Jenis Kecerdasan Anak dan ciri-cirinya

8 Jenis Kecerdasan Anak dan Ciri-cirinya

Anak bunda mendapat nilai jelek dipelajaran fisika? Atau dia lebih senang melukis dari pada belajar? Apakah anak bunda berarti bodoh? Stop bunda. Jangan terlalu cepat menjudge anak bodoh ketika mengetahui kemamppuan di bidang pelajaran rendah. Seorang ahli riset dari amerika yang bernama Howard Garner menyatakan: “Tidak ada anak yang bodoh atau pintar, yang ada hanya anak yang mencolok/menonjol dalam salah satu jenis kecerdasan”, dan perlu di ingat pula, pertumbuhan setiap anak itu berbeda.

Howard juga menjelaskan yang dimaksud kecerdasan ialah kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat terus diasah, ditumbuhkan dan dapat dikembangkan pula, jadi kecerdasan itu bukanlah sesuatu yang bersifat tetap. Menurut Howard sendiri, manusia mempunyai 8 Kecerdasan yaitu sebagai berikut:

1. Kecerdasan Linguistik (Work Smart).

Kecerdasan Linguistik, pintar berbahasa dan menulis
rinso.co.id

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan berbahasa. Seorang anak yang mempunyai kecerdasan linguistik yang menonjol biasanya lebih suka belajar dengan mendengar, suka bercerita, lebih cepat pula menyerap kosa kata baru atau asing, membuat puisi, dan suatu aktifitas yang berhubungan dengan kata-kata. Mereka lebih sering menonjol dalam pelajaran bahasa. Cara menstimulasi kecerdasannya bisa dengan mengajak anak main tebak-tebakan. Kedepannya anak bunda ini bisa berpotensi sebagai penulis, pengacara, penyiar radio, atau seorang ahli dibidang pemasaran.

2. Kecerdasan Logika-Matematika (Number Smart)

 

Jenis Kecerdasan anak, Kecerdasan Matematika
blog.p4tkmatematika.org

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan menganalisa masalah secara logis, juga bisa menemukan dan menciptakan rumus-rumus atau pola matematika. Anak-anak dengan kecerdasan logika matematika yang tinggi mempunyai minat besar untuk sering bereksplorasi, cerewet bertanya tentang suatu hal yang membuat ia penasaran seperti fenomena-fenomena, dan sering menuntut pertnyataan logis dan masuk akal dari setiap pertanyaan. Anak yang mempunyai kepribadian ini sangat cocok menjadi seorang doktor, ekonom, atau juga ilmuwan.

3. Kecerdasan Visual-Spasial (Picture Smart).

Jenis Kecerdasan Anak, Kecerdasan Visual
darunnajahkindergarten.com

Kecerdasan yang satu ini melibatkan kepekaan dalam melakukan pengamatan dan berpikir dalam suatu gambar. Kecerdasan ini menjadikan anak bisa lebih mudah untuk membayangkan bentuk-bentuk tiga dimensi atau  geometri. Biasanya anak sangat menyukai permainan seperti puzzle, bermain balok, menggambar, mencari jalan keluar dalam sebuah labirin, serta sering menghabiskan waktu luang untuk melamun. Cara menstimulasi kecerdasan ini dengan membiarkan anak bereksplorasi saat dia menggambar. Ajak pula anak berdiskusi tentang hasil karya yang telah dia buat. Kedepannya dia berbakat menjadi seorang seniman, desain grafis, animator, atau sesuatu yang berhubungan dengan gambar.

4. Kecerdasan Musikal (Music Smart).

Kecredasan musikal, anak suka bermain musik
khalifahdaycare9.com

Sesuai dengan namanya, kecerdasan yang satu ini melibatkan kemampuan berpikir atau mencerna suatu musik. Anak yang mempunyai keverdasan musikal sensitif ritme, suara, dan struktur musik. Selain itu, dia pun sangat pandai memainkan alat musik serta bernyanyi. Cara menstimulasi anak yang mempunyai kecerdasan ini yaitu dengan membangkitkan minak anak dengan untuk mengenali dan merespon berbagai jenis suara yang dia dengar sehari-hari. Kedepannya dia berbakat untuk menjadi seorang komposer, musisi, penata musik atau sesuatu yang berhubungan dengan musik.

5. Kecerdasan Gerak Tubuh (Body Smart).

 

Kecerdasan anak, Gerak Tubuh
pondokibu.com

Kecerdasan ini disebut juga dengan kecerdasan kinestetik, meliputi kemampuan mengendalikan gerakan, keseimbangan, juga ketangkasan dalam bergerak. Anak yang mempunyai kecerdasan gerak tubuh yang menonjol  sangat senang bergerak dan menyentuh segala sesuatu dengan cepat dan tangkas. Cara menstimulasi kecerdasan ini dengan memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan kepercayaan terhadap tubuhnya serta mengajaknya mengeksplorasi kelebihan tubuhnya. Kedepannya dia berbakat untuk menjadi seorang atlet, koreografer, penari, mekanik, atau bahkan ahli bedah.

6. Kecerdasan Interpersonal (People Smart).

Kecerdasan Anak,  Intrepersonal
yummymummyclub.ca

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan berkomunikasi dan memahami orang lain, serta melihat perbedaan orang lain dari motivasi, tempramen, dan suasana hati orang lain. Anak yang memiliki kecerdasan Interpersonal yang diatas rata-rata biasanya mudah menjalin hubungan dengan orang lain, serta sangat peka terhadap perasaan orang lain. Cara menstimulasi anak yang mempunyai kecerdasan ini adalah dengan membicarakan suatu perasaan. Kedepannya, anak bertipe kecerdasan Interpersonal ini cocok menjadi seorang konselor, pengajar, pekerja sosial atau moderator.

7. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart).

jenis Kecerdasan anak, kecerdasan intrapersonal.
budibill.wordpress.com

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan mengetahui dan memahami diri sendiri, mengetahui apa yang di inginkan, bagaiaman reaksi diri dalam merespon situasi, juga memahami situasi apa yang sebaiknya dia hindari. Ciri anak yang mempunyai kecerdasan ini diantaranya diantaranya tau apa saja yang dapat dan tidak dapat dilakukan di lingkungan sosialnya, dan tau dengan tepat siapa orang yang bisa dimintai bantuan. Kedepannya, anak bertipe kecerdasan ini cocok menjadi seorang wiraswasta atau filsuf.

8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart).

Kecerdasan Naturalis, Anak senang berada di alam.
salamtoronto.net

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan merasakan bentuk dan elemen yang ada di alam. Anak-anak dengan kecerdasan Naturalis yang diatas rata-rata biasanya memiliki ketertarikan atau minat yang besar terhadap lingkungan alam sekitarnya, termasuk binatang. Mereka tidak jijik atau takut untuk memegangnya sejak usia dini. Cara menstimulasi anak yang memiliki kepribadian ini diantaranya dengan memperlihatkan proses tumbuh kembang makhluk hidup. Kedepannya anak yang memiliki kecerdasan ini memiliki potensi untuk menjadi seorang konservasi alam, ilmuwan, atau sesuatu yang berhubungan dengan alam.

Leave a Comment