Wisata Dalam Negeri

10 Daftar Tempat Wisata Di Cianjur Yang Paling Favorit Dikunjungi

ppgctour.com

Cianjur merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa barat. Darah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut di timur, Kabupaten Sukabumi di Barat, Samudra Hindia di Selatan, serta Kabupaten Bogor dan kabupaten Purwakarta di Utara.

Daerah ini sebagian besar merupakan daerah pegunungan, dan sebagiannya lagi merupakan daerah pantai selatan berupa dataran rendah yang cukup sempit. Jika ingin menuju Cianjur untuk berwisata, kamu bisa menempuh dari Jakarta melewati jalur Sukabumi, jalur Puncak, atau jalan alternatif melalui Jonggol. Nah, di bawah ini ada beberapa tempat wisata di Cianjur yang paling favorit dan sering dikunjungi, mungkin ini bisa dijadikan salah satu pilihan untuk berwisata kamu bersama keluargamu.

1. Kebun Raya Cibodas

ppgctour.com

Tempat wisata ini terletak di Jl. Raya Cibodas  Cipanas. Cianjur. Memiliki luas sekitar 125 Ha. Kebun raya cibodas ini merupakan tempat yang sempurna bagi para pengunjung yang ingin  merasakan menyatu dengan alam. Di tempat ini, kamu bisa melihat sekitar 10.791 koleksi tanaman, 710 jenis koleksi biji-bijian, dan 4.850 koleksi herbarium.

Semua koleksi tanaman di tempat ini terbagi menjadi dua koleksi, yaitu koleksi yang terdapat di di rumah kaca  dan koleksi yang terdapat di kebun. Di rumah kaca terdapat koleksi tanaman yang terdiri dari anggrek (321 jenis), kaktus (287 jenis), dan sukulen (170 jenis). Tetapi, kamu masih bisa menemukan jenis tanaman liar yang terdapat di rumah kaca. Sedangkan koleksi tanaman yang terdapat di kebun berjumlah 1.011 jenis, diantaranya terdapat tanaman khas juga menarik seperti Bunga Bangkai (Amorphopallus Titanium) yang mempunyai ukuran bunga raksasa dan bisa menarik serangga, pohon Bunya-bunya (Araucaria bidwill) yang meruapakan tanaman tua dan memiliki pokok batang yang besar, serta Kina (Cinchona Pubescens) yang merupakan tanaman obat. Untuk menikmati semua fasilitas di Kebun Raya Cibodas, pengunjung cukup mengeluarkan biaya sebesar 6 ribu rupiah.

2. Situs Gunung Padang Cianjur

uiupdate.ui.ac.id

Tempat wisata yang satu ini terletak di kampung Gunung Padang serta kampung Panggulangan, desa Karyamukti kec. Cempaka, Cianjur. Situs ini merupakan situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Tidak seperti situs megalitikum pada umumnya (seperti Machu Picchu, Piramida, Stonehenge) yang dibangun bertujuan untuk menyembah dewa matahari, situs ini dibangun diorientasikan seluruhnya untuk gunung Gede. Kenapa dikatakan begitu? Karena ini nampak dari pola bangunan punden berundaknya yang asimetris, dan tidak dibangun simetris ke semua sisi seperti candi borobodur, namun hanya mengarah ke satu sisi, yakni Gunung Gede. Oleh karenanya, Gunung Gede menempati posisi geomantik yang sangat kuat bagi situs Gunung padang.

Yang unik dari tempat wisata ini adalah ditemukannya bilah-bilah batuan yang dialokasikan sebagai alat musik. Hal ini merupakan penemuan pertama di Indonesia. Ada sekitar tiga bilah batu yang dapat mengeluarkan nada musik dengan dentingan (pitch) berfrekuensi sekitar 2600-5200 KHz. Di situs Gunung Padang ini ada sebuah sumur yang menurut kepercyaan warga sekitar bisa membuat kisah asmara dengan pasangan menjadi romantis dan dipenuhi cinta.

