Ragam Cara

Ini Dia Resep Cara Membuat Es Puter yang Sehat dan Lezat

hendraicecream.wordpress.com

Es puter merupakan salah satu makanan legendaris yang terkenal di Indonesia. Es krim ini sering disebut juga dengan es dung-dung karena biasanya penjual yang menjajakannya sering membunyikan suara dung-dung menggunakan gong. Es krim puter berbahan dasar santan kelapa yang biasanya dihidangkan dalam berbagai macam warna dan rasa oleh penjualnya sehingga bisa mempercantik tampilan es krim yang nikmat dan lezat ini. Tetapi sayangnya seiring perkembangan zaman, mulai bermunculan oknum pedagang es puter yang tak bertanggung jawab. Para oknum ini menambahkan pewarna sintesis ke dalam campuran bahan pembuat es puter supaya bisa terlihat semakin menarik. Tentu hal ini sangat membahayakan jika dikonsumsi. Namun tenang saja, buat kamu penggemar es puer, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips tentang resep bagaimana cara membuat es puter yang aman dikonsumsi dan pastinya juga lezat.

Resep Es Puter

Bahan-bahan Membuat Es Puter

  1. 2 liter santan kental.
  2. 2 lembar daun pandan yang sudah dipotong-potong.
  3. 1 sendok teh garam.
  4. 400 gram kelapa muda yang sudah dicincang halus.
  5. 3oo gram gula pasir.
  6. 2 sdm tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan 6 sdm air.

Bahan Tambahan

  1. Potongan roti tawar.
  2. Potongan buah Alpukat.
  3. Potongan buah Stawberry.
  4. Tape ketan.

Cara Membuat Es Puter

galvanrealestateandservices.com

galvanrealestateandservices.com

Berikut ini kami jelaskan bagaimana cara membuat es puter yang lezat dan aman untuk dikonsumsi.

  1. Masak santan yang sudah dicampur dengan garam, gula pasir dan daun pandan sampai matang. Jangan lupa sesekali aduk santan agar santan tidak pecah.
  2. Masukkan maizena yang sudah dicampur air tadi kedalam santan.
  3. Buang daun pandan yang terdapat pada santan, kemudian tambahkan kelapa muda kedalam santan yang sudah dimasak. Aduk sampai merata.
  4. Masukkan bahan es puter ke dalam container di freeser. Kemudian diamkan sampai santan membeku selama 5 jam.
  5. Setelah itu, ambil dan haluskan menggunakan mixer. Selain itu, kamu juga bisa mengeruk dengan cenong sampai hancur.
  6. Simpan lagi es kedalam freezer hingga beku.
  7. Ulangi kembali cara no. 5 dan no. 6 beberapa kali sampai es puter menjadi butiran halus.
  8. Jika sudah halus, es puter bisa disajikan. Untuk semakin menambah kenikmatan es krim puter, kamu juga bisa menambahkan bahan pelengkap berupa potongan roti, alupkat atau tape ketan.
  9. Jika kamu mempunyai mesin pembuat es krim, maka kamu tidak perlu melakukan cara no. 4 sampai no.7. Kalau sudah melakukan cara no. 3, kamu tinggal masukan bahan es puter ke dalam ice crean maker. Kemudian proses sesuai petunjuknya.
  10. Es puter siap disajikan.

Demikaian penjelasan mengenai cara membuat es puter. Kamu tertarik untuk mencobanya di rumah? COba saja menggunakan resep ini ya. Inshaa Allah berhasil. Semoga tips singkat ini bisa bermanfaat buat kamu. Selamat mencoba dan semoga hasil es krimnya enak ya dan disukai banyak orang. Sekian dan terima kasih.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>