Kumpulan Contoh Slip Gaji Beserta Pengertiannya

Gajian merupakan sesuatu yang di tunggu-tunggu oleh semua karyawan baik karyawan / pegawai swasta dan pegawai negeri. Gajian akan diberikan oleh perusahaan pada akhir bulan atau awal bulan. Tentu adalah hal yang menyenangkan jika gaji yang sudah diharapkan sudah bisa kita terima seutuhnya.

Pengertian Slip Gaji

Sebelum masuk ke bahasan contoh slip gaji, alangkah baiknya bila kita tahu terlebih dahulu mengetahui arti dari slip gaji. Bisa disimpulkan, slip gaji merupakan catatan ringkas yang didalamnya terdapat hak-hak yang semestinya diperoleh oleh karyawan dalam kurun waktu tertentu serta juga pengurangan yang berkaitan dengan pembayarannya. Sedangkan definisi gaji adalah upah yang diberikan oleh suatu perusahaan baik swasta atau negeri kepada seluruh karyawan atas kinerjanya yang diberikan kepada perusahaan untuk membantu tercapainya tujuan dari perusahaan tersebut.

Bagian-bagian Slip Gaji

Dalam slip gaji terdapat beberapa bagian yang harus kita ketahui, antara lain sebagai berikut:

1. Nama Perusahaan

Bagian paling atas dalam slip gaji adalah nama perusahaan. Di bagian ini menjadi penegasan bahwa slip gaji ini adalah salah satu bagian dokumen resmi perusahaan. Oleh karena itu, orang luar perusahaan yang membacanya bisa mengetahui perusahaan yang mengeluarkan slip gaji itu.

2. Kerahasiaan Gaji

Sesudah nama perusahan, selanjutnya ada bagian yang menyatakan kerahasiaan slip gaji itu. Kerahasiaan tersebut dinyatakan dengan Confidential dan Private. Maksud dari tujuan ini yakni menyatakan bahwa slip gaji adalah dokumen rahasia yang seharusnya hanya diketahui
oleh karyawan yang menerimanya saja.

3. Tanggal Pembayaran, Subdepartemen dan Data Karyawan

Bagian selanjutnya merupakan tanggal pembayaran gaji, data subdepartemen serta data singkat karyawan. Data seubdepatemen terdiri dari nama dan alamat subdepartemen. Sedangkan data karyawan terdiri nama, nomor pegawai dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

4. Penghasilan dan Potongan

Bagian berikutnya adalah penghasilan dan potongan. Adapun penghasilan terdiri atas gaji pokok, insentif dan tunjungan lainnya. Sedangkan, potongan sendiri terdiri dari iuran Jamsostek, saving plan karyawan, iuran koperasi perusahaan dan masih banyak yang lainnya.

5. Detail Pembayaran Gaji

Di bagian terakhir yakni detail pembayaran gaji, ada beberapa bagian antara lain sebagai berikut

  • Penghasilan sebelum dipotong pajak
  • Penghasilan setelah dipotong pajak
  • Pajak Bulanan
  • Jumlah uang bersih yang diterima
  • Nama bank yang melakukan pembayaran

Contoh Slip Gaji

Ada beberapa contoh pembayaran disertai slip gaji yang sering digunakan oleh perusahaan dalam penggajian karyawan swasta maupun pegawai negeri sipil. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak contoh-contohnya dibawah ini.

Contoh slip gaji karyawan

contohsuratdinas.com

Contoh slip gaji pegawai swasta

zodiakcinta.com

Contoh slip gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS)

elkhanza.wordpress.com

Contoh slip gaji karyawan PT

antarapost.com
antarapost.com

Contoh slip gaji karyawan pabrik

contohsuratdinas.com

Contoh slip gaji pegawai honorer

contohsuratdinas.com
contohsuratdinas.com

Demikian beberapa contoh slip gaji yang bisa diberikan. Semoga dengan mengetahui contoh-contoh slip gaji ini bisa menjadi referensi kamu dalam membuat slip gaji untuk karyawan. Sekali lagi, semoga informasi ini bermanfaat untuk semua yang membacanya. Terimakasih.

Leave a Comment