Ragam Cara

Resep dan Cara Membuat Es Lilin Kacang Hijau yang Enak dan Sehat

cara membuat Es lilin kacang hijau iing-belajar.blogspot.com

Siapa yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini. Yap, Es Lilin merupakan salah satu minuman yang cukup terkenal di kalangan anak-anak kecil. Selain itu para orang tua ternyata sering juga mencari minumanan ini dengan alasan untuk mengingat kembali masa-masa kecil mereka.

Namun, apakah kamu tau bahan yang sering digunakan untuk membuat Es lilin itu? Jangan kaget ya. Ternyata ada sebagian oknum pedagang nakal yang tidak bertanggung jawab melakukan praktek kecurangan terhadap para konsumennya. Hal ini mereka lakukan demi meraup untung yang sebesar-besarnya. Para pedagang itu menggunakan bahan yang dapat membahayakan kesehatan. Contohnya saja penggunaan air yang belum dimasak, penggunaan sakarin yang berlebihan dan bahan berbahaya yang lainnya.

Oleh karena itu, di sini kami akan memberitahukan resep bagaimana cara membuat Es Lilin Kacang Hijau yang sehat untuk dikonsumsi. Adapun bahan utamanya adalah kacang hijau. Berikut ini kami tau bahan dan cara pembuatannya.

Resep dan Cara Membuat Es Lilin Kacang Hijau

es lilin kacang hijau

dapursaja.blogspot.com

Bahan Es Lilin Kacang Hijau

  1. Siapkan 300 gram kacang hijau yang sudah di rendam semalaman hingga mengembang.
  2. 1,7 liter air matang.
  3. 550 gram gula pasir
  4. 500 ml santan kental.
  5. 4 lembar daun pandan.
  6. 75 plastik es lilin.
  7. Terakhir siapkan karet gelang secukupnya untuk mengikat plastik es lilin.

Baca juga: Makanan Praktis yang Bisa Dibikin dengan Mudah Oleh Pria

Cara Membuat Es Lilin Kacang Hijau

  1. Rebuslah kacang hijau hingga empuk lalu tiriskan.
  2. Masak air hingga mendidih lalu campurkan gula pasir, tambahkan juga santan kental dan daun pandan. Aduk semua bahan itu hingga merata.
  3. Perlu diperhatikan, masaklah dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Lalu angkat dan tiriskan.
  4. Masukkan kira-kira 2 sendok teh kacang hijau dan 45 ml campuran gula dan santan ke dalam plastik es lilin. Jika sudah, lalu ikat dengan karet gelang yang sudah disediakan. Lakukan dan ulangi itu semua hinnga semua bahan habis.
  5. Jika semua kantong es lilin sudah terisi, lalu masukkan ke dalam freezer.
  6. Diamkanlah es lilin di dalam freezer selama 4-7 jam.
  7. Setelah 4-7 jam dan kacang hijau yang didalam plastik sudah mengeras. Maka es lilinpun siap untuk dikonsumsi.

Demikian penjelasan artikel tentang resep dan cara membuat es lilin kacang hijau. Semoga bermanfaat dan es buatannya enak yaa. 🙂

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>