Cara Menanam Bunga Sedap Malam Serta Khasiat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Bunga Sedap Malam merupakan jenis tanaman hias yang mekar dan berbunga setiap malam tiba. Selain itu bunga ini memiliki bau harum yang khas dan berbeda dengan tanaman bunga yang lainnya. Oleh karena itu dinamakan dengan Bunga Sedap Malam. Tanaman ini mempunyai varian warna bunga yaitu kuning, merah dan putih. Namun umumnya jenis bunga sedap malam yang kebanyakan ditanam adalah yang berwarna putih.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Jika kamu ingin memilikinya untuk melengkapi pekarangan halamanmu kamu bisa menanamnya. Tenang saja, penanaman dan pemeliharaannya juga cukup mudah. Karena bunga ini tidak memerlukan media tanam yang rumit. Bunga sedap malam dapat ditanam dalam pot atau polybag maupun ditanam secara langsung. Kesegaran bunga sedap malam ini bisa bertahan hingga 6-9 jam. Bunga Sedap Malam dapat tumbuh secara maksimal jika ditanam di daerah dataran rendah yang mempunyai pH tanah antara 5-5,8. Akan tetapi tanaman ini juga tetap dapat tumbuh di dataran tinggi, hanya saja yang terjadi bunganya tidak terlalu mekar serta tangkai bunga yang lebih malas dari pada yang ditanam di dataran rendah. Berikut ini pancuan cara menanam bunga Sedap Malam

Pembibitan

Awal mula pembibitan bisa dimulai dengan umbi yang diperbanyak. Pilihlah umbi yang sudah cukup tua dari rumpun tanaman induknya yang sudah berusia sekitar 2 tahun atau bisa juga degan besar sekitar 2-3 cm. Kemudian keringkan selama 3-4 minggu, selanjutnya simpan bibit selama 1,5 bulan agar kelak umbi tersebut dapat dengan mudah bertunas.

Persiapan Media Tanam

Untuk media tanam yang bisa digunakan untuk menanam bunga Sedap Malam dapat dibuat dari campuran arang sekam, pupuk kandang halus/kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. setelah semua bahan media tanamnya ada, campurkan sampai merata dengan sempurna. Kemudian masukkan kedalam pot tanaman atau polybag sesuai ukuran yang diinginkan. Usahakan pot atau polybag memiliki lubang drainase, hal ini bertujuan untuk mencegah agar air tidak menggenang didalamnya yang dapat mengakibatkan tanaman menjadi busuk.

Penanaman

Dalam proses penanaman, siapkan lubang tanam sesuai dengan ukuran umbi yang akan ditanam. Kedalaman lubang tanam itu sendiri berkisar 5-6 cm. Kemudian masukkan umbi kedalam lubang tanam, selanjutnya ditutup dengan tanah dan jangan lupa padatkanlah area sekitar penanaman. Agar bibit cepat bertunas, lakukanlah penyiraman secara teratur.

Baca juga: Cara menanam dan merawat tanaman bunga Anggrek di pot

Perawatan

Dalam perawatannya, bunga sedap malam ini bisa dilakukan dengan melakukan penyiraman secara rutin setiap sore dan pagi hari. Kemudian lakukan proses pemupukan jika tanaman sudah masuk usia 6 bulan. Pupuk yang diberikan bisa berupa campuran TSP dan Urea dengan komposisi 1:1. Setelah itu bunga Sedap Malam akan berbunga ketika telah menginjak usia 4-5 bulan sejak pertama kali ditanam. Dinamakan dengan bunga Sedap Malam, karena ketika malam hari bunga akan mekar dan mengeluarakan bau yang harum dan sedap untuk dihirup.

Khasiat dan Manfaat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan

Banyak orang yang bilang bahwa bunga Sedap Malam itu mempunyai kemampuan untuk memperkuat imajinasi artistik seseorang karena kemampuannya dalam menstimulasi otak kanan seseorang yang kerap berkaitan dengan kreatifitas.

