Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Anggrek

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Bunga Anggrek Di Pot

Bunga Anggrek memiliki banyak jenis, diantaranya adalah bunga anggrek bulan yang merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang cukup terkenal dan banyak disukai oleh penduduk Indonesia teutama para perempuan. Memang sudah tidak diragukan bunga ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias karena keindahannya dan cocok sekali dengan iklim di Indonesia, baik cocok dipajang di dalam rumah maupun di luar rumah.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis bunga anggrek yang bahkan sering diabadikan menjadi sebuah foto atau lukisan bunga anggrek yang sangat indah. Sebut saja seperti rangkaian jenis bunga anggrek merah, bunga anggrek ungu, bunga anggrek hitam, bunga anggrek papua, bunga anggrek tanah, bunga anggrek macan, serta masih banyak lagi jenis bunga anggrek yang lainnya. Bunga anggrek ini sangat cocok untuk hidup di daerah tropis, itulah sebabnya kenapa tanaman ini begtu banyak di jumpai jenisnya di Indonesia.

Pada umumnya orang-orang hanya mengetahui bahwa tanaman bunga anggrek itu harus ditempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Mungkin timbul sebuah pertanyaan, benarkah bunga anggrek ini bisa ditanam di dalam rumah yang ruangannya tertutup? Tentu saja, bunga anggrek ini masih bisa ditanam di ruangan yang tertutup, yaitu dengan cara menanamnya di dalam pot yang disimpan di dalam rumah. Lantas mungkin timbul pertanyaan lagi, bukankah bunga anggrek ini harus terkena sinar matahari agar tetap tumbuh? Ya, memang salah satu cara serta syarat menanman bunga ini adalah harus ditempatkan ditempat yang terkena sinar matahari. Tapi tunggu dulu, ternyata bunga anggrek juga masih bisa tumbuh di dalam rumah walauypun tidak terkena sinar matahari sekalipun, asalkan didekatnya terdapat lampu tanaman yang akan menyinarinya.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Di bawah ini, ada beberapa tips cara merawat bunga anggrek di dalam rumah.

1. Tempatkan bunga anggrek di tempat yang terkena sinar matahari secara alami

Jangan sampai bunga anggrek ditempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari sama sekali. Usahakan tempatkanlah di tempat yang terkena sinar matahari. Namun perlu diingat, jangan sampai bunga anggrek itu terkena sinar matahari secara langsung dan tidak boleh terlalu panas juga. karena jika itu terjadi dapat mengganggu pertumbuhan bunga anggrek itu sendiri.

2. Membeli lampu ruangan

Lampu ruangan berfungsi agar bunga anggrek yang ditempatkan di dalam ruangan tetap terkena cahaya.Hal ini cukup penting, karena jika bunga anggrek ini kekurangan cahaya maka akan menjadi tidak sehat dan dapat mengalami kematian.

3. Usahakan terjaga kelembapannya

Karena merupakan jenis tanaman tropis, lingkungan alami tanaman ini adalah daerah yang lembab. Jaga terus tanaman ini agar selalu lembab, hal ini perlu dilakukan agar tanaman ini masih tetap bisa tumbuh dengan baik.

4. Tanam Anggrek dalam pot kecil

Bunga anggrek ini memiliki akar yang halus sehingga membutuhkan pot yang lebih kecil agar dapat terus tumbuh dan berkembang. Perlu diingat, ada beberapa jenis bunga anggrek yang perlu diganti pot setiap tahunya. Tetapi, jenis bunga anggrek yang lainnya masih bisa tumbuh dan berkembang walau terdapat di dalam pot selama bertahun-tahun.

5. Memberikan Pupuk

Berikalan pupuk yang hanya diperuntukkan untuk bunga anggrek atau tanaman bunga tropis. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena agar bisa memberikan hasil yang optimal. Kamu bisa menanyakan tentang pupuk ini ketika membeli bunga anggrek atau kepada ahli tanaman yang kamu ketahui.

Pada lima point di atas, sudah dijelaskan tentang bagaimana cara dan tips merawat bunga anggrek. Namun sebelum melakukan itu semua ada hal penting yang perlu kamu ketahui. Tentu sebelum merawat bunga anggrek, terlebih dahulu kamu harus mengetahui bagaimana cara menanam bunga anggrek ini. Mengapa hal ini perlu kamu ketahui? Karena biasanya akan ada kepuasan tersendiri jika kita memiliki bunga anggrek yang ditanam sendiri dari pada yang dibeli atau ditanam oleh orang lain.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Jadi bagaimana sebenarnya cara menanam bunga anggrek itu? Sebelum membahas lebih lanjut, kamu harus tau terlebih dahulu bahwa terdapat dua gaya cara dalam menamam bunga anggrek ini. Yakni dengan cara gaya ditempel atau gaya ditanam di dalam pot. Kedua cara itu bukan merupakan sesuatu hal yang aneh karena memang bunga tersebut termasuk dalam kategori tanaman hias. Di bawah ini ada penjelasan lebih lanjut dari masing-masing gaya cara menanam bunga anggrek.

1. Menanam di dalam pot

Cara menanam Bunga Anggrek di dalam Pot
flowerian.com
  • Pililhlah pot tanah atau plastik, karena pot ini sangat cocok dan bagus untuk ditanami bunga anggrek.
  • Selanjutnya buatlah tiang untuk penahan batang. Hal ini perlu dilakukan tanaman bunga anggrek ini menjalar, selain itu fungsi dari pembuatan tiang juga agar dapat memelihara dan dapat membentuk tanaman bunga anggerek sesuai keinginan si pemilik.
  • Media tanam yang paling cocok untuk menanam bunga anggrek adalah pecahan batu bata atau genteng, potongan sabut kepala, potongan pakis dan arang kayu.

2. Menanam dengan di tempel

Cara menanam bunga anggrek dengan di tempel
terassampingku.blogspot.com

Gaya menanam dengan cara ditempel ini terbilang lebih mudah dari pada gaya menanam bunga anggrek di dalam pot, Karena caranya yang simpel dan tidak banyak memerlukan media tambahan. Media yang diperlukan sudah langsung bunga itu sendiri serta papan lukis. Selain itu, tanaman ini memang lebih bagus ditanama dengan cara ditempel karena bunga anggrek ini tidak memiliki batang yang tak terlalu panjang. Selain itu, bunga anggrek yang ditanam dengan cara ditempel mungkin bisa dijadikan alternatif pilihan sebagai hiasan dinding rumahmu.

Sebagai penutup, kami tampilkan video mengenai cara merawat bunga anggrek

Leave a Comment