Kepribadian

7 Cara Ampuh Mengatasi Grogi Saat Tampil di Depan Umum

6 Cara Ampuh Cara Mengatasi Grogi linkedin.com

Semua orang pasti pernah merasakan grogi, mau itu Motivator, Trainer, atau sekalipun presenter professional. Namun yang membedakan mereka dengan orang yang baru pertama kali tampil dimuka umum adalah mereka bisa mengatasi rasa groginya, sehingga tak terlihat oleh para audiens. Sebaliknya, para pemula belum bisa mengontrol rasa groginya, sehingga nampak dan terlihat rasa groginya muncul dipermukaan. Seseorang yang sedang grogi jelas terlihat dari cara dia berkomunikasi yang kurang efektif.

Jika grogi masih menjadi salah satu permasalahan kamu dan sering mengganggu saat akan tampil depan umum, mungkin artikel berikut ini bisa sedikit membantumu. Berikut dibawah ini 6 cara ampuh mengatasi grogi saat tampil di depan umum, yuk simak.

1. Persiapan

Persiapan Tampil di Depan umum, Atasi Grogi

www.linkedin.com

Ketika kamu akan tampil didepan umum, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan baik. Dengan persiapan yang baik, kamu akan lebih siap dan percaya diri. Tentu dengan begitu, kamu siap memberikan penampilan yang terbaik.

2. Berpikir Positif

Berpikir Positif, Cara Mengatasi Grogi

breathezy.com

Jika ingin hasil yang baik, maka responlah setiap keadaan yang kamu terima dengan respon yang baik juga. Maksudnya begini, rasa grogi itu bukan keadaan pertama, tapi respon dari keadaan atau kondisi yang kamu hadapi. Contohnya, kamu belum sepenuhnya siap untuk tampil dihadapan umum, namun penampilan tersebut tidak mungkin sampai dibatalkan, akhirnya siap tidak siap kamu harus tampil. Dalam kondisi seperti ini kamu bisa memilih respon apa yang akan kamu berikan, jika respon yang kamu berikan negatif, maka hasilnya pun akan negatif. Tetapi sebaliknya, jika respon yang kamu berikan positif, maka hasilnya pun akan positif.

3. Power Poses

Power Pose, Cara Mengatasi Grogi

distropramuka.wordpress.com

Saat mengalami grogi, hindarilah postur tubuh yang lesu, loyo karena itu akan semakin memperburuk keadaan. Ketika grogi, saran yang paling baik dan ilmiah adalah tunjukkan pose yang spesifik.

Seorang Associated Professor Harvard Business School di bidang penelitian sosial  yang bernama Amy Cuddy mengatakan bahwa sikap tubuh seseorang saat berdiri maupun duduk bisa mempengaruhi perasaan terhadap dirinya sendiri. Jika kamu mempertahankan sikapm tubuh (pose) yang spesifik sekitar 2 menit dengan sikap tubuh High Power Pose, ini dapat menurunkan level gugup atau stress yang kamu rasakan dan mengembalikan rasa percaya diri. Mengapa itu bisa terjadi? Karena High Power Porse dapat mengoptimalkan peningkatan 20% pada testosteren (Hormon Dominasi) dan penurunan 25% pada kortisol (Hormon Stres).

4. Atur Nafas

Atur Nafas, Cara Mengatasi Grogi

rajiva.wordpress.com

Ketika orang sedang grogi, umumnya jantung mereka berdetak lebih cepat dari biasanya dan perasaan menjadi tak menentu. Jika kondisi ini sedang kamu rasakan saat tampil, cobalah untuk rileks dengan cara mengatur nafasmu. ketika nama kamu dipanggil diatas panggung, jangan langsung beranjak jalan, tetaplah bersikap tenang sambil mengatur nafas kamu dan tersenyumlah. Jika sudah meras nyaman, silahkan berdiri lalu berjalanlah naik ke atas panggung, tetap tenang saat berjalan sambil mengatur irama nafas kamu.

Saat sudah di atas panggung, jangan langsung berbicara, namun lihatlah sejenak audiens tak lupa berikan senyum terbaikmu. Setelah dirasa siap, barulah kamu mulai berbicara. Buatlah diri kamu begitu dekat dengan Audiens, salah satunya dengan cara ucapkan salam atau menanyakan kabar mereka. Ketika mereka menjawab salam yang kamu ucapka dan menjawab sapaan kamu, atur nafas kembali secara perlahan. Percayalah, dengan sering mengatur irama nafas, ini akan menajdikan kamu lebih santai dan membuat rasa grogi bisa dikendalikan.

5. Fokus

Fokus, Cara Mengatasi Grogi

id.4presentation.net

Ketika kamu sedang tampil dihadapan umum, bisa jadi kamu akan melihat beberapa audiens nampak tidak memperhatikan apa yang kamu sampaikan. Jika itu terjadi, biarkan saja mereka, jangan fokuskan dirimu terhadap mereka, lebih baik fokuskan diri kamu terhadap orang-orang yang memperhatikanmu. Jika kamu lebih fokus pada audiens yang tak peduli denganmu, kamu akan berpikir bahwa audiens tidak suka akan penampilanmu, tentu jika ini dibiarkan akan menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga fokus kamu pun terganggu.

Fokuskan diri pada materi yang akan disampaikan, fokuskan diri pada tujuan untuk apa kamu tampil. Dengan begitu, apapun gangguan yang muncul tidak akan mengganggu jalannya penampilan kamu.

6. Salurkan Melalui Gerakan

 

Aktif Bergerak, Cara Mengatasi Grogi

theprospect.net

Ketika kamu berdiri di depan audiens, hindari posisi berdiri yang tegang, karena ini malah akan membuatmu semakin grogi. Saat berpresentasi, gunakanlah bahasa tubuh agar grogi bisa tersalurkan melalui gerakan. Contohnya seperti aktif menggunakan tangan saat berbicara ataupun sering berpindah tempat saat berbicara.

Lantas, bagaimana jika kamu tampil diatas podium? Kalau kamu tampil di atas podium, kamu bisa mengoptimalkan gerakan tanganmu, lakukan hal ini dengan baik maka rasa grogi bisa teratasi.

7. Berdo’a

Bedo'a sebelum tampil, Cara Mengatasi Grogi

fonality.com

Ini yang paling penting, berdo’alah sebelum kamu tampil agar semuanya dimudahkan oleh yang Maha Kuasa. Karena segala apapun kemudahan yang kamu terima ketika tampil di depan umum adalah atas izinNya, maka berdo’alah agar semua proses saat tampil lancar tanpa ada halangan berarti.

 

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>