Cara Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting, karena berfungsi sebagai indra pendengar. Oleh karena itu, sudah seharusnya kamu menjaga salah satu organ tubuh ini dengan baik. Salah satu hal lumrah yang sering terjadi adalah ketika telinga kemasukan air, tentu ini akan berakibat fatal jika tidak ditangani secara cepat karena akan mengganggu kesehatan dan kegiatan harian kamu.

Kondisi dimana telinga kemasukan air biasanya disebabkan karena ketidaksengajaan, ini bisa terjadi kepada siapapun baik bagi anak kecil maupun orang dewasa. Walaupun pada kenyataannya, anak kecil lah yang sering mengalami hal ini, karena mereka seringkali tidak bisa diam saat mandi. Penyebab selanjutnya adalah saat sedang berenang, apalagi ketika gaya bebas. begitu posisi badan sedang miring air di dalam kolam akhirnya bisa masuk ke dalam telinga. Mungkin hal ini nampak sepele, tetapi jika tidak segera atasi ini bisa mengakibatkan hal yang fatal, apalagi kamu tau sendiri kan air dalam kolam itu kotor. Dan asal kamu tau juga, merawat kesehatan telinga adalah salah satu cara kita bersyukur kepadaNya.

Keluhan yang wajib diwaspadai

Terkadang telinga yang kemasukan air biasanya dibiarkan begitu saja dan akan menguap dengan sen dirinya. Tetapi, pada kenyataannya bisa berkata lain. Apabila kamu merasakan gangguan pada pendengaranmu, segeralah pergi ke dokter untuk menangani hal ini. Biasanya gangguan pada pendengaran terjadi disebabkan kotoran yang mengembang dalam telinga, hal itu terjadi karena terdapat air yang tidak menguap di sana. Namun tenang saja, cara menyembuhkannya tidaklah terlalu sulit, kamu cukup membuang kotoran yang ada di dalam telinga tersebut.

Air yang berada pada balik gendang telinga

Pernahkah kamu merasakan hal ini? Dimana kondisi telingamu normal biasa saja hingga gendang telinga, namun gangguan menyerang pada ruangan kecil yang menghubungkan telinga dengan saluran menuju hidung. Gangguan seperti ini biasanya terjadi karena tekanan yang tiba-tiba berubah secara mendadak. Misalnya ketika pesawat akan lepas landas atau take off. Jika gangguan seperti ini masih berlanjut, sebaiknya kamu melakukan fisioterapi atau bisa juga meminta bantuan dokter spesialis untuk mengeluarn cairan yang berada di balik gendang telinga.

Perasaan sakit telinga seperti kemasukan air

Mungkin kamu pernah merasakan saat telingamu seperti kemasukan air, padahal sebenarnya tidak, itu hanya tanda bahwa kamu sedang mengalami gangguan telinga. Banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan telinga, salah satu contohnya adalah karena infeksi atau juga karena munculnya bisul pada daerah telinga. Gangguan telinga ini terjadi biasanya muncul karena debu atau air yang masuk dalam telinga.

Solusi

Ada beberapa cara untuk mengatasi telinga yang kemasukan air, untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa poin di bawah ini.

1. Memiringkan kepala

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika telinga kamu kemasukan air adalah cukup memeringkan kepala. Misal ketika telingan kananmu kemasukan air, maka tutuplah telinga kiri menggunakan tanganmu kemudian miringkan ke arah kiri. Selanjutnya gunakanlah telunjuk tangan kanan untuk memasukkan air kedalam telinga kanan. Jika dirasa air sudah masuk, miringkan lagi kepala ke arah kanan supaya air yang berada di dalam telinga dapat terbawa keluar semuanya. Ulangi cara ini beberapa kali hingga berhasil jika dalam percobaan pertama masih gagal.

2. Melompat-lompat

Cara kedua selain dengan memiringkan kepala, kamu juga bisa melompat-lompat seperti orang yang sedang bermain skipping. Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika akan melompat, gunakanlah telapak kaki saat akan meloncat dan gunakanlah tumit saat akan mendarat. Hal ini bertujuan agar air yang ada dalam telinga bisa dikeluarkan secara keseluruhan.

3. Gunakan Alkohol dan Cuka

Mungin banyak orang yang belum menghetahui cara ini, namun sebenarnya cara ini cukup efektif untuk mengatasi telinga yang kemasukan air. Cobalah buat campuran cairan dari alkohol dan cuka, lalu teteskan cairan itu ke dalam telinga yang kemasukan air. Diamkan beberapa saat, maka kamu akan merasakan manfaat dari campuran tersebut karena cairan tersebut dapat mengeringkan air dalam waktu singkat.

4. Gunakan pengering rambut

Panas yang dihasilkan oleh pengering rambut bisa menjadi alternative untuk mengeluarkan air di dalam telinga. Namun ketika akan melakukan cara ini, kamu harus berhati-hati dan usahakan jangan melakukan dengan tangan sedniri, mintalah bantuan kepada orang disekitarmu. Pastikan kepada temanmu bahwa dia memegang pengering tidak terlu dekat dengan telinga dan pastikan juga dia telah mengaturnya dengan menggunakan tenaga yang rendah.

5. Gunakan Obat Tetes Telinga

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air adalah dengan cara memakai obat tetes telinga antiseptik. Untuk melakukan hal ini, kamu harus meneteskan obatnya secara perlahan, langkah selanjutnya yaitu hadapkan telinga ke arah bawah, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan air dalam telinga seluruhnya.

Leave a Comment