Budidaya Ikan lele Sangkuriang

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kebutuhan dan kapasitas konsumsi ikan ini sangat besar setiap harinya. Kebanyakan orang untuk mendapatkan ikan ini biasanya di dapat dengan cara membeli di pasar-pasar atau langsung mendatangi ke pedagang-pedagang ikan yang mungkin akan membuat kamu mengeluarkan uang lebih banyak. Sebenarnya, ada cara-cara untuk bisa mendapatkan ikan lele ini dengan biaya yang cukup murah namun hasil maksimal. Salah satunya dengan budiaya ternak ikan lele.

Banyak orang yang mengira budidaya ternak ikan lele itu menyusahkan, namun sebenarnya tidak, hal ini sangat mudah untuk dilakukan. Mereka beranggapan susah mungkin karena belum tau caranya saja. Oleh karena itu, di artikel ini akan dibahas cara budiaya ikan lele sangkuriang yang benar, mudah dan tepat. Karena jika belum mengetahui cara serta teknik yang benar dan tepat, yang ada kamu akan merugi, bukannya untung yang didapat. Apalagi buat pemula yang baru memulai budidaya ikan lele yang masih banyak belum mengetahui tingkat kematian serta lambatnya pertumbuhan ikan ini.

Akan ada banyak kendala yang dihadapi ketika memulai budiaya ikan lele ini, namun kamu jangan terlalu khawatir. Di sini kami akan menjelaskan cara budidaya ikan lele sangkuriang yang sederhana dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Untuk lebih jelasnya, mari kita langkah-langkahnya berikut ini.

1. Mempersiapkan Kolam

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan kolam ikan untuk budidaya ikan lele sangkuriang. Media kolam yang ada haruslah memiliki kualitas air yang baik, memiliki kontruksi yang tepat, serta memiliki perawatan yang bagus dan tempat yang strategis. Banyak sekali jenis kolam ikan yang bisa digunakan untuk budidaya lele, sebut saja seperti budidaya lele kolam bak, budidaya lele kolam permanen ataupun budidaya lele kolam tanah, budidaya lele kolam ternah dan masih banyak jenis kolam yang lainnya. Silahkan kamu pilih jenis kolam mana yang akan digunakan tentu dengan mempertimbangkan dana atau modal yang dimiliki.

Salah satu contoh yang akan kami berikan adalah mengenai budiaya ikan lele sangkuriang di kolam tanah

  • Bila dalam budiaya ikan lele sangkuriang ini kamu menggunakan kolam tanah, maka perhatikanlah bagian dinding kolam itu. Pastikan dinding itu dalam kondisi padat dan tidak bocor. Lantas bagaimana cara melakukannya? Tenang saja hal ini cukup mudah, yaitu dengan cara memukul-mukul dinding kolam untuk memadatkan dan mengeraskan kolam ini yang akan digunakan untuk budidaya ikan lele sangkuriang.
  • Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memberikan kapu ke dalam kolam. Namun hal yang harus perlu kamu ingat, dosis kapur yang dianjurkan adalah sekitar 25-250 gram per meter persegi, tergantung tingkat keasamannya. Mengapa hal ini harus dilakukan? Kerna tidak lain untuk mengantisipasi hama serta penyakit yang ada didalam kolam.
  • Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan pemasangan pintu penyaringan dan pemupukan dasar. Pupuk yang digunakan adalah pupuk makro PNK yang dicampur dengan pupuk organik padat khusus perikanan (TON).

2. Mempersiapkan Bibit dan Jenis Ikan Lele

Langkan penting selanjutnya adalah mempersiapkan bibit dan jenis ikan lele sangkuriang, hal ini sangatlah penting karena pemilihan bibit yang bagus akan sangat memperngaruhi pada keberhasilan proses secara keseluruhan. Cara yang paling mudah untuk memilih bibit ikan lele yang berkualitas yaitu dengan melihatnya secara fisik, pastikan tidak cacat, gerakannya lincah serat mempunyai warna yang cerah. pada umumnya bibit ikan lele yang bagus serta berkualitas itu berasal dari indukan lele yang bagus juga.

Setelah memilih bibit, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan antara lain:

  • Sebelum menebarkan benih lele sangkuriang yang sudah kamu pilih ke kolam, terlebih dahulu kamu haurs melakukan sterilisasi dengan larutan KM5NO. Rendamlah bibit ikan lele sangkuriang itu menggunakan larutan KM5NO4 selama 11 menit agar terbebas dari penyakit.
  • Sebaiknya penebaran benih ikan lele sangkuriang dilakukan saat suhu udara masih normal yaitu di waktu pagi atau sore hari. Cara menaburkan benihnya adalah dengan memasukan lele kedalam kolam secara perlahan-lahan. Hal ini dimaksudkan agar ikan bisa dengan mudah beradaptasi.

3. Pemberian Pakan Ternak Ikan Lele Sangkuriang

Jika ingin terjadi percepatan pertumbuhan ternak ikan lele dalam kolam maka berikan pakan ikan yang bagus. Pelet merupakan pakan ikan yang dianjurkan. Agar kadar nutrisi yang berada dalam pelet meningkat, kamu bisa menambahkan Hormonik, POC Nasa dan Viterna Plus. Mengapa harus menambahkan produk tersebut? Karena petani ikan lele sudah banyak yang memakainya sehingga terjamin kualitasnya.

Selain itu, produk tersebut juga terbuat dari bahan-bahan alami dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele dan bisa mengurangi angka kematian.  Intinya, kamu harus mencari penjual pupuk organik agar selalu terjamin kualitasnya.

Supaya ekosistem dalam kolam tetap terjaga stabil, kamu wajib memberikan pupuk organik padat khusus perikanan (TON) yang dapat meningktkan kualitas kolam, membantu menetralkan PH serta dapat memacu pertumbuhan plankton yang bisa dijadikan pakan alami ikan. Biasanya pupuk organik padat perikanan (TON) diberikan secara berkala setiap seminggu sekali atau setiap tercium aroma menyengat yang keluar dari kolam.

4. Panen Lele Sangkurian

Tahapan yang paling ditunggu dalam budidaya apapun tentunya panen, tak terkecuali di budidaya ikan lele sangkuriang. Karena pada tahapan panen ini kamu bisa melihat berhasil atau tidaknya kamu melakukan budiaya ikan lele secara keseluruhan. Cara melakukan panen ikan lele sangkuriang ini bisa dilakukan dengan cara menyurutkan air dalam kolam., setelah itu lalu siapkan bak kecil untuk menampung hasil panen itu. Secara umum proses budidaya ikan lele sangkuriang ini memerlukan waktu sekitar 40-50 hari.

Demikian penjelasn tentang cara budiaya ikan lele sangkuriang, semoga dengan mengikuti cara-cara ini kamu bisa berhasil di usaha kali ini. Tentu jika kamu berhasil pasti akan semakin menambah rasa syukur kepada Tuhan-Mu. jika dirasa bermanfaat, silahkan share ke teman-temanmu yang lainnya ya. Terima Kasih.

Leave a Comment