Life Story

Alun-Alun Bandung itu Istanbulnya Indonesia

Alun-Alun Kota bandung para anak-anak sedang bermain dengan riang di Alun-Alun Kota Bandung

Pernah mendengar kota istanbul? Ya, kota yang terletak di Negara Turki itu terkenal dengan bangunan-bangunan dengan arsitek yang sangat indah, namun jika anda ingin melihat dan merasakan sensasi Istanbul Turki masih dalam negeri sendiri, silahkan anda mengunjungi Alun-Alun Kota Bandung yang bersampingan dengan Masjid Raya bandung, karena menurut saya pribadi suasananya begitu menyenangkan dan indah dipandang mata bagai kita berada di Istanbul.

Alun-alun kota Bandung Sendiri mengalami renovasi besar-besaran, sehingga jauh lebih indah dari yang sebelumnya. Sentuhan kreatif dari Wali kota Bandung Ridwan Kamil ini mungkin bisa dibilang gebrakkan yang begitu besar, mengingat sebelumnya Alun-alun itu sendiri  terlihat tak begitu rapih dan kurang indah, namun setelah direnovasi menjadi sangat indah, bahkan sekarang alun-alun ini menjadi salah satu tempat favorit warga badung untuk berlibur mengisi waktu luang, melepas stress, dan sebagainya.

 

Sebelum direnovasi

Pertama kali ke Alun-Alun Kota Bandung sekitar tahun 2013, Sebelum direnovasi alun-alun Kota Bandung dikelilingi pagar besi yang tinggi sehingga menyulitkan warga untuk masuk ke dalamnya. Ini masih ditambah kehadiran pot-pot tumbuhan yang dilengkapi bangku beton juga mengurangi ruang untuk pengunjung beraktivitas.

Sungguh sangat disayangkan fasilitas yang letaknya berada ditengah kota bandung ini kurang begitu terurus sehingga terlihat kotor dan kumuh, letaknya yang strategis dan disamping Masjid Raya Kota Bandung sebenarnya jika diurus dengan baik bisa menjadi salah satu alternatif bagi warga bandung untuk bisa berekreasi melepas penat disana. Namun sayang, karena kurang begitu terurus warga bandung memilih untuk mencari alternatif tempat rekreasi yang lain.

Alun-Alun kota bandung sebelum direnovasi

Alun-Alun Kota Bandung sebelum direnovasi dilihat dari atas

 

Setelah direnovasi

Awal tahun 2015, saya berada di bandung karena ada beberapa urusan, 3 hari berada disana saya ingin sekali mengunjungi Alun-Alun Kota Bandung, karena pada waktu itu lagi hangat-hangatnya berita tentang wajah baru alun-alun kota ini yang begitu menyita perhatian publik, termasuk saya sendiri yang ingin mengetahui dengan langsung bagaimana perubahan yang terjadi ditempat yang terakhir kali saya kunjungi ditahun 2013 silam. Dan benar saja, indah dan sangat begitu nyaman dipandang.

Alun-alun yang kini menjadi lapangan terbuka mirip dengan taman kota yang umum terdapat di negara di Eropa. Di Hampir seluruh kawasan alun-alun didominasi rumput sintetis untuk memudahkan pemeliharaan, sesuai konsep yang digagas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai town square atau plaza utama sebuah kota. Alun-alun Kota Bandung juga akan menjadi taman yang ramah anak-anak, karena mereka dapat bermain di lapangan terbuka yang cukup luas.

Alun-Alun Kota bandung

para anak-anak sedang bermain dengan riang di Alun-Alun Kota Bandung

 

Sesuai konsepnya sebagai ruang terbuka, bagian tengah alun-alun dibiarkan lowong untuk memudahkan warga beraktivitas. Di bagian selatan alun-alun yang berhadapan langsung dengan Pendopo Kota Bandung, juga menjadi lebih berwarna dengan hadirnya taman-taman bunga. Sedangkan di sebelah timur, identitas alun-alun Kota Bandung yang baru semakin jelas terlihat dengan tulisan “Alun-alun Bandung” berukuran raksasa. Area ini juga akan dilengkapi fasilitas wifi dan lampu PJU yang menjadikannya terang di malam hari.

Alun-Alun kota Bandung Setelah direnovasi

Wajah baru Alun-Alun Bota Bandung seteklah selesai direnovasi dilihat dari atas

 

Reuni di Alun-Alun Bandung

Saya sendiri bersama kedua sahabat saya, Debi dan Aqil berada di Alun-Alun Kota Bandung ini luamayan lama, karena suasana yang begitu nyaman untuk ngobrol santai, kebetulan karena kami juga lama tak berjumpa, jadi momen disin pas sekali untuk saling bercengkrama sahabat lama, hehe.i

dan inilah sedikit foto-foto kami disekitar Alun-Alun Bandung

taman bunga alun-alun bandung

taman bunga di alun-alun kota bandung

Taman Bunga Alun-Alun kota bandung

taman bunga yang bersampingan dengan Masjid raya Bandung

Tengah Alun-Alun Kota bandung

bercengkrama bersama sahabat, di tengah Alun-Alun

Melihat suasanan di Alun-Alun ini sendiri, ingatan saya langsung tertuju  pada satu kota di Eropa sana, yaitu Istanbul Turki. Perpaduan yang pas antara desain Masjid Raya bandung dengan Alun-Alun itu sendiri membuat saya takjub, dan ketika saya pergi kesana, saya selalu menyebutnya Alun-Alun kota bandung itu dengan nama lain: Istanbulnya Indonesia.

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>