yang begitu indah
tempatwisataid.com

Situ Sukarame adalah sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Salak, tepatnya di desa parakansalak, Kec. Paralamsalak, Kab. Sukabumi. Danau ini dikelilingi hamparan kebun teh yang mempesona. Panorama alam di tempat ini begitu menakjubkan, ditambah udara yang sejuk dan segar semakin membuat kita betah berlama-lama ditempat ini.

Ketika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- Per Orang. Kawasan Situ Sukarame pun selain dijadikan tempat wisata tak jarang dijadikan pula sebagai tempat perkemahan bagi anak-anak pramuka.

5. Arung Jeram Sungai Citarik

Arung Jeram Sungai Citarik Tempat Wisata di Sukabumi
outboundindonesia.com

Sungai citarik merupakan salah satu tempat arung jeram yang sangat menarik untuk kamu kunjungi, apalagi bagi pecinta rafting. tempat wisata ini terkenal dengan aliran airnya yang deras, tentu ini akan semakin memicu adrenalin para wisatawan.

Arung Jeram Sungai Citarik pun merupakan salah satu arung jeram yang cukup populer di Jawa barat. Walaupun aliran airnya yang deras, namun kamu jangan terlalu khawatir ketika menikmati wisata ini. karena kamu akan dibimbing oleh para operator professional yang siap memandu dan membimbing kamu selama menikmati temopat wisata ini.

6. Pantai Cimaja

Pantai Cimanja salah satu Tempat Wisata di Sukabumi
indosurfingrepublic.com

Beberapa tahun terakhir ini pantai Cimanja mulai terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Sukabumi yang mempunyai keindahan alam yang menawan. Pantai ini terletak di desa Cimaja, berjarak sekitar 10 km dari pantai Pelabuhan Ratu. Di pantai ini kamu akan disuguhkan pemandangan indah disertai ombak yang besar namun tetap aman sehingga cocok untuk para peselancar.

Banyak orang yang setelah berkunjung ke pantai ini mengatakan bahwa pantai ini ternyata tidak kalah indah pemandangannya dari pantai-pantai yang berada di Bali. Tak heran banyak turis yang datang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati pemandangan yang indah serta untuk berselancar menikmati ombak Pantai Cimanja ini.

7. Geopark Ciletuh

tempat Wisata di Sukabumi salah satunya Geopark Ciletuh
papsiciletuh.blogspot.com

Geopark Ciletuh terletak di Kec. Ciemas Kabupaten Sukabumi. Geopark Ciletuh sendiri merupakan sebuah tempat wisata di Sukabumi yang masih sangat alami karena belum banyak wisatwan yang berkunjung ke tempat ini. Ketika sampai, kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang memikat, seperti bukit, pantai hingga bebatuan zaman purba yang masih terjaga kelestariannya.

Di kawasan wisata Geopark Ciletuhterdapat juga sejumlah air terjun, seperti Curug Cikanteh, Curug Cimarinjung, Curug Ngelay serta Puncak Manik. Untuk menuju tempat wisata ini, dibutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan dari pusat kota Sukabumi.

Leave a Comment