Cara Elegan Resign Dari Pekerjaan

Banyak alasan yang menyebabkan seseorang resign dari pekerjaannya. Mungkin kamu kurang cocok dengan lingkungan kerja di kantor kamu saat ini? Atau mungkin kamu mendapat peluang kerja yang lebih bagus di tempat lain. Apapun alasan kamu mengundurkan diri dari pekerjaan, kamu harus tetap meninggalkan kesan yang positif di kantor lama kamu. Jangan sampai, nama baik yang kamu bangun selama ini hilang hanya karena kurang baiknya sikap kamu ketika akan keluar dari pekerjaan tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengundurkan diri yang elegan dan profesional? Yuk, mari simak cara-cara dibawah ini.

1. Bicarakan Langsung dengan Atasan

Saat akan berencana berhenti dari pekerjaan, pastikan atasan kamu orang yang pertama tahu mengenai tentang hal itu. Jangan sampai beredar perbincangan di kantor tentang pengunduran diri kamu, padahal kamu belum berbicara langsung dengan atasanmu. Jika ini sampai terjadi, bisa jadi mungkin atasan kamu akan merasa sakit hati.

2. Informasikan Pengunduran Diri Dari Jauh Hari

Jika kamu memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan secara mendadak, tentu ini akan merepotkan banyak orang. Alangkah baiknya, beri waktu sekitar 1 bulan antara waktu pengajuan surat pengunduran diri dengan hari terakhir kamu bekerja. Waktu tersebut sangat diperlukan untuk transisi pekerjaan antara kamu dengan orang yang akan mengganti pekerjaanmu.

3. Tetap Bekerja Sebaik Mungkin

Walaupun sudah bulat memututskan untuk mengundurkan diri dan tinggal menghitung waktu, bukan berarti kamu jadi bekerja asal-asalan. Tetaplah bekerja sebaik mungkin seperti biasanya. Kalau perlu, selesaikan semua pekerjaan kamu sebelum hari terakhir bekerja. Sehingga, kamu meninggalkan kantor yang lama dengan kesan yang positif.

4. Jaga Bicara

Mungkin bisa jadi penyebab kamu mengundurkan diri karena ketidakcocokan dengan rekan kerja atau atasan. Bisa dimaklumi karena karakter dan sifat manusia itu berbeda-beda. Tetapi, tetap jaga bicara kamu saat mengundurkan diri, baik secara langsung ataupun di media sosial. Menjelek-jelakkan rekan kerja atau atasan kamu sebagai alasan mengundurkan diri akan meninggalkan kesan yang negatif. Lagi pula, tak ada yang tahu mungkin suatu saat nanti kamu akan bekerja sama lagi dengan atasan atau rekan kerja tersebut.

5. Kembalikan Semua Properti kantor

Selama bekerja, mungkin kamu mendapatkan pinjaman seperti sepeda motor, laptop, meja atau properti yang lainnya. Jangan lupa sebelum pindah kerja ke tempat yang baru, kamu harus mengembalikan barang-barang itu. Bagaimanapun itu bukan hak kamu.

6. Perhatikan Etika Kerja dan Kontrak kamu

Kamu harus tetap menjaga kerahasiaan perusahaan atau klien lama kamu, walaupun sudah tak bekerja lagi di sana. Apalagi hal ini harus semakin diperhatikan, jika kamu pernah menandatangani non-disclousure agreement.

7. Pamit

Jangan lupa, ketika akan keluar kerja kamu harus pamitan kepada seluruh rekan kerja, baik itu secara langsung maupun melalui sms, telepon, atau, email. Yang penting kamu pamitan kepada mereka. Berikanlah kesan yang baik, ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan bisa bekerja sama dengan mereka, serta minta maaflah jika masih mempunyai salah pada mereka.

8. Jangan Lupakan Klien Kamu

Jangan lupa informasikan pada klien atau pihak lain diluar perusahaan yang berhubungan dengan kamu mengenai pengunduran diri kamu. Perkenalkan juga kepada mereka dengan orang yang menggantikanmu, untuk memastikan transisi pekerjaan berjalan dengan mulus.

9. Jaga Kontak dengan Atasan dan Rekan Kerja

Saat sudah berhenti bekerja, jaga selalu networking dengan atasan dan rekan kerja di kantor yang lama. Karena bukan tidak mungkin, networking yang kamu kenal itu akan bermanfaat di masa depanmu.

Sekian cara-cara mengundurkan diri yang elegan serta professional. Ingat, setelah keluar dari pekerjaan bukan berarti waktunya bermalas-malasan. Jalankanlah semua rencana yang sudah kamu bikin ketika akan mengundurkan diri. Terus berdo’a, berikhtiar, dan bertawakkallah, semoga tuhan memberikan pekerjaan yang lebih baik setelah ini.

Keep Fight !

 

Leave a Comment