Menenangkan hati yang Sedang Gelisah

Cara Menenangkan Hati yang Sedang Gelisah

Setiap orang pastinya pernah merasakan keadaan hati yang gelisah, mungkin penyebab kegelisahan itu karena dia sedang dilanda masalah yang cukup penat, banyak pikiran, atau karena ada sesuatu hal yang lainnya. Walaupun sedang mengalami masalah, buat orang-orang yang sudah terlatih mengelola suasana hati mudah baginya untuk tetap tenang dan tidak gelisah.

Dibawah ini, ada beberapa cara menenangkan hati ketika gelisah yang mungkin bisa bermanfaat, sehingga kegelisahan yang dirasakan bisa berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Sabar

Bersabar ketika mendapat ujian
baitulmaqdis.com

Seberat apapun masalah yang sedang dihadapi yang membuat hati gelisah, jika kamu bisa bersikap sabar inshaa allah akan terasa ringan, karena Allah selalu bersamamu pasti akan membantumu. Untuk menguatkan keyakinanmu untuk selalu bersikap sabar sehingga bisa mendapatkan ketenangan hati, coba bacalah salah satu firmanNya dalam surat Al-Baqarah ayat 153 yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah Bersama orang-orang yang sabar” (QS. Al-Baqarah : 153).

Mengevaluasi Diri

evaluasi idiri menenangkan hat
thegypsynurse.com

Terkadang masalah yang menimbulkan kegelisahan hati itu akibat pebuatan diri kita sendiri. Namun diri kita lah yang tak menyadari akan hal itu. Cobalah untuk mengevaluasi diri, apakah perbuatan yang kita lakukan itu sudah benar?

Berbagi dengan Orang Lain

Jika tidak mampu menyimpan beban masalah yang ada sehingga membuat hati menjadi gelisah, cobalah untuk minta bantuan pada orang lain. Tidak ada salahnya untuk berbagi atau bercerita apa yang sedang dirasa kepada sahabat atau keluarga yang dapat dipercaya. Dengan menceritakan apa yang sedang dialami, setidaknya itu akan mengurangi bebanmu sehingga hatimu tidak terlalu gelisah. Mungkin dengan berbagi juga kamu akan mendapat solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Berpikir Positif

Berpikir Positif agarhati tenang
qolbunhadi.com

Menerima apa yang telah terjadi, kemudian sebisa mungkin selalu berpikir positif sangat bisa membantu untuk menenangkan hati yang sedang gelisah. Jangan sampai kamu terus memikirkan hal-hal yang negatif tentang masalah yang sedang terjadi, apalagi sampai menyalahkan Allah karena tidak bersikap adal pada dirimu. Coba tanamankan kalimat ini didalam benakmu “Allah tidak akan menguji hambaNya diluar batas kemampuannya”.

Berdzikir (Mengingat Allah)

Berdzikir menenangkan hati
zhi-dhi.blogspot.com

Coba perhatikan sejanak salah satu firmanNya yang berbunyi: “Orang-orang yang beriman dan hati mereka akan menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati akan menjadi tenang”.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di ayat tersebut, dengan mengingat Allah lah hati akan menjadi tenang. Jadi sepelik apapun persoalan hidup yang sedang dihadapi, serumit apapun problematika hidup yang sedang dijalani, sehingga membuat hati menjadi gelisah, cukup dengan mengingat Allah lah hatimu akan kembali menjadi tenang.

Berdzikir adalah salah satu cara agar bisa mengingat Allah. Tetapi satu hal yang harus di ingat, jangan melakukan dzikir hanya sebatas perkataan saja, namun libatkan juga hati dan perbuatan, karena ketiganya adalah rangkaian yang tak bisa dipisahkan.

Salah satu waktu yang sangat di anjurkan untuk berdzikir adalah disepertiga malam saat shalat tahajjud. Namun jika kamu kesulitan untuk bangun disepertiga malam, kamu bisa membaca artikel tips agar bisa bangun dan beribadah disepertiga malam.

Berdo’a

Berdoa menenangkan hati
riyadhulquran.com

Allah sang pemilik dan penggenggam hati hambaNya, maka jika hatimu sedang merasa gelisah, berdo’alah kepada Allah agar diberi ketenangan dan ketentraman hati. Ingat, hanya Allah saja yang bisa membolak-balikkan suasana hati hambaNya.

Leave a Comment