Belajar SEO untuk Pemula

Memiliki website yang senantiasa kebanjiran passive traffic adalah impian semua orang. Saya yakin, kamu juga menginginkan hal yang demikian.

Passive traffic adalah pengunjung yang terus-menerus datang tak kenal waktu, termasuk ketika kamu sedang bermesraan (dengan pasangan yang halal) atau jalan-jalan.

Satu-satunya cara untuk bisa memperoleh passive traffic yang saya tahu sampai hari ini hanya menggunakan teknik SEO.

Itulah kenapa SEO menjadi sangat penting untuk kamu kuasai. Hal ini akan menjadi wajib saat kamu berada pada salah satu dari poin-poin di bawah ini:

  1. Memiliki website jualan
  2. Mau memaksimalkan potensi online
  3. Pemilik jasa atau servis yang mau terus-menerus memperoleh order
  4. Memiliki online shop
  5. Berencana membangun personal brand
  6. Menjual produk digital
  7. dll

Kalaupun (dengan terpaksa) kamu belum memiliki waktu luang untuk menjalankan teknik SEO, setidaknya kamu wajib paham dasar-dasarnya. Yang nantinya kamu bisa memakai jasa SEO terpercaya, namun dengan kondisi kamu sudah memahami apa saja yang harus dilakukan mengenai SEO, sehingga kamu dapat mengkoreksi atau memberikan arahan pada pihak yang mengerjakan jasa SEO.

Kenapa Mempelajari SEO Menjadi Suatu Keharusan?

Kalau sebuah produk itu mempunyai kualitas, maka seorang pembeli juga memiliki kualitas. Ada calon pembeli yang tega PHP, ada pelanggan yang langsung tanya nomor rekening serta mengirim uang di hari yang sama.

Apa yang menjadi sebab tersebut? Jawabannya yaitu dari mana calon pembeli mendapatkan informasi HP kamu.

Google dapat menghasilkan traffic yang benar-benar berkualitas, karena beberapa waktu sebelum pelanggan melihat barang atau penawaran kamu, pembeli sudah memiliki 70% keinginan untuk melakukan pembelian. Mereka sudah siap uang, mereka juga punya beberapa info terkait barang yang mau dibeli.

Hati dan pikiran customer sudah pada tahap customer merasa mempunyai produk. Ketika mereka melihat web penawaran yang menarik, customer akan melakukan transfer sambil tutup mata (yaitu ngga pikir lama).

SEO Itu Tidak Sulit

Kalau kamu menjumpai banyak istilah “menyeramkan” pada thread atau komunitas, dan kamu merasa bosan-stres dengan hal-hal itu, maka kamu sudah ada di tempat yang pas sekarang.

Melalui catatan ini saya akan menjelaskan hal-hal yang mudah untuk dicerna, karena sebenarnya SEO itu tidak membutuhkan logika yang merepotkan, tidak banyak macam to do list yang mesti kamu perbuat. SEO hanya meminta konsistensi dari kamu.

Logic-nya tak banyak namun ia menjadi rutinitas yang terus-menerus (lagi dan lagi). Yang menjadi tantangan adalah, mampukah kamu rajin dan tekun dengan rutinitas yang looping itu? Karena mayoritas orang yang merasa puas dengan comfort zone, umumnya tidak betah sama rutinitas yang berulang.

Saya sudah membuat 5 bab yang cukup komplit tentang belajar SEO dari nol yang dapat kamu simak, telusuri, dan kamu praktekkan secara mandiri.

Ada banyak sekali langkah di dalam SEO yang jika dikerjakan justru membuat web kamu tidak akan bagus untuk masa depan. Seperti membuat link secara masal, membuat halaman situs (page) secara masal (memakai robot, serba auto, dll), dan hal-hal lainnya yang justru sekarang ini dicari oleh kebanyakan pendatang baru.

Mungkin yang ada pada benak para newbie (yang barangkali salah satunya adalah dirimu), SEO adalah sesuatu yang susah, butuh skill programming, membutuhkan teknik-teknik khusus, dan cuma dapat dieksekusi sama segelintir orang.

Asal kamu tahu, pendapat itu tidak sepenuhnya benar.

Lewat tulisan ini saya tak akan membahas hal-hal yang malah memiliki resiko merugikan diri kamu sendiri, seperti teknik yang baru saja saya singgung di atas.

Sediakan sesi khusus untuk mempelajari materi belajar SEO ini dengan utuh. Niatkan sesuatu yang kamu kerjakan ini sebagai investasi jangka panjang.

Sediakan waktu setidaknya 1 jam untuk mempelajari setiap bab pembelajaran. Dengan izin Allah seharian bisa selesai untuk kamu pelajari. Jangan lupa untuk mempelajari lagi pada waktu lain (mengulang (materi)) supaya pemahaman kamu terhadap SEO semakin kuat mengakar.

Leave a Comment