Tips dan Trik

Cara Mengobati Masuk Angin Secara Cepat

ibu-hamil.web.id

Mungkin semua orang pernah merasakan masuk angin. Sebenarnya, banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami masuk angin, mulai dari kondisi tubuh yang menurun, cuaca yang tak bagus. Yang jelas, jika penyakit yang satu ini tidak ditangani secara cepat dan tepat, tentunya sakit akan berlangsung lebih lama dan aktifitas kerja kamu akan terganggu.

Berikut ini, kami akan mencoba berbagi tips dan cara ampuh mengatasi masuk angin secara cepat dan tepat. Mulai dari tahap pencegahan sampai pengobatan. Satu hal yang perlu diingat, kamu harus selalu makan-makanan yang bergizi dan selalu tidur cukup dan menjaga kesehatan adalah salah satu cara kamu agar selalu bersyukur.

1. Berkumur-kumur

Ternyata para orang tua di jepang selalu mewajibkan anak-anaknya yang masih kecil untuk langsung berkumur setelah pulang dari aktivitas apapun. Memang harus diakui, berkumur-kumur ternyata mempunyai fungsi yang cukup ampuh untuk mengatasi masuk angin, penyebabnya karena bakteri yang ada di sekitar kerongkongan dan mulut akan terbilas habis bersama air.

Untuk berkumur sendiri, baiknya menggunakan air hangat yang dicampur satu sendok teh garam dan ditambah sedikit baking soda. Coba lakukan hal ini secara rutin.

2. Madu dan Teh Lemon

Dari segala obat alami masuk angin yang bisa dicoba, mungkin campuran inilah yang paling enak untuk dikonsumsi. Teh mempunyai kandungan anti oksidan yang cukup tinggi, bisa berfungsi untuk membuat tubuh lebih rileks dan membuhun bakteri dan zat-zat asing. Sementara lemon mempunyai kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Madu sendiri dipercaya memiliki kandungan gizi yang dapat mempercepat proses peremajaan dan regenerasi sel-sel tubuh. Jika kamu sedang mengalami masuk angin atau merasakan tanda-tanda akan masuk angin, maka jangan ragu untuk segera membuat campuran madu dan teh lemon. Untuk hasil yang maksimal, konsumsilah sebelum tidur.

3. Rebusan Air Daun Pepaya

Cara selanjutnya untuk mengobati masuk angin yakni dengan meminum rebusan air daun pepaya. Cara ini sebenarnya sangat manjur, namun karena air rebusan air daun pepaya rasanya pahit dan kurang enak, orang-orang tidak menyukai cara ini. Asal kamu tau, dalam antbiotik daun pepaya terdapat antsetinggi bawang putih yang bisa dengan mudah mengatasi masuk angin. Namun jika tidak tahan, bisa juga mengkonsumsi dalam bentuk tumis daun pepaya, tetapi cara ini tidak semanjur dalam bentuk rebusan air.

Cara mengkonsumsinya cukup mudah, kamu tinggal mengamvil 3 hingga 4 lembar daun pepaya yang dicuci hingga bersih, lalu rebus kurang lebih dalam satu liter air. setelah itu, rebus air hingga hanya setengahnya saja yang tertinggal, dan yang terakhir minumlah air rebusan itu.

4. Konsumsi Bawang Putih

Bawah puting memang mempunyai khasiat yang banyak untuk tubuh. Selain berfungsi untuk mengobat sakit gigi, bawang putih juga ternyata bermanfaat untuk mengobati masuk angin. Cara mengonsumsi bawang putih ini dengan cara mencampurkannya ke dalam makanan, atau jika kuat kamu bisa memakannya mentah-mentah dengan diberi sedikit garam.

Namun yang paling banyak disukai orang, adalah dengan menjadikannya sup bawang. Kandungan zat alician di dalam bawah putih sangat tinggi, fungsi dari zat ini yakni sebagai antibiotik alami yang menghambat pertumbuhan virus dan bakteri di dalam tubuh.

5. Air Jahe

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa jahe merupakan obat yang paling ampuh bisa mengatasi masuk angin. Dan menggunakan jahe sebagai obat adalah dengan cara di tumbuk, direbus, lalu airnya diminum. Salah satu khasiat luar biasa yang dimiliki jahe adalah dapat membuat tubuh menjadi hangat seketika setelah memakan atau meminumnya.

untuk membuatnya lebih enak dan bisa mengurangi rasa pedas, kamu bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Akan lebih nikmat, jika air jahe itu diberi tambahan gula batu dan dikonsumsi bersama gorengan yang hangat.

6. Jangan Terlalu Sering Jajan Es

Nasihat ini biasanya yang diberikan oleh orang tua pada anaknya yang masih kecil. Namun memang ada benarnya nasihat ini, terlalu banyak mengonsumsi es dapat menimbulkan masuk angin, apalagi saat periode pergantian cuaca.

Satu hal yang harus diingat ketika ingin mengonsumsi es, apalagi yang suak dijual di warung-warung pedagang kaki lima, biasanya es itu kurang higienis pembuatannya. Sebagai contoh ada gelas es-nya yang tidak dicuci bersih, bahkan yang lebih parah es-nya terbuat dari air mentah, dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya tidak terlalu sering jajan es, lebih baik mengonsumsi es yang dibuat sendiri.

7. kerokan

Kerokan sudah banyak dilakukan oleh orang Indonesia untuk mengobati masuk angin. Cara ini biasanya dilakukan dengan cara menggosok-gosok bagian punggung dengan minyak kayu putih atau balsem, kemudian mengeroknya menggunakan koin. Bagian punggung terus dikerok sampai meninggalkan bekas warna keunguan atau kemerahan yang menandakan proses telah selesai.

Ditinjau dari segi ilmiah, kerokan memang bisa menyembuhkan masuk angin. Karena saaat dikerok, ternyata tubuh kita akan mengeluarkan zat alami bernama Thiamin yang berfungsi mengurangi rasa sakit. Pada umumnya, kerokan dilakukan saat awal periode masuk angin, hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit berkembang menjadi lebih parah.

8. Sup Ayam

Selain rasayanya yang enak dan bisa menghangatkan tubuh, sup ayam juga mempunyai khasiat untuk mencegah masuk angin atau bahkan bisa menyembuhkannya. Biasanya saat masuk angin melanda, lidah akan terasa pahit sehingga membuat susah menelan makanan berat seperti rosi atau nasi.

9. Vitamin C

Tahukah kamu, bahwa konsumsi vitamin C mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk bisa meningkatkan daya tahan tubuh? Perut kembung dan merasakan sakit di langit-langit mulut ketika menelan merupakan tanda-tanda awal tahap masuk angin. Saat kamu menyadari periode awal masuk angin tersebut, maka segeralah mengonsumsi banyak vitamin C.

Banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C, salah satunya cabai dan jeruk. Namun sebenarnya, vitamin C alami itu jauh lebih bagus dari pada vitamin C buatan yang biasa dijual di apotek.

10. Saat Berpergian Malam

Berpergian pada waktu malam adalah salah satu penyebab utama masuk angin. Asal kamu tau, angin malam itu sangat dingin dan banyak mengandung kandungan zat asam arang (karbondioksida) yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menghindari berpergian di malam hari.

Sekian tips cara mengobati masuk angin beserta pencegahannya, semoga bermanfaat buat kita semua.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>