Inspirasi

Hai Remaja! Inilah 10 hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memasuki Usia 20

Usia 20 penanda dewasa mashable.com

Usia 20an seringkali dianggap sebagai tanda mulai dewasanya seseorang karena sudah mulai meninggalkan masa remajanya, karena saat dia berusia 20an keputusan-keputusan yang diambil akan sangat memberi pengaruh yang besar terhadap masa depan. Begitupun dengan kamu, diusia ini kamu tentunya tidak akan membiarkan lagi hidupmu terus mengalir begitu saja tanpa arah tujuan yang jelas.

Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum terlambat. Nah, apa aja sih yang harus kamu ketahui dan kamu persiapkan sebelum memasuki usia 20? Yuk simak artikel dibawah ini.

1. Saat Remaja Teruslah Eksplorasi Diri Sendiri, Hingga Akhirnya Kamu Tau Semua Tentang Dirimu Sendiri

Eksplorasi Diri, Hingga kamu tau siapa dirimu

huffingtonpost.com

Masa remaja adalah waktu yang sangat tepat untuk mencari jati diri siapa dirimu sebenarnya. Karena diusia 20 nanti kamu harus benar-benar paham mengenai dirimu. Dengan mengenali dirimu sendiri seutuhnya, kamu akan semakin siap memasuki kehidupan diusia 20an yang akan sangat menentukan masa depanmu nanti.

Memulai mengenali diri bisa diawali dengan bisa mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu, pahami dengan baik keduanya. Lalu setelah mengetahui dan mengenalinya dengan baik, maksimalkanlah kelebihanmu, hingga diusia 20an kamu sudah tidak bingung lagi kemana tujuaan arah hidupmu, karena kamu pasti akan membuat dirimu bersinar dengan kelebihanmu. Sedangkan untuk kekuranganmu, kamu bisa siasati dari awal hingga orang lain tak berani menyerangmu.

2. Diusia 20an, Kamu akan menjadi lebih bisa menghargai uang

Harailah uang dengan bijaksana, salah satunya dengan menabung

mindofeta.blogspot.com

Saat memasuki usia 20an, kemungkinan besar kamu akan terpisah dari orang tuamu baik itu karena bekerja atau melanjutkan kuliah diluar kota. Saat terpisah, otomatis kamu tak bisa lagi sesuka hati meminta uang kepada orang tuamu, kamu pun pasti akan mulai malu karena sudah dewasa namun masih meminta-minta. Kamu akan memikirkan setiap harinya akan makan apa dan bagaimana caranya untuk tetap bisa bertahan hidup. Kamu pun akan lebih bisa menghargai uang, karena jika kamu masih tetap boros, bersiap-siaplah untuk puasa beberapa hari di akhir bulan. Selain itu tentunya kamu akan lebih bijaksana dalam menyikapi keuangan.

3. Jangan Memasang Ekspetasi yang Terlalu Tinggi, itu Akan Membuatmu Kecewa

Terlalu berekspetasi, bisa menyebabkan kecewa

innoblessing.com

Biasanya seorang remaja ketika mempunyai suatu keinginan pasti akan menggebu-gebu karena mempunyai semangat yang tinggi. Bagus memang, namun jika kamu tak menyadarinya kemampuanmu sendiri, kamu akan kecewa jika angan-angan dan keinginanmu tak terkabul karena sudah berekspetasi terlalu tinggi.

Jadi dari sekarang mulailah mengontrol ekspetasimu, boleh mempunyai keinginan dan angan-angan, namun kamu pun harus tau seberapa besar kapasitas dan kemampuanmu untuk mewujudkan keinginan itu, karena tidak semua hal yang kamu inginkan akan berjalan sesuai apa yang kamu pikir dan kamu bayangkan.

4. Jagalah Selalu Jalinan Pertemanan Lamamu

Jangan Lupakan Teman Lama

qolbunhadi.com

Diusia 20an nanti, pastinya kamu akan mempunyai banyak teman baru, seiring dengan seberapa banyak lingkungan baru yang kamu masuki. Semakin banyak teman memang semakin bagus, namun jangan sampai ketika kamu mempunyai teman yang baru, kamu lupa akan teman lamamu.

Jalinlah terus komunikasi dengan teman lamamu, walau sekedar hanya menanyakan kabar, apalagi sekarang di zaman teknologi ini, berbagai media sosial sangat dengan mudah membantumu berinteraksi dengan teman lama walaupun jarak memisahkan, jadi tak ada alasan lagi buat kamu untuk tidak menyapa mereka.

5. Bertemanlah Seluas Mungkin, Bisa Jadi Teman Barumu Itu Akan Memudahkanmu.

bertemanlah dengan siapa saja

qolbunhadi.com

Selagi kamu bisa berkenalan dengan banyak orang, maka bertemanlah seluas dan sedalam mungkin, penting bagimu ketika memasuki usia 20an untuk menjalin pertemanan dilingkungan yang baru. Ketika kamu jauh dari orang tua, orang pertama yang akan memperhatikanmu adalah teman-teman yang berada disekitarmu, merekalah orang pertama yang akan membantumu dikala sulit. Maka, jalinlah hubungan yang baik dengan mereka.

