Cara Hilangkan Rasa Kantuk Yang Berlebihan

Orang yang sering mengalami rasa kantuk berlebihan biasanya diakibatkan oleh pola tidur yang tidak tepat atau salah, seperti terlalu lelah, bergadang, atau bahkan karena bawaan mereka sendiri. Sehingga mereka sering tidak bisa bangun disepertiga malam untuk shalat tahajjud.

Nah, untuk kamu yang sering kantuk berlebihan dan sering membuat terheran-heran dan sebal karena rasa kantuk tersebut. Coba baca artikel di bawah ini, akan ada beberapa penjelasan cara menghilangkan kantuk yang berlebihan.

Tidur Cukup

Diantara penyebab yang lainnya, mungkin inilah penyebab utama kenapa kamu mengalami rasa kantuk yang berlebihan. Usahakanlah tidur 8 jam sehari dan biasakan tidur mulai pada jam 9 malam. Mengapa jam 9 malam? Karena pada waktu tersebut merupakan waktu yang paling ideal agar bisa tidur optimal. Selain membuat rasa kantuk kamu hilang, tidur cukup ternyata dapat juga menghilangkan berbagai penyakit seperti darah tinggi, stress, dan lainnya.

Minum Kopi atau Teh

Jika rasa kantuk semakin melandamu, cobalah minum segelas kopi atau teh, karena minuman itu mengandung zat kafein yang bisa menstimulus otak sehingga kembali menjadi segar. Namun ingat, jangan sampai kamu terlalu banyak meminum kopi karena jika terlalu banyak bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit, terutama lambung.

Minum Segelas Air Putih

Meminum air putih dapat menjadikan tubuh dan pikiran kembali segar karena cairan dalam tubuh kamu kembali normal. Dalam setiap harinya, usahakan kamu minimal minum 8 gelas air putih.

Cuci Muka

Salah satu cara yang cukup efektif dan sering orang lakukan adalah mencuci muka. untuk lebih efektif menghilangkan rasa kantuk, cobalah mencuci muka menggunakan air dingin.

Tarik Nafas

Menurut sebuah penelitian, saat kamu menguap berarti kadar oksigen dalam otak kamu sedang berkurang. Menguap juga merupakan salah satu ciri bahwa kamu sedang mengantuk. Untuk mengatasi hal ini, ada cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menarik nafas dalam-dalam dan tahan sekitar 7 detik, lalu hembuskan selama 7 detik. Lakukan cara ini terus menerus hingga kamu kembali segar.

Istirahat Sejenak

Ketika kamu sedang belajar atau bekerja, cobalah untuk berisitirahat sejenak, jangan terlalu berlebihan. Selama rahat, kamu bisa melakukan senam-senam pemanasan seperti meregangkan tangan,  kaki, pinggang ataupun bisa juga menggoyang-gonyangkan kepala.

Usahakan Ruang Tenang

Ketika ruangan belajar atau kerja kamu terang, maka otak kamu akan merespon lebih dan membuat mata kamu tak merasa mengantuk. Oleh karena itu, usahakan meja belajar atau belajar kamu dekat dengan sumber cahaya seper, ti lampu atau kaca.

Mengobro

Saat kamu sedang mengobrol, otak kamu akan merasa lebih fresh dan segar karena aktif sedang bekerja. Jadi jika kamu mengantuk, cobalah ajak mengobrol teman atau rekan kerjamu sehingga tidak menjadi nagntuk.

Olahraga

Dengan berolahraga kamu akan merasa lebih lebih fresh dan segar serta membuat tidur kamu di malam hari lebih berkualitas dan nyenyak. Bukan hanya itu, kamu pun bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tidur

Yang terakhir, cara paling ampuh dan untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan tidur. Coba saja jika tak percaya, karena ketika mengantuk itu berarti otak kamu menyuruh untuk mengistirahatkan badan dan pikiran yang sudah kelelahan. Namun ada tapinya, jangan sampai kamu tidur ketika sedang belajar atau bekerja.

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu pun bisa mengunjungi destinasi wisata Sukabumi yang sangat indah, dijamin rasa kantuk akan cepat menghilang. Sekian artikel tentang cara menghilangkan rasa kantuk, semoga bermanfaat.

1 thought on “Cara Hilangkan Rasa Kantuk Yang Berlebihan

Leave a Comment