3. Pantai Jayanti

dyateqon.blogspot.com

Pantai ini berlokasi di Cidaun Selatan, tepatnya di desa Cidamar, Kec. Cidaun, Cianjur Selatan. Jika melakukan perjalanan dari pusat kota cianjur menuju Pantai Cijayanti dibutuhkan waktu sekitar 4 jam. Pemandangan di pantai ini sungguh indah dan menawan. Kebersihan di tempat inipun masih sangat terjaga karena belum banyak orang yang mengetahuinya.

4. Kota Bunga

anggunnadyawisastra.blogspot.com

Biasanya yang mengunjungi tempat ini adalah mereka yang sudah lelah dengan hiruk pikuk kota dan ingin menjernihkan kembali pikirannya. Ditempat wisata ini, terdapat banyak villa yang disewakan agar kamu dan sekeluarga bisa menikmati sejuk serta segarnya kota Cianjur dan pemandangan yang luar biasa indah dan menawan di atas pegunungan.

Hal menarik lainnya, di sini terdapat suatu tempat yang bernama “Little Vience” atau sering disebut dengan cerminan kota venisia, kita dapat menikmati kota itu dan berkeliling dengan menggunakan cano dan kapal mini boat, bahkan terdapat juga merlionnya Singapore. Untuk bisa mendapatkan semua fasilitas itu, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 35 ribu/ per orang. Selain Little Vience, di tempat ini juga terdapat objek wisata lainnya yakni permainan anak-anak dan penyewaan kuda tunggang.

5. Istana Cipanas

skyscrapercity.com

Tempat wisata ini terdapat di kaki Gunung Gede, tepatnya di 103 km arah Jakarta. Dibangun oleh Gubernul Jendral Gustaaf William Baron Van Imhoff pada tahun 1742. Luas area ini sekitar 26 ha serta luas bangunan 8000 m2.

6. Gunung Gede

bentara.id

Gunung Gede merupakan salah satu objek wisata paling favorit, menarik dan sering dikunjungi baik oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang cocok untuk didaki oleh para pemula, karena tingkat kesulitannya yang tidak terlalu sulit. Jika ingin mendaki Gunung Gede, kamu bisa memlih jalur tracking melalu Cibodas yang sudah tersedia.

7. Waduk Jangari

flickr.com

Waduk Jangari berlokasi di Kecamatan Mande, Cianjur. Waduk ini dikenal sebagai tempat pembesaran ikan air tawar. Ikan mas merupakan salah salah satu ikan air tawar yang dipelihara di sini. Ikan yang dipelihara di sini memiliki kelebihan tersendiri, yakni ikannya bisa cepat besar juga dagingnya yang tidak berbau lumpur. Oleh karenanya, area ini cocok digunakan bagi kamu yang suka memancing. Selain itu kamu bisa menikmati segarnya kelapa muda serta lezatnya ikan bakar hasil pancinganmu di saung-saung yang sudah tersedia di area ini.

8. Curug Citambur

ncandra.wordpress.com

Curug Citambur terletak di desa Karang Jaya, kecamatan Pagelaran, kabupaten Cianjur. Curug ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki potensi yang sangat bagus. Untuk sampai ke lokasi ini kamu perlu perjuangan yang lumayan berat, karena jalannya masih banyak yang bebatuan. Namun semua itu akan terbayar sudah karena melihat pemandangan yang menakjubkan. Ketika sampai sana, kamu akan disuguhkan oleh panorama alam yang eksotis, yakni air terjun yang meluncur ke bebatuan dari ketinggian 100 meter, sesekali pelangi akan terlihat di sela-sela halimun yang membuat cape dan lelah kamu akan hilang seketika.

9. Pantai Arfa

bloqwist.blogspot.com

Tempat wisata ini berlokasi di kecamatan Sindang Parang, Cianjur Selatan. Tepatnya di sebelah selatan kota Sindang Barang. Berjarak sekitar 300 meter dari alun-alun Sindang Barang.

10. Wana Wisata Mandalawangi

wisatamandalawangi.blogspot.com

Wana Wisat Mandalangi terletak di desa Rarahan, kecamatan Pacet, berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Cianjur. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 39,5 ha dan memiliki berbagai koleksi fauna dan flora. Suhu udara di sekitar tempat ini berkisar 18º-20º C.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>