6. Melakukan Kesalahan itu Wajar, yang Tidak Wajar adalah Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri

melakukan kesalahan itu wajar

cerita-islami.blogspot.com

 

7. Kebebasan Mengambil Keputusan yang Kamu Peroleh di Usia 20an, itu Semua Ada Konsekuensinya

kebebasan mengambil keputusan

qolbunhadi.com

Kelak diusia 20an nanti mungkin kamu akan dibingungkan karena harus memilih beberapa keputusan yang akan menentukan jalan hidupmu. Ketika kamu sudah memutuskan keputusan itu dan seiring waktu keputusan yang diambil itu sebenarnya salah sehingga berakibat pada jalan hidupmu, jangan terlalu menyesalinya. Kesalahan itu wajar pasti pernah dibuat oleh setiap manusia, yang tak wajar ialah kamu terus menyalahkan diri sendiri hingga berlarut-larut memakan waktu yang lama. Tetap tenang dan berpikir positifah, karena kesalahan yang kamu perbuat pasti akan ada hikmah yang bisa kamu ambil, toh kamu pun masih bisa memperbaiki kesalahan yang kamu perbuat selagi kamu bangkit dari keterpurukanmu itu.

Diusia 20an nanti, orang tuamu mungkin sudah memberikan kepercayaan penuh kepadamu untuk mengambil sebuah keputusan mana jalan hidup yang akan diambil, mereka mungkin akan mendukung keputusanmu selagi itu baik dan tidak akan mencampuri keputusanmu itu. Menyenangkan bukan? Tapi tunggu dulu.

Kebebasan mengambil keputusan yang diberikan oleh orang tuamu itu tak diberikan secara cuma-cuma, kamu harus membayar kepercayaan itu dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Jadi berpikirlah matang-matang sebelum memutuskan, sedikit saja kamu salah mengambil keputusan di usia 20an, itu akan mempengaruhi jalan hidupmu. Semua ada koneskuensinya.

8. Jangan Sia-Siakan Waktu.

jangan sia-saiakan waktu

moroccanwriters.com

 

Menyia-nyiakan waktu diusia 20an sama saja dengan menghancurkan masa depanmu. Saat masih remaja, kamu mungkin masih bisa bersenang-senang menyia-nyiakan waktumu begitu lama, namun ketika memasuki usia 20an, jangan sampai itu terulang lagi. Diusia 20an adalah waktu yang pas buatmu untuk berkreasi, berikhtiar untuk menciptakan jalan hidup terbaikmu, karena diusia ini kedewasaanmu mulai tumbuh dan kamu pun masih sangat mempunyai badan yang sehat. Jadi jangan sia-siakan waktumu itu.

9. Perubahan itu Pasti, Tak Perlu Terlalu di Takutkan

perubahan pasti, tak perlu engkau takutahan itu

qolbunhadi.com

Jangan kaget ketika bertemu teman lamamu di usia 20an  namun perubahannya sangat mencolok, itu hal yang biasa. Misal saat masih SMA temanmu itu dianggap orang pendiam namun ketika bertemu di usia 20an, dia menjadi orang yang super aktif, periang, dan lain-lain.

Ketika memasuki usia 20an, memang seseorang akan mengalami perubahan yang cukup drastis, sama sepertimu yang sedang memantaskan diri menuju ke arah lebih baik.Kamu juga pasti merasakan perubahan itu, hanya saja kamu tidak menyadarinya. Jadi tak perlu terlalu takut akan sebuah perubahan, namun yang harus kamu takutkan adalah jika kamu tidak bisa beradaptasi dengan perubahan itu sendiri.

10. Hal Paling Penting, Nikmatilah Segala Perubahanmu Itu

nikmati segala perubahan yang kamu alami

kaubukansapi.files.wordpress.com

Sebagai remaja, kamu pasti penasaran akan masa depanmu nanti. “Duh, aku nanti dapat pekerjaan yang aku impikan ga ya?” atau “Nanti aku tinggal dimana ya sama pasanganku kelak?”. Rasa penasaran ini adalah hal wajar, namun jika terlalu berlebihan bisa membuat kamu terburu-buru ingin segera sampai dimasa itu. Namun ketahuilah, biasanya sesuatu yang terburu-buru itu akan memberikan hasil yang kurang diharapkan. Nikmati saja prosesnya, cukup berikan usaha yang terbaik dan diiringi oleh do’a dan amal, Inshaa Allah, masa depanmu akan menjadi seperti apa yang kamu impikan.

Hidup di usia 20an memang penuh rasa, kamu seperti akan merasakan naik dan turun kehidupan seperti naik Roller Coster. Tapi ketika kamu bijaksana dan diringi sikap yang dewasa, kamu akan bisa melewati fase kehidupan ini dengan indah. dan yang paling terpenting, selalu percaya diri pada kemampuan sendiri dan bertanggung jawablah pada kehidpanmu, dan juga tentu percaya DIA, DIA yaitu Tuhamu, yang mengatur segala kehidupanmu dari lahir sampai meninggal kelak.

Selamat menikmati kehidupan fase penuh tantangan, usia 20 tahun! #Fight

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like