Dilihat dari tinjauan ilmiah, memang belum banyak yang mengungkapkan mengenai manfaat dan khasiat yang terkandung dalam bunga sedap malam. Namun ada salah seorang pakar pengobatan tradisional yang bernama Prof. HM Hembing Wijayakusuma, dia menyatakan bahwa bunga sedap malam berkhasiat dapat menghilangkan bengkak dan menurunkan panas.

Adapun bagian dari tanaman ini yang biasanya sering dipakai untuk pengobatan adalah pada bagian akar dan bunganya. Untuk lebih jelasnya, berikut penuturan Prof. HM Hembing Wijayakusuma yang dalam tulisannya membahas tentang pengobatan dari bunga sedap malam untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Rematik

Bahan: 30 gr akar bunga sedap malam, 20 gr gua merah dan jahe merah secukupnya dan 450 cc air.
Cara membuat: Satukan semua bahan itu lalu rebuslah dalam 450 cc air hingga mendidih. Selanjutnya saring dan bagi menjadi dua bagian untuk diminum sebanyak dua kali sehari.

Radang Tenggorokan

Bahan: 25 gr akar bunga sedap malam, 30 gr sambiloto segar serta 650 cc air.

Cara membuat: Masukkan semua bahan menjadi satu kedalam air putih, rebuslah sampai tersisa setengahnya saja. kemudian saring dan bagi menjadi dua masing-masing sebesar 150 cc. Minumlah dua kali sehari.

Influenza

Bahan: 25 gram akar bunga sedap malam, 20 gram jahe, 4 gr batang daun bawang putih dan 650 cc air.

Cara membuat: Masukkan semua bahan menjadi satu dan rerbuslah dalam air mendidih sampai tersisa tinggal setengahhnya saja (300 cc). Selanjutnya air rebusan itu diminum sebanyak dua kali masing-masing sebesar 150 cc.

Meningkatkan Stamina

Bahan: 60 Kuntum bunga Sedap Malam, 100 gr udang, 55 gr kacang kapri, 15 gr jahe, 1 butir telur ayam dan 2 siung bawang putih.

Cara membuat: Masukkan semua bahan dalam katel, lalu tumislah dengan menggunakan minyak goreng non kolestrol. Jangan lupa tambahkan tepung maizena yang sudah diencerkan. Selanjutnya masklah hingga matang.

Penambah darah dan obat susah tidur

Bahan: Bahan yang diperlukan cukup banyak, diantaranya: 35 kuntum bunga Sedap Malam, 20 fr kie cie yang bisa didapat di toko obat cina, 5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 15 gram jahe, 2-3 buah hati ayam, serta garam dan merica secukupnya.
Cara membuat: Irislah bawang merah dan putih. Selanjutnya satukan semua bahan kemudian tumislah dengan menggunakan minyak goreng non-kolestrol dan terakhir tambahkan teoung tapioca yang sudah diencerkan.

Katarak

Bahan: bunga Sedap Malam sekitar 55 kuntum.

Cara membuat: Pertama rebuslah bunga sedap Malam iyu dengan takaran air sekitar 2000 cc hingga mendidih. Kemudian tunggulah hingga dingin. Jika telah dingin, barulah bisa digunakan untuk mencuci mata.

Bisul dan Bengkak

Bahan: Akar bunga Sedap Malam.

Cara membuat: Ambilah akar bunga Sedap Malam secukupnya. Selanjutnya cuci hingga bersih. Kemudian tumbuklah hingga halus dan tempelkanlah pada bagian tubuh yang sedang sakit.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat bunga Sedap untuk kesehatan menurut Prof. HM. Hembing. Memang tidak ada menjamin bahwa setelah melakukan cara diatas penyakit yang diderita bisa sembuh, namun setidaknya mencoba pemanfaatan bunga Sedap Malam ini untuk kesehatan tidak ada salahnya juga. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a Comment