Tips dan Trik

7 Tips Agar kamu Bisa Bangun dan Beribadah Shalat Tahajjud di Sepertiga Malam

Tips Agar Bisa Shalat Tahajjud Shalat Tahajjud penenang jiwa.

Sebagai umat muslim. Shalat Tahajjud adalah ibadah shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Agama, karena manfaatnya yang begitu besar seperti bisa menenangkan jiwa, membuat wajahmu lebih bercahaya, dan do’a-do’amu  pun lebih gampang dikabulkan dengan syarat kamu rajin mengerjakan ibadah yang satu ini. Sayangnya banyak orang yang tidak mengerjakan ibadah yang satu ini karena dianggap berat. Maklum karena waktunya yang disepertiga malam, banyak orang yang lebih memillih tidur dari pada membuka matanya untuk segera bangun dan mengambil air wudhu untuk segera shalat.

Berniat shalat tahajjud tapi susah bangun? Diartikel kali ini kami akan meberikan tips-tips agar kamu bisa bangun dan bang segera shalat tahajjud, simak baik-baik ya, semoga setelah membacanya shalat tahajjud tak kan lagi terasa berat.

1. Jangan Bergadang dan segeralah tidur kurang dari jam 22.00 malam.

Tips Agar Bisa Shalat Tahajjud

Jangan bergadang .

Jika ingin bangun disepertiga malam, maka hilangkanlah kebiasaan bergadang. Asal tau saja, kebiasaan bergadang sebenarnya membuat tubuhmu sangat kelelahan, akhirnya itu membuatmu susah untuk bangun disepertiga malam. Jika kamu berharap bisa bangun jam 02.00 pagi, maka usahakan maksimal jam 21.00 malam sudah tertidur. Sedang jika ingin bangun jam 03.00 pagi, maka usahakan tidur jam 22.00 malam. Anjuran jika ingin ketika bangun terasa segar, maka usahakan tidur minimal 5 jam.

2. Rapikanlah tempat tidurmu sebelum terlelap, karena itu akan membuat tidurmu berkualitas.

Tips Agar Bisa Shalat Tahajjud, Rapikan Tempat Tidur

Rapikan tempat tidur, agar mendapat tidur yang berkualitas.

Aktifitasmu yang padat di siang hari terkadang membatmu merasa lelah pada malam hari, akhirnya kamu pun tidur terlelap hingga lupa untuk bangun pada dini hari. Namun itu takkan terjadi lagi jika tidurmu bisa berkualitas, salah satu caranya, usahakan ketika sebelum tidur, rapihkanlah terlebih dahulu tempat tidurmu, buatlah kondisi senyaman mungkin, misal dengan cara membersihkan sprei terlebih dahulu atau menyimpan gadgedt atau huku-bukumu yang berserakan diatas kasur. Kondisi tempat tidur yang rapi dan nyaman bisa membuat tidurmu berkualitas, hingga akhirnya saat bangun pada dini hari, kamu tak terlalu begitu kesulitan karena sudah mendapatkan tidur yang berkualitas.

3. Saat memasuki jam 20.00, usahkan stop makan-makanan yang berat.

Tips Agar Bisa Shalat Tahajjud, jangan makan terlalu banyak

berhentilah makan makanan sebelum pukul 20.00, jangan terlalu banyak.

Jika ingin bisa beribadah dengan khusyu disepertiga malam, coba hentikanlah kebiasaanmu yang sering makan pada malam hari, apalagi lebih dari jam 20.00 malam. Perut yang kenyang bisa membuatmu pulas tertidur, hingga akhirnya pada dini hari kamu sangat malas untuk bangun dan bergerak.

4. Minum segelas air putih sebelum tidur, agar saat bangun kamu tak terlalu lesu.

Tips Agar Bisa Shalat Tahajjud, minum segelas air putih

minumlah segelas air putih sebelum tidur

Tak jarang untuk bisa beribadah disepertiga malam itu hanya sekedar niat dalam ucapan yang tak pernah terwujud dalam tindakan, saat kamu bangun selain faktor malas ada penyebab lain yaitu karena kamu begitu lesu. Nah supaya kamu tak begitu lesu dan bisa fresh saat bangun tidur, cobalah minum dulu segelas air putih sebelum tidur, dijamin kamu akan merasa segar dan fresh saat bangun tidur, akhirnya Niatan shalat tahajjud tak sekedar ucapan saja, dan bisa dilaksanakan.

5. Jika kamu sudah sadar tapi malas membuka mata, sediakan air dan sapu tangan dalam mangkok untuk mengusapkannya ke wajahmu.

Tips Agar Bisa Shalat Tahajjud, siapkan handuk kecil dan air

Siapkan sapu tangan atau handuk kecil disamping tidurmu.

Mungkin kamu pernah melakukan hal ini, setelah bangun dan tersadar namun malas untuk membukakan mata, akhirnya yang ada kamu tidur kembali. Nah untuk mengantisipasinya, coba kamu sediakan disamping tempat tidurmu sebuah air dan sapu tangan dalam mangkok, jika rasa kantuk masih menyerang hingga kamu sulit membukakan mata, usapkan segera sapu tangan yang sudah dibilas dengan air kewajahmu, sehingga kamu bisa segar dan rasa kantukmu hilang sudah. Dengan begini, saat akan melakukan shalat tahajjud kamu begitu fresh dan akhirnya kamu bisa berdo’a dengan sangat khusyu.

6. Selain memasang alarm, cobalah minta bantuan kepada orang-orang disekitarmu untuk membangunkanmu.

Tips Agar Bisa Shalat Tahajjud, Minta bantuan orang untuk membangunkan

minta bantulah kepada orang disekitarmu untuk membangunkanmu

Alarm sudah disetting dengan kencangnya untuk bisa membangunkanmu. Namun alih-alih bisa bangun untuk segera mengambil air wudhu, kamu malah menekan tombol Snooze untuk tidur kembali, alhasil kamupun tak bisa melaksanakan shalat tahajjud. Nah, jika alarm masih tak mempan untuk membantumu bangun dari tidur lelapmu, cobalah minta bantuan kepada saudara atau orang tuamu untuk bisa membangunkanmu, umumnya langkah ini cukup efektif, karena tak jarang kamu terpaksa bangun karena orang tua yang akan terus meneriaki tanpa berhenti sebelum kamu bergegas mengambil wudhu.

7. Berdo’a kepada Allah agar selalu senantiasa dimudahkan untuk bisa shalat tahajjud.

Tips Agar Bisa Shalat Tahajjud, berdoa'alah kepadaNya

Berdo’a kepadaNya agar selalu dimudahkan untuk bangun disepertiga malam.

Pada akhirnya, semua yang terjadi adalah izinnya, termasuk ketika kita bangun untuk bisa shalat tahajjud, sekuat apapun upaya kita namun Allah tak mengizinkan untuk bangun, maka tak akan pernah terjadi. Maka sebelum tidur, berdo’alah semoga kelak allah mudahkan untuk bisa bangun disepertiga malam, melaksanakan shalat tahajjud, bermesraan denganNya dikala yang lain masih tertidur.

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>