Ragam Cara

Cara Membuat Sumur Bor Dangkal agar Airnya Jernih dan Tidak Keruh

banjarmasin.tribunnews.com

Biasanya saat akan membuat sumur bor dangkal di dalam rumah, kita mengupahkan orang untuk memperkerjakannya. Tak jarang juga kita membayar dengan sistem “terima beres”, dengan semua instalasi dan peralatan semuanya disediakan oleh tukang pembuat sumur bor itu. Jika sudah beres dan air mengalir, kita tinggal membayarnya sesuai perjanjian yang telah disepakati. Memang cara ini sangat praktis dan kita tidak terlalu ribet dibuatnya, akan tetapi ternyata cara ini memiliki banyak kekurangan. Mengapa? Kamu akan tau jawabannya sebentar lagi.

Penipuan Jasa Pembuat Sumur Bor

Dalam dunia jasa, pasti ada saja oknum-oknum yang berniat menipu. Nah, jika seandainya tukang pembuatan sumur bor yang kita beli jasanya itu termasuk dalam oknum-oknum yang suka menipu, biasanya ada beberapa hal yang akan mereka manipulasi. Berikut hal-hal yang biasa mereka manipulasi.

1. Mutu Pipa VVC

Ada lima tingkatan kualitas pipa VVC dengan harga yang berbeda-beda tiap tingkatannya. Salah satu contoh penipuan yang biasa terjadi, saat kita memesan kualitas pipa vvc kw1, namun oleh si tukang hanya disediakan pipa yang kw4 tanpa sepengatahuan kita, tentu ini akan merugikan kita sebagai konsumen.

2. Mutu Pompa Air

Manipulasi selanjutnya saat si tukang sumur menipu dengan membawa pompa air yang bekas namun dia rombak seperti baru. Si tukang pompa ini membuat pompa seperti baru, lengkap dengan label dan kotaknya. Sangat sulit membedakan antara pompa air yang ori dengan yang kw bagi kita yang awam.

3. Kedalaman Pemboran

Pipa yang dibawa oleh tukang sumur bor penipu ini biasanya sudah tidak utuh lagi, biasanya akan ada pemotongan 50 cm dari panjang awal 600 cm. Seandainya kamu memesan sumur bor spek 5 pipa, maka sudah ada pengurangan pemboran sedalam 250 cm.

4. Teknik Pengerjaan

Oknum tukang penipu ini biasanya akan membuat keratan-keratan di bagian pipa luar terbawah (Ukuran 3 inch). Biasanya keratan-keratan ini sepanjang 3 meter berjajar, dengan menggunakan gergaji besi pipa ini dikerat. Padahal akibat tindakan ini bisa membuat air menjadi keruh saat musim hujan tiba.

Baca juga: Cara membuka gembok tanpa kunci

Cara Membuat Sumur Bor

Padahal cara yang benar adalah dengan tidak membuat pengeratan pada pipa. Apalagi jika tanah lapisan bawah termasuk tanah kapur. Namun konsekuensinya adalah tukang bor ini mau tak mau harus mengebor setengah pipa lebih dalam lagi dari panjang pipa luar. Maksudnya, jika kedalaman sumur seharusnya 5 pipa, maka tukang sumur ini harus mengebor lagi sedalam 5,5 pipa. Kelebihan setengah pipa dibiarkan tanpa selubung pipa dan akan menjadi tempat reservoar air. Konsekuensi lainnya pipa bagian luar akan menggantung, namun hal ini tidak perlu dikuatirkan karena pipa terjepit cukup kuat oleh tanah yang ada disekelilingnya. Alternatif lain bisa juga dibuatkan penahan pipa di bagian permukaan tanah dengan soket dan diperkuat juga dengan cor semen.

Nah, cara benarnya yang barusan dijelaskan biasanya dihindari oleh tukang pembuat sumur bor yang menipu. Para oknum ini biasanya ingin pekerjaannya selesai dengan cepat dan mudah, dan jika air sumur keruh, maka ia akan dipanggil dan dibayar lagi. Hal ini tentu sangat merugikan kita sebagai konsumen.

Panjang pipa hisap biasanya 3,5 pipa dan memiliki diameter 1 inch. Namun tukang sumur penipu ini sering menyarankan untuk membeli pipa yang 3/4 inch saja, tentu hal ini akan membuat dia untung banyak.

Agar menghindari semua praktek kecurangan itu, maka kamu bisa menempuh cara-cara berikut ini.

1. Semua bahan yang dibutuhkan kamu yang sediakan.

Jangan sampai mempercayakan pengadaan bahan pada tukang sumur bor. Agar lebih bisa menghemat biaya, kamu bisa membeli langsung di panglong atau distributor terdekat. Agar hasil maksimal, belilah pipa dengan kualitas terbaik. Terutama belilah pipa luar ukuran 2 inch, sebab pipa ini tidak cepat rusah dan tidak bisa diganti.

2. Agar bisa bekerja dengan jujur, buatlah perjanjian kerja yang jelas dengan tukang pembuat sumur.

Jelaskan rincian pekerjaan yang kamu minta dengan tegas. Tentukan juga siapa yang harus bertanggun jawab jika pengeboran terjadi kegagalan. Contohnya karena pipa luar pecah saat dipasang, atau mata bor yang tertumbuk pada lapisan batu. Setelah semua perjanjian beres dan bisa disepakati, barulah kemudian tetapkan harga jasa pembuatan sumur bor ini.

3. Tidak disarankan untuk menggunakan pompa air yang baru ketika air masih berpasir atau masih keruh.

Tukang sumur bor harus membawa sendiri pompa air listriknya untuk dapat membersihkan segala sisa material pemboran yang masih menyatu dengan air. Jika tidak dibersihkan, lumpur dan air yang disedot bisa mengakibatkan kerusakan pada kipas pompa air.

4. Terus pantau tukang sumur bor selama masa pengeboran hingga selesainya pekerjaan. Kamu harus memastikan segala pekerjaan yang telah dikerjakan itu sesuai dengan rincian yang kamu minta.

5. Jika setelah pengeboran air yang keluar itu tidak jernih, mintalah garansi kepada tukang sumur bor.Hal ini dimaksudkan agar semua tukang bor yang bekerja bertanggung jawab serta bekerja dengan maksimal.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu coba agar terhindar dari oknum tukang sumur bor yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>