SEO, internet Marketing

Apa itu SEO?

Bagi seorang yang mempunyai toko online atau website, wajib bagi dia untuk mengerti tentang SEO. SEO sendiri digunakan sebagai media marketing untuk memperkenalkan produknya lewat mesin pencari Google. Lebih jelasnya, diartikel ini akan membahas lebih dalam apa itu SEO

Pengertian SEO

SEO merupakankepanjangan dari Search Engine Optimization, artinya suatu cara atau teknik yang dilakukan para Internet marketer, untuk membuat website mereka ada di halaman satu mesin pencari sepert google. Jadi ketika orang lain mengetikkan sebuah kata kunci di google, maka website merekalah yang akan ada dihalaman satu google.

Contohnya begini, ketika seseorang mengetikkan kata kunci: tempat les terbagus di bandung, jika mereka sudah mahir mengoptimasi website mereka dengan SEO, maka yang muncul dihalaman satu google adalah website mereka. Sehingga, orangpun akhirnya membuka website mereka dan jika tertarik, pastinya dia akan membeli produk yang ditawarkan di website anda.

pengertian seo, beserta contohnya
Contoh penggunaan teknik seo, sehingga website ada dihalaman utama.

 

Jenis Optimasi SEO

Dalam mengoptimasi sebuah website dengan menggunakan teknik SEO, terdapat dua jenis optimasi, diantaranya SEO Onpage dan SEO Ofpage.

1. SEO Onpage

Yang dimaksud dengan SEO Onpage ialah teknik atau cara melakukan optimasi, yang pengerjaannya dikerjakan dalam website itu sendiri dengan cara memodifikasi beberapa faktor yang ada didalamnya. Yang harus dimodifikasi ketika akan melakukan SEO Onpage antara lain: Titlle Mag, Meta Description, URL, Heading (h1, h2, h3, h4), Image & Image Alt Tag, Link to Site Authority.

Jenis SEO, On Page SEO
Macam-macam Onpage SEO

 

2. SEO Offpage

Sedangkan yang dimaksud dengan SEO Offpage itu kebalikan dari SEO Onpage, ailah teknik atau cara melakukan optimasi, yang pengerjaannya dikerjakan diluar website. Contohnya dengan cara membuat Backlink berkualitas, atau saling bertukar link dalam sebuah komunitas.

Jenis SEO, Off Page SEO
Macam-macam Offpage SEO

Silahkan anda mencari jenis optimasi mana yang lebih efekif, namun saran saya gunakan kedua jenis optimasi ini secara berimbang.

 

Jenis Teknik SEO

Jenis teknik SEO terbagi kedalam 3 macam, antara lain:

1. White Hat SEO

Teknik ini bisa dikatakan aliran baiknya atau ilmu putihnya SEO, karena teknik ini dalam pengerjaan optimasinya dengan mentaati peraturan-peraturan mesin pencari (Serach Engine). Contoh dari teknik ini adalah dalam menulis sebuah artikel, kita menulisnya asli bikinan sendiri bukan hasil copy paste dari orang lain, juga kita mebuat artikel yang mudah dibaca oleh search engine (google) juga oleh para pembaca, kesesuaian antara isi dan judul tulisan sangat mempengaruhi didalamnya.

Ringkasnya dalam mengunakan teknik ini, kita menyediakan artikel bikininan sendiri atau original dengan mentaati peraturan-peraturan mesin pencari (search engine), agar meningkatkan popularitas web kita. Memang teknik SEO seperti ini membutuhkan keuletan dan konsistensi karena pengerjaannya yang memakan waktu cukup lama, namun yakinlah karena kita menggunakan teknik ini, pasti ada keberkahan didalamnya karena kita berusaha dengan cara yang baik.

2. Black Hat SEO Black

Adapaun Black Hat SEO, ini adalah kebalikan dari teknik White Hat SEO, ilmu hitamnya SEO. yaitu cara untuk meningkatkan popularitas suatu web dengan tidak peraturan-peraturan mesin pencari (search engine). jika anda melakukan teknik ini bisa dibilang anda sedang menipu atau melanggar aturan mesin pencari (search engine). Beberapa contoh teknik seo seperti:  doorway dan cloaked pages, keyword stuffing, menyembunyikan tulisan dan link-link, ternak link dan melakukan spamming comment di web/blog, dan masih banyak yang lainnya.

Jika anda melakukan teknik ini, maka teknik ini bisa mendatangkan traffic pengunjung web anda dengan sangat cepat, namun bukan berarti tak ada akibat dalam pengerjaannya, karena biasanya jika traffic pengunjung web datang dengan pecat, maka kehilangan trafficnya pun akan sangat cepat pula. Dan satu lagi, karena anda melakukan teknik ini sama dengan menipu, maka dipastikan akan sedikit kurangnya keberkahan dalam usaha anda.

3. Gray Hat SEO

Adapun teknik ini, adalah penggabungan dari teknik White Hat and Black Hat SEO, Teknik ini berusaha menutup kekurangan yang ada pada black SEO dengan teknik White Hat SEO. Boleh dikatakan kekurangan Black Hat SEO itu ditutupi oleh kelebihan White Hat SEO.

Teknik SEO ini bisa mendatangkan banyak traffic di web anda, namun tak sebanyak teknik Black Hat SEO. Keuntungannya jika menggunakan teknik ini ialah traffic tidak cepat hilang karena masih adanya campuran teknik white black seo.

 

Tujuan Optimasi SEO

Tujuan optimasi SEO sendiri adalah agar sebuah website bisa berada paling atas dimesin pencarian Google, tentu ini sangat menguntungkan pemilik website jika websitenya itu bisa berada dihalaman utama. Misal website itu sebuah toko online baju muslimah, ketika seseorang mengetik kata kunci “baju muslimah keren”, dan ketika dihalaman utama yang keluar adalah website miliknya, dia akan mengklik website itu dan jika tertarik terjadilah closing, pengunjung itu membeli kaos muslimah dari toko online miliknya. Jadi jelaskan tujuan optimasi SEO itu seperti apa.

 

 

 

Leave a Comment