Ragam Cara

Cara Mudah Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

cikaniscute.blogspot.com

Siapa sih yang tak mengenal gitar? Pasti semua sudah mengenalnyakan. Gitar sendiri merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Dibagi menjadi tiga jenis, yakni Gitar Akustik, gitar Elektrik dan Gitar Klasik.

Untuk menguasai alat musik ini, memang tidak mudah namun tidak terlalu sulit pula. Kamu hanya perlu mengetahui dan memahami cara bermain gitar yang baik dan benar. Jika kamu ingin memainkan sebuah  gitar, apapun itu jenisnya, kamu perlu memahami trik dasarnya terlebih dahulu. Dan Jika kamu seorang pemula yang berkeinginan belajar alat musik yang satu ini, kini tak perlu khawatir karena di Internet pun sudah banyak informasinya ataupun di buku chord gitar, kamu bisa belajar secara otodidak tanpa harus les privat.

Untuk kamu seorang pemula yang ingin belajar bermain gitar, ada baiknya kamu baca artikel berikut yang menjelaskan cara mudah bermain gitar untuk pemula. Yuk, mari kita simak.

Mempunyai Gitar

paroquiadaviladecano.blogspot.com

 

paroquiadaviladecano.blogspot.com

Langkah yang pertama jika kamu ingin optimal dalam belajar bermain gitar, kamu harus mempunyai gitar pribadi. Dengan memiliki gitar pribadi, kamu bisa berlatih setiap hari di rumah tanpa harus meminjam ke temanmu atau pergi ke studio untuk menyewanya. Jika hal itu terjadi, tentu itu akan menghambat kamu yang ingin bisa bermain gitar. Kamu bisa mempunyai gitar dengan harga dan merk tertentu sesuai dengan budget dan kebutuhan yang dimiliki. Sebagai seorang pemula, ada baiknya kamu memilih gitar jenis akustik atau klasik terlebih dahulu, karena selain harganya yang sangat bersahabat, jenis gitar ini sangat mudah ditemui di pasaran.

Belajar Dasar Chord Gitar

chordzero.blogspot.com

Untuk seorang pemula, pada tahap awal disarankan untuk mengetahui beberapa kunci gitar atau dasar chord yang sering digunakan. Contohnya: Am, Dm, Em, C, F, G. Usahakan untuk bisa menghapal satu chord atau kunci gitar perhari dari ke enam chord tersebut. Jadi coba fokuskan seluruh perhatianmu untuk latihan penempatan jari di freatboard gitar dan hapalkanlah posisi nada dari setiap chord tersebut. Umumnya setiap orang bisa menghapal 2-3 chord perhari, namun jika baru pertama kali belajar jangan terlalu memaksakan juga. Lebih baik santai tapi pasti, dari pada terburu-buru namun tak ada yang ingat satupun. Selain itu, jari dan tubuh kita pun membutuhkan penyesuaian saat belajar bermain gitar.

Mengiringi Lagu dengan Chord

karinosekai.over-blog.com

Pada tahap berikutnya adalah kamu belajar mengiringi lagu sambil memainkan kunci gitar. Terserah lagu apa saja yang kamu akan nyanyikan, yang penting nyaman dan hafal ketika kamu bawakan. Untuk mengetahui chord apa yang digunakan, kamu bisa sambil melihat majalah gitar yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Yang agak menantang dari tahap ini adalah menggabungkan strumming (meng-genjreng) gitar secara tepat sesuai pergantian chord lagu. Biasanya ketika masih awalan, kamu akan sedikit canggung dan kaku bergani chord dengan cepat. Tak usah khawatir karena itu merupakan sesuatu hal yang wajar, karena memang koordinasi tangan kamu belum sepenuhnya terbentuk. Tenang saja, seiring waktu berjalan pasti akan bisa juga.

Untuk awalan, kamu bisa memainkan tempo lagu yang lambat dulu, lalu mainkan gitar dengan sangat lambat dan jangan terburu-buru agar kamu dapat merasakan feel-nya. Karena yang terpenting pada tahapan ini adalah melakukan strumming dan pergantiarn chord secara tepat. Kecepatan akan terbentuk dengan sendirinya seiring kamu seringnya latihan. Saat menekan freat gitar, usahakan pakai ujung jari tangan kamu jangan pakai kuku dulu. Karena jika memakai ujung jari tangan akan menghasilkan suara yang jauh lebih bagus. Sebaiknya lakukan teknik ini selama dua minggu pertama secara terus menerus, maka hasilnya pun akan cepat terlihat.

Latihan Gitar yang Teratur

Ketika ingin apapun, diperlukan ketekunan dan pengorbanan dalam prosesnya. Sama halnya ketika waktu anak kecil belajar berjalan, dia harus jatuh bangun dalam prosesnya, namun dia tidak pernah berhenti mencoba. Tidak perlu terlalu sering porsi latihannya, namun satu hal yang dibutuhkan, yaitu disiplin dan konsistensi dalam menjalaninya.

Memang ketika belajar bermain gitar dibutuhkan koordinasi yang sangat tepat agar bisa menghasilkan suara musik yang merdu dan enak didengar. Dan agar bisa mendapatkan kemampuan itu, dibutuhkan latihan yang teratur dan konsistensi dalam menjalaninya.

Mempunyai Partner / Mentor

showbiz.liputan6.com

Partner atau mentor sangat diperlukan untuk mengukur sejauh mana tingkat kemampuan kita dalam memainkan gitar. Tak usah repo-repot mendatangkan guru les atau guru privat, kamu cukup sharing perkembangan permainanmu pada teman yang sudah bisa bermain gitar. Dan tentu mereka akan membimbing dan memperbaiki permainan gitarmu untuk bisa lebih baik lagi sesuai kemampuannya.

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>