Bunga Pandan Bali

Cara Menanam, Merawat dan Budidaya Pohon Pandan Bali

Pernah mendengan bunga Pandan Bali? Ya, tanaman ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu para pecinta tanaman hias. Memang bunga atau pohon Pandan Bali ini biasa digunakan sebagai tanaman hias penghias ruangan atau taman. Ada dua jenis Pandan Bali, yaitu yang lurus atau bercabang. Sebenarnya keduanya sama-sama mempunyai bentuk yang cantik, Akan tetapi pemilihan jenis tanaman yang tepat akan membuat sudut ruangan atau taman yang kamu tanami tanaman ini akan terlihat indah dan menawan.

Pandan Bali termasuk tanaman yang mudah tumbuh dengan cara penanaman dan perawatan yang cukup mudah. Untuk lebih jelasnya bagaimana tentang cara oenanaman dan perawatannya, yuk simak panduannya di bawah ini:

Cara Menanam, Merawat dan Budidaya Pohon Pandan Bali

Tanaman Hias Bunga Pandan Bali
sewatanamanhias.indonetwork.co.id

Pembibitan

Pembibitan Pandan Bali dilakukan dengan memperbanyak tunas. Adapun caranya itu cukup mudah, yaitu dengan memisahkan tunas yang telah muncul dengan pisau tajam. Lakukanlah dengan jati-hati agar tidak merusak sistem perakaran pohon Pandan Bali. Setelah tunas terpisah, kemudian diamkan beberapa saat di tempat basah/lembab sebelum ditanam agar tidak layu.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Sedap Malam Serta Khasiat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Penanaman

Pertama-tama yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu adalah media tanamanya. Adapun media tanamanya sendiri bisa berupa olahan tanah yang dicampur dengan pupuk kompos/kandang (1:1). Setelah dicampurkan, kemudian buat lubang tanam dengan kedalaman 22-27 cm dan tanamlah bibit Pandan Bali dengan arah tegak lurus. Selanjutnya jika sudah ditanam bibitnya, kemudian timbunlah dengan media tanam disekitarnya dan jangan lupa dipadatkan agar kuat dan tidak gampang roboh sesudah ditanam. Agar tanaman tidak layu dan bisa tumbuh dengan baik, siramlah dengan teratur setaip pagi dan sore hari.

Perawatan

Tidak seperti tanaman hias yang pada umumnya harus memerlukan perawatan yang rumit, tanaman hias bunga Pandan Bali ini cukup mudah untuk merawatnya. Kamu hanya perlu melakukan penyiraman berkala saat terlihat kering saja dengan penyiraman secukupnya dan tidak berlebihan. Selain melakukan penyiraman, kamu juga harus sering melakukan pemangkasan agar Pandan Bali ini selalu terlihat cantik dan indah. Jangan lupa lakukan juga penyiangan, hal ini bertujuan agar nutrisi bisa terserap dengan maksimal. Proses penyiangan ini sebaiknya dilakukan secara bersamaan dengan pemupukan, yakni setiap 1,5 – 2 bulan sekali.

Leave a Comment